Gethuk Ubi Ungu

Gethuk Ubi Ungu

Jika anda berasal dari Jawa Tengah pasti tidak asing dengan lagu yang mempunyai lirik berikut: “…la ala gethuk asale soko telo mas …” yang artinya gethuk terbuat dari singkong. Gethuk adalah makanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Secara umum gethuk terbuat dari singkong, gula pasir, margarine, pewarna dan perisa (jika diinginkan). Makanan ini biasanya disantap sebagai makanan selingan dan mempunyai cita rasa yang legit dan manis.

Kali ini kita akan membuat gethuk dengan versi yang lebih sehat, menggunakan ubi ungu yang mempunyai kandungan serat pangan dan antioksidan yang tinggi, peanut butter yang merupakan sumber lemak yang baik, gula rendah kalori, dan tanpa pewarna, sehingga makanan ini bisa menjadi pilihan makanan selingan yang lebih sehat untuk keluarga atau suguhan untuk tamu.

Kandungan serat pangan dan antosianin (antioksidan) yang terdapat dalam ubi ungu ini membuat jenis ubi ini lebih unggul dibandingkan dengan jenis ubi jalar yang lain. Pigmen antosianin pada ubi jalar ungu lebih stabil dibandingkan dengan pigmen antosianin yang terdapat pada sumber lain seperti kubis merah, blueberry dan jagung merah. Antosianin pada ubi jalar ungu mempunyai manfaat sebagai antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Selain itu kandungan serat pangan pada ubi jalar ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, konstipasi (sembelit) hingga kanker usus. Karena kandungan-kandungan gizinya ini sehingga beberapa orang menyebut ubi ungu sebagai one of nature’s wonder.

Untuk 6 porsi
Bahan:

  • 500 g ubi jalar ungu
  • 35 g gula tebu rendah kalori
  • 10 g peanut butter


Cara Membuat:

  1. Kukus ubi ungu sampai matang. Angkat dan dinginkan sebentar.
  2. Haluskan ubi ungu yang sudah dikukus tadi dengan menggunakan sendok atau tangan.
  3. Masukkan gula dan peanut butter. Uleni lagi adonan sampai tercampur rata.
  4. Bentuk-bentuk adonan sesuai selera.
  5. Tempatkan dalam piring saji (Untuk kali ini saya menggunakan UN Prostar Whey Protein sebagai taburan).

Nilai gizi per porsi

  • Energi: 118 kkal
  • Lemak: 1 g
  • Karbohidrat: 25.7 g
  • Serat: 3.4 g
  • Protein: 1.6 g

Tips dan Saran

  1. Taburan bisa divariasikan misalnya dengan parutan kelapa muda atau keju.
  2. Lebih enak lagi bila dikonsumsi bersama secangkir green tea.
  3. Bisa jadi pilihan bekal makanan selingan ke kantor.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes