hari kesehatan dunia

Hari Kesehatan Dunia 2015, ‘Keamanan Pangan’

Data baru dari World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa bahaya yang ditimbulkan dari makanan yang tidak aman dapat menjadi ancaman global. Karena itu, diperlukan pengawasan pasokan makanan di seluruh dunia.

hari kesehatan dunia

Hari Kesehatan Dunia (World Health Day) diperingati tiap tanggal 7 April. Dan tahun ini, untuk memperingati hari kesehatan dunia, WHO mengambil tema Keamanan Pangan.

Data dari WHO mengatakan, diperkirakan sebanyak dua juta orang, 1,5 diantaranya adalah anak-anak, meninggal tiap tahunnya akibat dari makanan atau minuman yang tidak aman. Bukan hanya itu, lebih dari 200 jenis penyakit muncul akibat dari makanan yang terkontaminasi dengan bakteri, virus, parasit, atau bahan kimia berbahaya. Mulai dari diare, nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress lambung, meningitis, hepatitis A, kanker, hingga kematian.

Bakteri yang bertanggung jawab antara lain Salmonella, Campylobacter, dan Enterohaemorrhagic Escherichia Coli. Bukan hanya kesehatan, makanan yang tidak aman juga dapat menimbulkan kerugian di sektor perekonomian. Misalnya, di wabah E.Coli di Jerman pada 2011 lalu menyebabkan kerugian hingga 1,3 miliar dollar.

Siapa Saja yang Rentan Keracunan Makanan?

Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Republik Indonesia, ada empat kelompok yang rentan keracunan makanan dan rendah daya tahan tubuhnya. Yakni bayi, monster beats apple accessories 2 ibu hamil, orang yang sedang sakit, dan orang lanjut usia.

Lima Kunci Menuju Pangan yang Aman

hari kesehatan dunia

Karena itu, WHO merekomendasikan lima langkah utama agar makanan yang dikonsumsi tetap aman dan sehat. Meski cara ini sederhana, namun begitu kompleks dan ketika diterapkan akan dapat menurunkan risiko.

Faktor Lain yang Perlu Diperhatikan

1. Globalisasi membuat rantai produksi menjadi lebih panjang. Tentunya juga akan sulit menarik produk tercemar yang telah mendunia. Misalnya saja beberapa waktu lalu kasus apel yang disebut mengandung bakteri Listeria.
2. Yang perlu diingat adalah, keamanan pangan tidak hanya berdampak pada kesehatan. Melainkan juga sosial ekonomi, pariwisata, monster beats apple accessories pedagang makanan, dan lain-lain.
3. Penggunaan antibiotik pada hewan yang berlebihan dapat menimbulkan resistensi. Dan ini dapat ditularkan kepada manusia yang memakannya.
4. Kegiatan multi sektor dan multi disiplin, yakni kesehatan, perdagangan, pertanian, pendidikan, serta organisasi konsumen dan masyarakat madani.

Karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kualitas makanan yang mereka konsumsi agar terhindar dari pelbagai penyakit akibat makanan yang tidak aman. (ctr)

BACA JUGA: Cara Efektif Menurunkan Kolesterol

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes