Chewy Chilled Whey Bar

Chewy Chilled Whey Bar

Makanan berbentuk batangan (bar) mulai diperkenalkan sekitar akhir tahun 1960 dalam rangka mendukung pengembangan program luar angkasa AS untuk menyediakan makanan yang bergizi bagi astronot. Makanan ini disebut dengan Space Food Stick dan masih diproduksi sampai sekarang. Makanan ini menyediakan energi atau tenaga bagi yang memakannya sehingga lebih dikenal dengan nama energy bar.

Energy bar mengandung 3 komponen zat gizi utama yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Energy bar mengandung karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan protein dan lemak untuk menyuplai energy untuk aktifitas. Selain energy bar, beberapa produsen makanan yang jeli melihat kebutuhan protein oleh penggemar olahraga kebugaran dan body building sehingga mereka menciptakan protein bar. Protein bar mengandung lebih banyak protein dibandingkan dengan energy bar, untuk menyuplai kebutuhan otot yang rusak pada saat latihan. Sumber protein yang digunakan dalam pembuatan protein bar umumnya menggunakan protein-protein yang berkualitas tinggi seperti dari whey protein, soy protein dan protein telur.

Terdapat banyak jenis protein bar dan cara pengolahannya pun berbeda-beda, ada yang tanpa dimasak, ada yang dipanggang, dan ada yang dibekukan. Di resep berikut ini akan kita buat protein bar menggunakan UN Prostar Whey Protein dan cara pembuatannya pun mudah. Sesuai dengan namanya, protein bar ini harus disimpan dalam chiller/pendingin dan memiliki tekstur kenyal. Now, get your spoon and bowl then start to blend.

Untuk 9 batang

Bahan:
75 g oatmeal instant
25 g oatmeal instant dihaluskan
132 g Prostar Whey Protein Vanilla flavor
30 g almond cincang (disangrai)
100 g peanut butter
100 ml susu rendah lemak

Cara membuat:

  1. Campur rata oatmeal instant, tepung oatmeal instant, whey, dan almond.
  2. Masukkan peanut butter dan campur rata.
  3. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
  4. Masukkan dalam cetakan berukuran 15.5x10x4 cm (atau cetakan brownies persegi panjang ukuran setengah), yang sudah diolesi minyak nabati.
  5. Simpan dalam freezer sekitar 1 jam. Keluarkan dan potong menjadi 9 bagian.
  6. Bungkus dengan plastik segi empat atau kertas roti.
  7. Simpan dalam chiller/pendingin selama semalam.
  8. Siap dikonsumsi keesokan harinya.

Nilai gizi per batang:
Kalori: 189 kkal
Lemak: 9 g
Karbohidrat: 10 g
Serat: 2.5 g
Protein: 17 g

Tips dan Saran:

  1. Konsumsi segera setelah dikeluarkan dari pendingin.
  2. Jangan dibiarkan terlalu lama pada suhu ruangan karena whey bar akan menjadi agak lengket (sticky) dan terlalu kenyal.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes