Hadapi Cuaca Ekstrim Dengan Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Cuaca ekstrim akhir-akhir ini tak hanya berdampak pada aktivitas sehari-hari, namun juga pada kesehatan kita. Di tengah tuntutan untuk tetap beraktivitas seperti biasa, tubuh pun rentan terhadap berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Untuk itu, pastikan daya tahan tubuh Anda tetap terjaga selama musim pancaroba ini.


Perubahan cuaca yang terjadi saat ini, di mana terkadang cuaca panas menyengat tiba-tiba dalam sekejap berubah menjadi hujan yang begitu lebat, membuat Anda harus lebih menjaga daya tahan tubuh Anda agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Berikut ini 5 cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara alami.

  • Diet
    Makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Antioksidan memerangi radikal bebas sehingga menekan kerusakan sel dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

    Lemak sehat, seperti asam lemak Omega-3 yang banyak ditemukan dalam ikan, minyak canola, minyak zaitun, biji rami ataupun sayuran dapat membantu meningkatkan produksi senyawa yang terlibat dalam mengatur kekebalan tubuh Anda. Selain itu, konsumsilah protein dalam jumlah yang cukup untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Minum air yang cukup juga dapat membantu menangkis infeksi dan memperkuat daya tahan Anda.

  • Olahraga
    Berlatih secara teratur dapat memobilisasi sel T, sejenis sel darah putih yang dikenal untuk menjaga tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang-orang yang berolahraga dengan intensitas sedang (seperti jalan cepat) secara rutin menurunkan risiko serangan penyakit flu sebesar 50%.
  • Stres
    Stres kronis dapat berdampak negatif pada kekebalan tubuh. Stres berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda dan meningkatkan kerentanan Anda terhadap penyakit.
  • Kebersihan Diri dan Tidur Cukup
    Menjaga tangan Anda tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun sebelum menyiapkan makanan atau makan dan setelah batuk, bersin, menggunakan kamar mandi dan fasilitas umum.

    Kebiasaan sehat lain yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit adalah tidur yang cukup selama 8 jam setiap hari, yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh Anda.

  • Herbal dan Suplemen
    Tanaman herbal seperti astragalus, echinacea, dan elderberry serta bawang putih dan jahe dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Anda juga perlu pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh Anda, seperti suplemen multivitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda yang penting dalam membantu memelihara fungsi tubuh Anda tetap optimal serta memelihara daya tahan dan imunitas tubuh Anda.

Jadi, tetaplah sehat dan fit dalam menghadapi cuaca ekstrim ini dengan daya tahan tubuh yang kuat melalui tips-tips di atas!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes