Making Your Own Cereal Drink Using Whey Protein

cereal-drink

Beberapa waktu yang lalu di milis Sportindo muncul diskusi tentang bagaimana mengkonsumsi oatmeal biar enak. Memang diperlukan waktu untuk yang baru pertama kali mengkonsumsi oat agar bisa cocok dengan indra perasanya. Saya pun dulu mengalami hal yang sama. Oat adalah salah satu jenis tanaman serealia (biji-bijian) yang banyak digunakan untuk program diet karena kandungan serat dan nilai indeks glikemiknya yang rendah. Oat yang sering dijual di pasaran dalam bentuk oatmeal biasanya diolah menjadi bubur.

Cereal drink atau minuman sereal adalah minuman yang komponen utamanya berasal dari biji-bijian seperti gandum, beras, oat, rye, jagung, dan barley. Jenis bijian yang digunakan bisa hanya satu jenis tapi lebih sering dicampur dengan biji-bijian yang lain untuk melengkapi kandungan gizinya.

Minuman sereal berkembang dari produk makanan sarapan pagi sereal atau breakfast cereal yang berbentuk seperti bubur. Produk ini berkembang karena permintaan konsumen yang banyak dari kalangan pekerja aktif yang menginginkan agar sarapan paginya dapat dikonsumsi dengan cepat dan praktis.

Di pasaran, minuman sereal banyak dijual dengan berbagai macam merek plus iklan-iklannya yang mengklaim berbagai manfaat kesehatan. Isu yang berkembang mengemukakan kalau produk-produk tersebut tidak semuanya seperti yang diiklankan, ada yang menggunakan sereal yang masih memiliki indeks glikemik yang tinggi seperti pati jagung, pati beras, dan pati gandum (terigu) ataupun remah-remah sisa hasil produksi snack lain, penggunaan banyak karbohidrat sederhana, bahan pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Agar tidak ragu-ragu, why don’t we make our own cereal drinks?

Minuman sereal yang akan saya bagi kali ini terinspirasi dari minuman khas Mexico yaitu rice horchata yang merupakan minuman pelepas dahaga pada waktu siang hari dan biasanya dikonsumsi dalam keadaan dingin.

Untuk 2 porsi
Bahan

  • 50 g oatmeal instant
  • 375 ml air matang
  • 10 cm kayu manis
  • 10 g gula rendah kalori
  • 25 g kacang almond matang
  • 4 sdm UN Prostar Whey Protein
  • 1 sdt kayu manis bubuk

Prostar 100% Whey Protein

Cara membuat :

  1. Rendam oatmeal dan kayu manis dalam air matang selama kurang lebih 1 jam.
  2. Sisihkan batang kayu manis.
  3. Masukkan oatmeal dalam blender bersama airnya, tambahkan gula rendah kalori, whey, kacang almond, dan kayu manis bubuk. Blender sampai halus. Tuang dalam wadah dan masukkan lagi batang kayu manis tadi. Sajikan.
  4. Bisa segera dikonsumsi. Bila belum akan dikonsumsi bisa disimpan dalam lemari pendingin. Dingin lebih nikmat.

Nilai gizi per porsi
Kalori: 302 kkal
Karbohidrat: 27.8 g
Protein: 30 g
Lemak: 9.4 g

Tips dan saran :

  1. Kacang almond bisa digantikan dengan kacang tanah atau peanut butter.
  2. Bagi yang tidak menyukai kayu manis, bisa menggantikannya dengan bubuk coklat, vanilla, atau potongan buah seperti apel, melon, strawberry, dll.
  3. Gula rendah kalori bisa digantikan dengan madu atau palm sugar untuk citarasa dan manfaatnya.
Arief T Nur Gomo
Head of Research and Development Department PT. Bionic Natura, healthy food.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes