Grilled Black Sesame Chicken

Sebentar lagi tahun 2011 akan kita tinggalkan dan memasuki tahun 2012. Bagi yang ingin merayakan tahun baru dengan memasak bersama teman atau keluarga, mungkin resep sehat berikut ini bisa menjadi pilihan untuk masak yang sehat, enak dan mudah. Seperti biasanya kita bahas sedikit mengenai manfaat salah satu bahan yang digunakan dalam resep sehat kita kali ini yaitu biji wijen.


Sesame seed atau biji wijen berasal dari tanaman wijen (sesame). Tanaman ini termasuk tanaman berbunga dan memiliki nama latin Sesamun indicum. Wijen adalah salah satu jenis bumbu tertua yang dikenal manusia yaitu sejak 1600 SM. Mungkin anda pernah mendengar istilah “Open Sesame” dalam kumpulan cerita 1001 Malam (Arabian Nights – Ali Baba and the Forty Thieves). Istilah ini mengacu pada ciri khusus polong wijen yang menyemburkan biji wijen ketika polongnya matang. Kebanyakan jenis tanaman wijen berasal dari Afrika Selatan, akan tetapi lebih banyak ditumbuhkan di India, China dan Korea. Biji wijen berukuran kecil, berbentuk lonjong dan pipih dengan rasa kacang (nutty) yang khas. Biji wijen tidak hanya berwarna putih melainkan juga memiliki warna lain seperti hitam, kuning, dan merah yang tergantung dari varietasnya.

Wijen dikenal sebagai penghasil bumbu dan minyak nabati (vegetable oil). Biji wijen mengandung minyak sebanyak 48%, dan sekitar 70% nya terdiri dari asam lemak tak jenuh. Biji wijen mengandung sejumlah mineral yang bermanfaat seperti mangan, tembaga, kalsium, magnesium, besi, fosfor, dan senk. Selain itu biji wijen merupakan sumber serat pangan, michael kors apple watch band activity tracker vitamin B1, dan vitamin E. Serat pangan yang terdapat dalam biji wijen berasal dari golongan serat pangan yang disebut lignan. Dua senyawa serat pangan yang unik tersebut yaitu sesamin dan sesamoin. Hasil penelitian menunjukkan fungsi kedua senyawa ini dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh manusia, dan mencegah tekanan darah tinggi. Sesamin juga diketahui mempunyai fungsi sebagai pelindung hati (liver) dari kerusakan oksidasi.

Biji wijen dikenal sebagai sumber yang baik dari mineral tembaga, magnesium, dan kalsium. Tembaga dikenal karena penggunaannya untuk mengurangi sakit dan pembengkakan akibat rheumatoid arthritis (radang sendi). Pengaruh tembaga ini disebabkan karena ternyata tembaga merupakan mineral penting dalam sistem anti-inflamasi dan antioksidan. Magnesium mempunyai peran dalam mencegah kejang saluran napas pada asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kejang pembuluh darah trigemus yang memicu serangan migrain, dan mengembalikan pola tidur normal pada wanita yang mengalami gejala tidak nyaman yang berhubungan dengan menopaus. Kalsium terbukti mampu melindungi sel usus besar dari bahan kimia penyebab kanker, membantu mencegah pengeroposan tulang, membantu mencegah sakit kepala migrain dan mengurangi gejala PMS (pre-menstrual syndrome) selama fase luteal (semester kedua) dari siklus menstruasi.

Biji wijen juga mengandung fitosterol yang berperan dalam menurunkan kolesterol dalam darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan resiko penyakit jantung. Dalam suatu penelitian yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry (2005 Nov 30;53(24):9436-45), biji wijen memiliki kandungan fitosterol paling tinggi (400-413 mg/100 g) dibandingkan dengan kacang-kacang yang biasa dikonsumsi sebagai snack di Amerika Serikat seperti English Walnut (113 mg/100 g), Brazil Nut (95 mg/100 g), pistachio dan biji bunga matahari (270-289 mg/100 g), dan biji labu (265 mg/100 g).

Sebaiknya tidak mengkonsumsi biji wijen dalam keadaan mentah karena mengandung asam fitat yang merupakan racun makanan. Asam fitat dapat menyebabkan beberapa jenis mineral tidak bisa tersedia bagi tubuh seperti kalsium, monster beats studio wireless by dre magnesium, besi dan senk. Asam fitat dapat dinetralkan antara lain dengan cara pemasakan, perendaman dalam larutan asam, asam laktat, difermentasi, atau melalui proses perkecambahan. Nah, demikian sedikit uraian tentang biji wijen.

Menjelang akhir tahun biasanya kita selalu membuat resolusi atau goal setting yang akan kita wujudkan di tahun yang baru. Apapun resolusi yang anda rencanakan, jangan lupa untuk selalu memasukkan dalam resolusi anda untuk hidup lebih sehat dengan dengan berolahraga yang rutin dan menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat. Dapatkan bentuk tubuh yang ideal agar anda lebih percaya diri dan lebih sehat. Gunakan suplemen sesuai dengan kebutuhan anda. Diet sebenarnya tidak menyiksa jika kita mengetahui apa yang kita konsumsi.

Know your food and know your body to live healthier life.

Bagi pembaca DuniaFitnes.com, saya ucapkan:

Happy New Year 2012
May you get better and healthier year ahead.

Untuk 1 porsi
Bahan:
1 dada ayam tanpa kulit (225 g)
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
½ sdt merica
¼ sdt garam
1 cm jahe
1 sdm kecap manis
250 ml air
½ sdt wijen hitam
1 sdt minyak wijen
6 irisan zucchini

Taburan:
wijen hitam
wijen putih
1 sdt minyak wijen

Cara membuat

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan jahe. Tambahkan garam dan merica. Campur rata. Sisihkan.
  2. Campurkan kecap manis, air, wijen putih, moncler armoise albizia 2 dan bumbu halus. Masukkan daging ayam dan irisan zucchini. Rebus sampai airnya habis. Angkat.
  3. Lumuri ayamnya dengan minyak wijen dan bakar bersama irisan zuchinni sampai agak kering. Angkat. Letakkan dalam piring saji.
  4. Taburi wijen hitam, wijen putih, dan minyak wijen. Sajikan.

Nilai gizi per porsi
Energi: 373 kkal
Lemak: 14 g
Karbohidrat: 1,8 g
Serat: 0,8 g
Protein: 60 g

Tips dan saran

  1. Sajikan dengan lembaran daun slada untuk menambah sumber serat dan gizinya.
  2. Sajikan bersama beras merah atau mixed grain (campuran beras dan bijian) sebagai sumber karbohidratnya.
  3. Jika ingin menyantapnya dengan sambal, gunakan sambal secukupnya.

Ingin gabung dengan forum diskusi seputar resep masakan sehat bagi tubuh Anda, klik di sini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes