Mandarin Orange and Dragon Fruit Salad

mandarin-orange-and-dragon-fruit-salad

Dalam rangka Chinese New Year, kali ini saya akan berbagi resep sehat yang spesial. Saya akan menggunakan bahan-bahan yang cukup populer pada saat perayaan imlek yaitu mandarin orange dan dragon fruit. Sebelum kita membuatnya, tidak ada salahnya kita tinjau sedikit tentang jeruk mandarin dan manfaat kesehatannya.

Mandarin orange, atau kita mengenalnya dengan jeruk mandarin. Buah ini termasuk dalam kelompok buah jeruk berukuran kecil. Buah ini memiliki kulit yang tipis dan mudah dikupas. Ada beberapa jenis buah jeruk mandarin yaitu Tangerine, Satsuma, Owari, Clementine dan Tangor. Kenapa buah jeruk ini tidak memiliki biji, disebabkan karena buah ini tidak memerlukan penyerbukan untuk menghasilkan buah (terutama dari varietas Satsuma) sehingga dimasukkan ke dalam golongan parthenocarphy (buah-buah yang dihasilkan tanpa melalui proses pembuahan). Dari segi nutrisi, 1 cup (195 g) jeruk mandarin bisa menghasilkan 103 kkal yang kebanyakan berasal dari gula alami. Selain itu juga menyediakan vitamin C yang memenuhi 87% kebutuhan harian, dan vitamin A sebanyak 1,328 IU atau setara dengan 27% kebutuhan harian yang direkomendasi (RDA). Dalam 1 cup jeruk mandarin juga, bisa menyediakan serat pangan sebanyak 14% dari kebutuhan harian yang direkomendasi.

Kelebihan lain dari jeruk mandarin yaitu buah ini mengandung Hesperidin, yaitu suatu jenis senyawa antioksidan jeruk. Senyawa antioksidan ini memiliki penyerapan yang baik dalam darah. Salah satu penelitian tentang Hesperidin, menyebutkan bahwa senyawa ini mampu mengurangi kerusakan sel sehat akibat radiasi sebanyak 33%. Di penelitian yang dilaporkan, hesperidin mampu mengurangi jumlah kolesterol dan menurunkan tekanan darah pada tikus percobaan. Pemberian glukosida hesperidin dalam dosis yang besar dapat mengurangi kehilangan densitas tulang. Hesperidin adalah salah satu dari 170 senyawa fitokimia yang ditemukan pada golongan buah jeruk. Inilah yang menyebabkan mengapa orang yang mengkonsumsi buah jeruk dalam jumlah yang banyak dapat menurunkan sebanyak 50% resiko terkena kanker mulut, tenggorokan dan perut (usus).

Dua penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan Jepang tentang jeruk mandarin menyebutkan bahwa jeruk ini mampu menurunkan resiko dari berbagai macam penyakit termasuk kanker hati, arteriosklerosis, dan insulin resistance (kondisi dimana insulin menjadi tidak efektif dalam menurunkan kadar gula darah). Penelitian pertama dilakukan pada 30 orang yang diberikan 1 cup minuman yang mengandung jus jeruk mandarin setiap hari selama setahun, dan 45 orang sebagai kontrol. Hasil menunjukkan 30 orang tersebut bebas dari kanker hati, sedangkan pada kelompok kontrol ditemukan 9% dari kelompok tersebut mengidap kanker hati.

Studi kedua dilakukan pada 1.073 orang di kota Mikkabi, Shizuoka. Penduduk kota ini terkenal dengan tingginya konsumsi jeruk mandarin. Analisa dilakukan pada darah mereka dengan penanda kimia khusus dan hasil menunjukkan bahwa orang-orang tersebut mempunyai resiko yang rendah untuk terkena penyakit hati, arteriosklerosis, dan insulin resistance.

Setelah mengetahui manfaat dari jeruk mandarin, resep berikut mungkin bisa menjadi salah satu hidangan sehat di hari yang spesial ini. Tentang manfaat dragon fruit, kita akan membahasnya di edisi resep sehat berikutnya.

Happy Chinese New Year. Wishing you prosperity, good health, longevity, long lasting love, peace, wealth, and happiness. Gong Xi Fat Choi.

Untuk 1 porsi
Bahan:

  • 100 g jeruk mandarin
  • 60 g daging buah naga
  • 50 g low fat yogurt

Cara membuat:

  • 1. Kupas jeruk mandarin dan pisahkan satu persatu. Sisihkan.
  • 2. Daging buah naga dipotong bentuk kotak. Campurkan bersama jeruk mandarin.
  • 3. Masukan yogurt. Campur rata.
  • 4. Sajikan.

Nilai gizi per porsi

  • Energi: 133.8 kkal
  • Lemak: 1 g
  • Karbohidrat: 27.3 g
  • Serat: 2.8 g
  • Protein: 3.8 g

Tips dan Saran:

  • 1. Sajikan dingin lebih nikmat.
  • 2. Tambahkan sedikit sirup lychee atau sesuai selera untuk mendapatkan citarasa yang lebih enak.
  • 3. Bisa disajikan sebagai dessert ataupun untuk snacking.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes