olahraga berlebihan

Hati-Hati, Banyak Olahraga Justru Berbahaya Bagi Anda

Bersemangat di setiap latihan Anda merupakan suatu keharusan. Namun, terlalu bersemangat dengan memaksa tubuh Anda untuk melakukan latihan tanpa henti, justru hal itu akan berdampak buruk bagi tubuh Anda sendiri.

Jendela TIRED

Olahraga memang merupakan solusi untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Dengan menggerakkan seluruh tubuh, sirkulasi darah akan menjadi lancar. Ini mengaktifkan metabolisme tubuh yang kemudian menyebabkan vitamin dan mineral penting lebih mudah diedarkan ke seluruh tubuh. Sehingga, menciptakan produksi enzim dan membuat seluruh fungsi tubuh Anda menjadi meningkat.

Namun, hal tersebut tidak berlaku jika Anda melakukan olahraga tanpa henti, dan memaksa tubuh Anda bekerja melebihi batas maksimalnya. Mengapa begitu?

Risiko Gagal Jantung Lebih Tinggi

Banyak berolahraga justru dapat merugikan Anda sendiri. Tubuh Anda lah yang merasakan dampaknya. Ketika berolahraga tubuh akan banyak memproduksi radikal bebas. Inilah yang menyebabkan banyak kasus orang meninggal tiba-tiba akibat gagal jantung.

Bagi wanita, kebanyakan olahraga dapat juga menyebabkan siklus haid mereka berhenti. Ini dikarenakan, tubuh mereka tak memproduksi cukup banyak hormon.
Hal ini sering kali disebut dengan Hemeostasis, yang artinya tubuh gagal karena memaksakan diri untuk melakukan sesuatu.

Anda Pemilik Tunggal Tubuh Anda

Melakukan segala sesuatu dengan sewajarnya merupakan kunci sukses Anda. Ini juga berlaku ketika Anda melakukan latihan ataupun olahraga. Namun, maksud sewajarnya bukan berarti Anda melakukan latihan atau berolahraga dengan hanya setengah hati. Melainkan, lebih melakukan olahraga yang kiranya cocok bagi Anda. Karena, kondisi fisik, gaya hidup, dan kesehatan mental setiap orang itu berbeda-beda. Sehingga, ketika melakukan olahraga Anda perlu memperhatikan hal tersebut.

Arti sewajarnya berbeda bagi setiap orang. Berdasarkan hal tersebut, secara umum olahraga yang ideal bisa dicontohkan dengan melakukan berjalan cepat sekitar 1,5-3 kilometer setiap harinya. Tentunya, kecepatan juga disesuaikan dengan masing-masing individu. Dengan melakukan hal tersebut, akan memperbaiki aliran udara dalam paru-paru Anda. Sehingga, udara segar dapat memasuki tubuh dan mengaktifkan metabolisme serta meningkatkan aliran darah, getah bening, dan pencernaan di dalam tubuh Anda.

Intinya, Anda lah pemilik tunggal tubuh Anda. Sehingga, Anda pula lah yang bisa merasakan kapan tubuh Anda perlu istirahat. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mencoba lebih sensitif dan peka terhadap tubuh Anda sendiri. (gie)

BACA JUGA: Merasa Pertumbuhan Massa Otot Lambat? Jajal Cara Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes