Brown Rice Baguette

brown-rice-baguette
Baguette (dibaca: baget), kita kenal juga dengan sebutan Roti Prancis. Bentuknya panjang dan bertekstur agak keras, terbuat dari adonan dasar roti yaitu terigu, air, ragi, dan garam, tanpa bahan-bahan tambahan lain. Sebagai informasi tambahan, adonan roti ini diatur oleh hukum Prancis (French Law), selain itu penggunaan bahan pengawet dilarang digunakan dalam pembuatan baguette. Ukuran baguette standar mempunyai diameter sekitar 5-6 cm dan panjang sekitar 65 cm. Beberapa jenis baguette menggunakan campuran beberapa bahan lain seperti tepung kacang koro (2%), tepung kedele (0.5%), dan tepung gandum (0.3%).

Seiring dengan perkembangan zaman, baguette tidak hanya dibuat menggunakan keempat bahan dasar seperti yang sudah disebutkan diatas. Berbagai bahan ditambahkan juga ditambahkan seperti baguette yang disebut bánh mì dari Vietnam menggunakan tepung beras dalam jumlah yang banyak, sedangkan baguette yang dibuat di kawasan Amerika Utara menggunakan whole wheat, biji-bijian yang beragam, ataupun sourdough (adonan roti yang mengandung bakteri Lactobacillus). Baguette yang dibuat bergaya Amerika mempunyai bentuk roti yang lebih besar, lebih lembut, tidak terlalu kenyal, dan lebih banyak remah, berbeda dengan bentuk baguette yang masih tradisional yang memiliki bentuk lebih langsing, agak kenyal, lebih berongga, dan kulitnya lebih garing.

Roti ini biasanya disajikan dalam bentuk irisan dan dimakan bersama keju atau diolesi mentega atau selai. Sebagian juga mengkonsumsinya dengan cara mencelupkan dalam minuman seperti kopi, susu, atau coklat. Baguette juga bisa dipakai untuk membuat sandwich.

Dalam pembuatan baguette kali ini, kita akan menambahkan bahan lain yaitu tepung brown rice untuk meningkatkan nilai gizi baguette tersebut, sehingga kandungan seratnya lebih tinggi. Selain bisa dikonsumsi sebagai alternative pilihan sumber karbohidrat kompleks, bisa juga diolah lebih lanjut menjadi makanan kecil yang lebih sehat.

Untuk 5 porsi
Bahan:

  • 225 g terigu protein tinggi
  • 25 g tepung beras coklat
  • 6 g ragi
  • 3 g garam
  • 150 g air dingin

Cara membuat:

  1. Campur rata terigu, tepung beras coklat, ragi, dan garam.
  2. Tambahkan sedikit demi sedikit air ke dalam campuran tepung tadi sambil diulen.
  3. Uleni adonan sampai kalis.
  4. Setelah kalis. Biarkan adonan pada suhu ruangan selama sekitar 30 menit.
  5. Bagi adonan menjadi dua bagian. Bentuk adonan memanjang.
  6. Letakkan diatas baki oven yang sudah diolesi tipis minyak. Beri jarak.
  7. Biarkan mengembang lagi sekitar 10-15 menit.
  8. Potong-potong menyamping permukaan adonan sehingga membentuk seperti sayatan. Lakukan sekitar 3-4 sayatan.
  9. Olesi permukaannya dengan air.
  10. Panggang dalam oven pada suhu 200°C selama 15-20 menit.
  11. Angkat. Dinginkan, Sajikan.

Nilai gizi per porsi

  • Energi 175.8 kkal
  • Lemak: 0.8 g
  • Karbohidrat: 34 g
  • Serat: 1.6 g
  • Protein: 7.8 g

Tips dan Saran:

  1. Dijadikan sebagai alternative pilihan sumber karbohidrat kompleks (misalnya sebagai pengganti beras merah).
  2. Dijadikan sebagai snack sehat dengan cara misalnya diolesi dengan salah satu pilihan berikut: saus sambal,saus tomat, selai, yogurt, atau mayonnaise.
  3. Sajikan bersama salad sayur atau salad buah.
  4. Sajikan bersama sup krim.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes