Garden Salad for Main Dish

"5

Salad adalah suatu sajian makanan yang terdiri dari potongan-potongan makanan siap santap yang biasanya disajikan dingin, namun ada beberapa jenis salad yang disajikan hangat. Ada banyak jenis salad antara lain salad sayuran, salad buah, salad pasta, dan salad campur (biasanya terdiri dari daging, daging ayam, atau ikan). Salad bisa disajikan sebagai makanan pembuka, makanan pendamping, atau sebagai makanan utama.

Garden salad atau green salad adalah jenis salad yang terdiri dari campuran berbagai jenis lettuce atau selada, dan merupakan jenis makanan yang sering digunakan sebagai salah satu makanan diet. Selain bahan sayuran selada, ada bahan lain juga yang digunakan untuk melengkapi sajian Garden Salad ini yaitu salad dressing dan mayonnaise.

Salad dressing dan mayonnaise banyak dijual di pasaran. Kebanyakan menggunakan minyak kedele. Untuk sajian yang lebih sehat, kita bisa membuat salad dressing dan mayonnaise dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Di berbagai situs di internet bisa kita temukan cara-cara membuat salad dressing dan mayonnaise. Disini saya coba berbagi bagaimana membuat salad dressing dan mayonnaise dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Diperlukan sedikit seni untuk membuat mayonnaise agar campuran yang digunakan bisa membentuk pasta berwarna putih. Ikuti petunjuk cara membuat dengan benar.

Mayo and Salad Dressing

Salad Dressing

Bahan:
– 150 g Minyak zaitun
– 50 g Cuka apel

Cara membuat:

  1. Campurkan minyak zaitun dan cuka apel sampai tercampur merata. Cuka apel bisa digantikan dengan cuka biasa, cuka beras, atau lemon juice.
  2. Simpan campuran dalam botol bersih atau bisa langsung digunakan. Bila campuran belum akan digunakan, simpan dalam pendingin, dan kocok sebelum digunakan.

Healthy Mayo

Bahan:
– 2 kuning telur
– 30 g (sekitar 3 sdm) lemon juice
– 1 sdm gula pasir
– ¼ sdt garam
– 200 g (1 cup) minyak zaitun
– Tambahkan bumbu yang lain sesuai selera misalnya lada.

Cara membuat:

  1. Campurkan kuning telur, lemon juice, gula pasir, dan garam.
  2. Siapkan minyak zaitun.
  3. Campuran telur dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Masukkan minyak zaitun sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.
  4. Agar bisa berhasil, ikuti petunjuk berikut: masukkan sekitar ¼ minyak zaitun sambil dikocok sampai campuran berbentuk agak kental, masukkan lagi sekitar ¼ minyak zaitun sambil terus dikocok terus. Pastikan minyak zaitun telah tercampur dengan sempurna sebelum menambahkannya lagi. Ciri-cirinya yaitu campuran akan semakin kental. Lakukan sampai semua minyak zaitun habis. Bila berhasil, akan terbentuk pasta berwarna putih-krem seperti mayonnaise yang dijual di pasaran.
  5. Mayonnaise bisa segera digunakan. Bila belum akan digunakan, simpan mayonnaise dalam botol selai yang bersih dalam pendingin. Mayonnaise yang dibuat bisa tahan disimpan selama 1 – 1.5 minggu.

After salad dressing and mayonnaise are ready to be used, now it’s time for us to prepare the garden salad. Bahan-bahan yang digunakan bisa dari berbagai macam sayuran, tergantung selera dan kesukaan kita, akan tetapi disini saya menggunakan campuran jenis-jenis selada dan beberapa bahan yang merupakan sumber protein yang bermutu. Penggunaan daging dalam salad, saya gantikan dengan tahu dan putih telur yang bebas kolesterol. Saya menggunakan nata de coco untuk memberikan kesegaran dan sebagai sumber serat yang baik untuk resep salad berikut. Penggunaan salad dressing dan mayonnaise bisa digunakan terpisah atau dicampurkan untuk memberikan cita rasa yang “creamy”.

Untuk 4 porsi

Bahan salad:
– 4 butir putih telur (dikukus matang, dipotong dadu)
– 250 g tahu (dikukus matang, potong dadu)
– 200 g nata de coco (buang airnya, cuci bersih, tiriskan)
– 80 g selada hijau
– 70 g salada merah
– 50 g salada keriting
– 25 g salad dressing
– 60 g mayonnaise

Cara membuat:

  1. Cuci bersih dengan air masak semua bahan sayuran dengan air matang dan tiriskan sampai kering.
  2. Kukus putih telur dan tahu sampai matang. Angkat. Dinginkan. Potong dadu.
  3. Cuci bersih nata de coco dengan air matang. Tiriskan sampai kering.
  4. Setelah kering potong-potong sayuran sekitar 2 cm.
  5. Campuran semua bahan dalam mangkuk besar.
  6. Masukkan salad dressing dan campur rata. Sajikan.
  7. Bila ingin menambahkan mayonnaise, campurkan terlebih dahulu salad dressing dan mayonnaise sampai rata kemudian ditambahkan ke dalam campuran sayur.

Nilai gizi per porsi
Kalori: 202.8 kkal
Karbohidrat: 5.5 g
Protein: 7.0 g
Lemak: 17.0 g

Tips penyajian salad:

  1. Jangan campurkan salad dressing atau mayonnaise bila belum akan disantap agar kesegaran sayurannya tetap terjaga. Bila belum akan disajikan, masukkan campuran sayuran dalam mangkuk atau kotak makan per porsi dan ditutup rapat dalam pendingin.
  2. Penggunaan salad dressing dan mayonnaise bisa sesuai selera. Lemak yang digunakan dalam pembuatan salad dressing dan mayonnaise tergolong good fat.
  3. Tambahan bawang Bombay, red atau green paprika atau sedikit lada bisa untuk menambah citarasa.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes