Edamame, Cemilan Sehat dari Negeri Sakura

Edamame, Cemilan Menyehatkan dari Negeri Sakura

Anda sudah mengenal edamame? Edamame adalah jenis sayuran dari Jepang yang mirip dengan kedelai. Lalu apa bedanya dengan kedelai biasa?

edamame

Apa Itu Edamame?

Edamame di Indonesia disebut juga dengan kedelai Jepang, karena edamame awalnya hanya tumbuh di negeri Sakura tersebut. Edamame bukan termasuk jenis kacang-kacangan, melainkan masuk dalam kategori sayuran. Di Jepang, edamame termasuk tanaman tropis dan dijadikan sebagai sayuran serta cemilan kesehatan. Bahkan, di negara-negara Eropa dan Amerika edamame populer sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Biasanya, edame muda lebih dipilih untuk dikonsumsi karena rasanya yang empuk dan gurih. Edamame sendiri berbentuk persis dengan kedelai di Indonesia, warnanya hijau, kulitnya agak keras, dan berbulu halus. Isinya padat, per buah berisi 2-3 biji.

Lalu, Apa Bedanya dengan Kedelai Biasa?

Dibandingkan dengan kedelai biasa, edamame lebih mudah untuk dicerna. Hal ini dikarenakan, kadar Trypisin-Inhibitor yang lebih rendah dan menyehatkan pada edamame. Bukan hanya itu, perbedaan lainnya yang mencolok dibandingkan dengan kedelai biasa adalah bijinya yang lebih besar.Saat ini, edamame sudah mulai banyak ditanam di Indonesia. Hal ini dikarenakan karena harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kedelai biasa. Itulah sebabnya, banyak yang menjadikan edamame sebagai lahan bisnis baru.

Apa Manfaat Edamame?

Edamame kaya akan serat, nutrisi, dan kaya akan kalsium, Kandungan proteinnya sebesar 16 persen, hampir dua kali lipat dibandingkan dengan protein pada kacang dan buncis. Selain itu, edamame merupakan satu-satunya sayuran yang mengandung semua dari jenis asam amino esensial yang dapat menstabilkan kadar gula darah. Edamame juga dapat meningkatkan metabolism dan kadar energi sehingga dapat membantu membangun otot dan menguatkan sistem imun.

Berikut adalah beberapa manfaat dari edamame bagi Anda :

1. Baik Bagi Penderita Autisme
Autisme merupakan ganggua perkembangan yang terjadi pada masa anak-anak. Sehingga membuat penderita tidak mampu mengadakan interaksi sosial. Oleh sebab itu, edamame berfungsi memberi masukan protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Terpenting, edamame tidak mengandung kasein dan glutein yang dapat menyebabkan gangguan otak pada penderita autisme. Edamame bisa dimanfaatkan sebagai jus yang lebih menyehatkan daripada susu.

2. Minuman Bagi Vegetarian
Vegetarian adalah seseorang yang mempunyai pantangan untuk makan makanan yang bernyawa, misalnya seperti hewan dan ikan. Itulah sebabnya, untuk mencukupi nutrisi bagi vegetarian, jus edamame merupakan solusinya. Apabila dijadikan minuman, edamame nutrisinya tak kalah dengan susu sapi, yakni mengandung sumber vitamin seperti B1,B2,B6, provitamin A, sumber mineral (kalsium, magnesium, selenium, fosfor), sumber karbohidrat, protein, dan lemak.

3. Mengurangi Kadar Kolestrol Darah
Susu kedelai dari edamame mampu menghalau kolestrol jahat. Hal ini disebabkan, edamame mengandung Lesitin, yang bersifat melarutkan kolestrol dalam darah, sehingga tak ada lagi penyempitan atau penyumbatan. Selain lesitin, zat lain pada edamame yang dapat melawan kolestrol adalah Isoflavon, yang berfungsi sebagai antioksidian dan mampu meningkatkan HDL.

4. Cegah Diabetes Melitus
Diabetes muncul karena tubuh kekurangan insulin. Susu kedelai dari edamame juga mengandung asam amino Glisin dan Asam Amino Arginin sehingga mampu menjaga keseimbangan hormon Insulin. Selain itu, protein dalam edamame juga lebih mudah diterima oleh ginjal dibandingkan dengan protein hewani.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung dan Stroke
Edamame juga mengandung vitamin E (Tokoferol) yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Vitamin E tersebut mampu mencegah oksidasi kolestrol LDL, sehingga tidak menimbulkan plak yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan arteri. Vitamin E pada edamame juga meremajakan kembali arteri yang sudah tua, sehingga dapat elastis kembali sehingga terhindar dari pengerasan pembuluh darah.

6. Hambat Menoupose
Isoflavon yang terkandung pada edamame dapat mempengaruhi hormon esterogen sehingga dapat menghambat menunda menopause. Bukan hanya itu, kandungan vitamin E pada edamame juga juga menjaga keseimbangan hormon yang memperlambat terjadinya menopause.

7. Mencegah Penuaan Dini
Edamame layak untuk dijadikan sebagai cemilan sehat Anda, karena edamame mengandung berbagai zat senyawa Anti-Aging yang bermanfaat menghambat penuaan dini.

Segarnya Susu Edamame Pandan

Edamame memang enak jika hanya direbus dan diberi sedikit garam. Namun untuk olahan lain, edamame juga bisa dijadikan susu seperti kedelai pada umumnya. Berikut adalah bahan dan cara mengolahnya.

Bahan:
200 gram edamame yang sudah dikupas
8 cangkir air
2 lembar daun pandan
8 sendok makan gula

Petunjuk :
1. Rendam edamame dalam air semalaman.
2. Masukkan edamame ke blender, tambah 4 cangkir air, lalu saring.
3. Blender kembali ampas edamame dengan menuangkan 4 gelas air kembali, lalu saring.
4. Rebus sari edamame selama 5 menit, tambahkan 2 lembar daun pandan sebagai penyedap rasa.
5. Setelah mendidih, tambahkan gula. Lebih nikmat dan segar jika diminum dingin. (gie)

BACA JUGA: Kacang Hijau, Langsingkan Tubuh Hingga Bangun Otot

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes