kolak-ubi-ungu

Kolak Ubi Ungu dan Nata de coco

kolak-ubi-ungu

Kolak adalah makanan khas Indonesia dan salah satu menu yang paling dicari pada saat berbuka puasa. Kolak biasanya terbuat dari rebusan buah pisang, ubi jalar, singkong, atau kacang hijau yang diberi cairan manis dan gurih yang terbuat dari gula palem atau gula kelapa dan santan, dan biasanya diberi daun pandan sebagai penyedap. Selain itu, dalam pembuatan kolak sering juga ditambahkan bahan lain seperti kolang-kaling, nangka, durian, biji selasih, cendol, sagu biji mutiara, dan kelapa muda.
Sebagai makanan yang dikonsumsi pada saat buka puasa, kolak dapat memberikan energi instan untuk tubuh. Kandungan gula dan energi yang terkandung dalam kolak dapat membantu menormalkan kadar gula darah yang rendah setelah seharian berpuasa.

Kali ini, saya membuat kreasi kolak yang dibuat dari ubi ungu dan nata de coco. Sedikit saya membahas tentang nata de coco. Nata de coco adalah produk makanan yang berbentuk seperti jelly yang merupakan hasil fermentasi air kelapa. Fermentasi ini menggunakan jasa bakteri Acetobacter xylinum. Bakteri ini dapat mengubah nutrisi-nutrisi dalam air kelapa yang telah diformulasi terlebih dahulu menjadi selulosa. Kumpulan selulosa ini membentuk lapisan seperti gel yang padat di permukaan air kelapa.

Nata de coco aslinya berasal dari Filipina pada tahun 1973 dan mulai dipasarkan 2 tahun kemudian. Di Filipina, nata de coco disajikan sebagai makanan penutup atau permen setelah ditambahkan pemanis, disantap bersama acar (pikel), dan juga ditambahkan pada minuman soft drink, es krim, dan smoothie buah. Istilah nata de coco sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti ”cream of coconut”. Jepang merupakan salah satu negara yang banyak mengkonsumsi nata de coco pada awal tahun 90 an.

Nata de coco adalah salah satu makanan yang menyehatkan, selain rendah kalori juga merupakan sumber dietary fiber alami yang membantu proses pencernaan, mencegah sembelit (konstipasi), dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu, makanan ini dapat membantu mencegah terbentuknya kanker usus. Kandungan dietary fiber dalam nata de coco, secara tidak langsung juga membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah pembekuan darah dalam pembuluh darah (coronary thrombosis), dan juga mengurangi risiko terkena diabetes.

Untuk 5-6 porsi
Bahan:

  • 300 g ubi ungu
  • 250 g nata de coco
  • 3 sdm oatmeal
  • 500 g air
  • 100 g gula merah
  • 200 ml susu kedele (pilih no sugar atau less sugar)

Cara membuat:

  1. Cuci bersih, kemudian kupas ubi ungu dan potong-potong seukuran sekitar 1 cm kemudian direbus sampai matang.
  2. Masukkan nata de coco dan oatmeal. Masak sebentar sambil diaduk.
  3. Masukkan susu kedele dan aduk-aduk sebentar sampai mendidih.
  4. Angkat dan hidangkan.

Nilai gizi per porsi:

  • Energi: 171.8 kkal
  • Lemak: 0.7 g
  • Karbohidrat: 39.6 g
  • Serat: 2.6 g
  • Protein: 1.8 g

Tips dan Saran:

  1. Ubi ungu bisa diganti dengan singkong, ubi merah, atau ubi putih.
  2. Susu kedele bisa diganti dengan susu rendah lemak.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes