Asparagus & Paprika Saute With Balinese Spice

Speaking about food, akan ada banyak cerita tidak hanya manfaat kesehatannya saja bahkan fakta-fakta yang menarik tentang makanan tersebut. Mari kita lihat beberapa fun facts tentang paprika dan asparagus. Cabe dan paprika (bell pepper) sebenarnya berasal dari satu genus tanaman (Capsicum). Genus Capsicum selalu dihubungkan dengan rasa pedas.


Kenapa paprika tidak pedas karena paprika memiliki gen resesif yang menghilangkan produksi capsaicin (senyawa fitokimia yang memberikan rasa pedas atau burning sensation ketika bersentuhan dengan membran mukos). Paprika memiliki 3-4 lobus, dan warna buah yang bervariasi (hijau, merah, kuning, jingga, putih, ungu, dan pelangi) tergantung dari varietas dan tingkat kematangan. Warna pelangi biasanya dipanen pada saat proses pemasakan buah (ripening). Paprika hijau memiliki rasa yang kurang manis dan sedikit pahit dibandingkan yang warna kuning atau jingga, sedangkan paprika merah memiliki rasa paling manis diantara warna-warna paprika tersebut.

Dalam berat yang sama, paprika hijau mengandung vitamin C hampir dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Sedangkan paprika merah dan kuning memiliki kandungan vitamin C sekitar tiga sampai 4 kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Paprika kuning lebih tinggi vitamin C nya dibandingkan dengan paprika hijau dan merah.

Nah, sekarang kita lihat tentang asparagus. Ternyata nama asparagus berasal dari bahasa Yunani yang artinya kecambah atau tunas. Benih asparagus berukuran kecil dan berwarna hitam. Benih hitam kecil ini ditanam/disemai terlebih dahulu selama kurang lebih 6 bulan. Setelah 6 bulan, bibit yang telah bersemai berbentuk seperti akar tabung yang disebut juga “crown” atau mahkota dipindahkan ke lahan penanaman.

Panen pertama dapat dilakukan setelah tanaman berumur 1 tahun di lahan. Sedangkan panen asparagus yang berukuran besar dilakukan 1,5 tahun sejak tanaman di tanam di lahan. Bisa dibayangkan kenapa harga sayuran ini cukup mahal bukan? Namun asparagus dapat dipanen selama 15-20 tahun. Dalam kondisi pertumbuhan yang ideal, batang asparagus dapat tumbuh sepanjang 10 inchi atau sekitar 25,4 cm. Salah satu varietas asparagus hijau yang terkenal dinamai Martha Washington yang merupakan istri dari George Washington.

Asparagus putih sebenarnya satu jenis dengan asparagus hijau. Asparagus putih adalah asparagus hijau yang telah melalui proses etiolasi yaitu dimana cahaya matahari yang mengenai tanaman dikurangi atau ditiadakan. Tunas asparagus yang sedang tumbuh ditutupi dengan sesuatu misalnya dengan tanah sehingga tidak menerima cahaya matahari dan tanaman tidak dapat menghasilkan klorofil. Asparagus putih memiliki rasa yang lebih ringan dan lebih lembut dibandingkan asparagus hijau. Harganya pun lebih mahal dibandingkan asparagus biasa.

Untuk 2 porsi
Bahan
100 g asparagus
50 g paprika merah
1 sdm minyak sawit
3 siung bawang putih (iris tipis)
25 g bumbu bali siap saji

Cara membuat

  1. Potong-potong asparagus sekitar 2-3 cm. Sisihkan.
  2. Potong kotak paprika merah. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak sawit dengan api kecil. Tumis bawang putih sampai harum.
  4. Masukkan bumbu bali. Aduk rata dan tumis sebentar.
  5. Masukkan potongan asparagus. Tumis sebentar. Kemudian masukkan paprika merah sambil terus ditumis sekitar 1-2 menit.
  6. Angkat dan sajikan.

Nilai gizi per porsi
Energi: 89 kkal
Lemak: 6 g
Karbohidrat: 6,5 g
Serat:1,5 g
Protein: 2,3 g

Tips dan saran

  1. Minyak sawit dapat digantikan dengan minyak zaitun, canola, atau sejenisnya.
  2. Paprika merah bisa digantikan dengan paprika kuning, jingga, atau yang lain.
  3. Sajikan sebagai bagian santapan sehat anda, misalnya dengan nasi merah dan daging ayam rebus.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes