Making Your Own Low Sugar Pineapple Jam

Pineapple-Jam

Jika Anda sering mengkonsumsi roti tawar, pasti salah satu alternatif pilihan olesan adalah selai. Selai atau jam adalah salah satu olahan buah-buahan. Selai terbuat dari hancuran buah yang dimasak sehingga membentuk tekstur seperti jel. Selai mempunyai daya tahan yang cukup lama karena kandungan gula yang tinggi yang berfungsi sebagai antimikroba. Selai dapat dibuat dari satu jenis buah ataupun campuran dua atau lebih jenis buah.

Dari segi nutrisi, selai mengandung serat pangan yang berguna untuk kesehatan pencernaan, tidak mengandung lemak, rendah sodium dan kandungan mineralnya yang terbanyak yaitu kalium. Sedangkan dari segi citarasa, selai meningkatkan tingkat penerimaan makanan-makanan tertentu, misalnya roti gandum tawar jika diolesi selai akan lebih disukai dibandingkan dengan tanpa olesan selai. ugg outlet australia auckland

Selai yang dijual di pasaran umumnya menggunakan gula yang cukup banyak dan bahan pengawet. Energi/kalori yang diperoleh dari selai sebagian besar berasal dari gula. Akan tetapi beberapa jenis selai diolah sedemikian rupa sehingga bebas gula dan memiliki kalori yang rendah. Namun selai rendah kalori ini cukup mahal sehingga hanya terjangkau oleh orang-orang tertentu. Nah, kali ini kita akan membuat selai yang rendah gula dan bebas bahan pengawet. Rasanya memang tidak semanis selai di pasaran dan per sajian 1 sdm hanya memiliki sekitar 13 kkal. Dari segi rasa, selai yang akan kita buat ini masih memiliki citarasa buah. Buah nenas digunakan dalam pembuatan selai ini karena citarasanya yang khas dan menyegarkan dan juga kaya akan serat pangan dan zat gizi lainnya seperti kalium, mangan, tembaga, vitamin C, thiamin dan vitamin B6. Selain itu dari segi ekonomi, biaya pembuatannya pun sangat murah. michael kors abbey backpack access review

Untuk olesan 26 buah roti tawar (1 sdm)

Bahan:

  • 350 g daging buah nenas
  • 175 g gula pasir
  • 1 tsp agar-agar putih
  • ¼ tsp asam sitrat

Cara membuat:

  1. Kupas dan cuci bersih buah nenas.
  2. Potong-potong daging buah nenas. Hancurkan dengan blender sampai halus.
  3. Saring hancuran buah nenas tersebut untuk memisahkan sebagian sari buahnya. Sari buah bisa langsung diminum.
  4. Hancuran buah nenas yang telah dipisahkan sari buahnya tadi dimasukkan ke dalam wajan dengan api sedang sambil diaduk.
  5. Setelah mendidih, masukkan gula, agar-agar putih, dan asam sitrat. Aduk terus sampai agak padat.
  6. Masukkan dalam botol selai kosong yang sudah bersih dalam keadaan panas. Tutup rapat. Dinginkan (bisa direndam dalam air).
  7. Sajikan setelah dingin.

Nilai gizi per sajian/olesan (1 sdm)

Tips dan Saran:

  1. Simpan dalam pendingin untuk mencegah kerusakan, karena selai ini tidak menggunakan bahan antimikroba dan kadar gulanya juga rendah.
  2. Bisa dimakan langsung atau untuk berbagai macam olesan seperti roti dan pancake ataupun untuk topping berbagai macam makanan/minuman.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes