Muscle Power Bar

Muscle Power Bar

Sesuai dengan namanya, makanan ini pastinya berbentuk batangan, mengandung protein whey untuk pembentukan otot, dan gula yang diperlukan sebagai sumber tenaga instan. Selain itu makanan ini mengandung serat pangan yang baik untuk kesehatan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

Whey protein biasanya dikonsumsi dalam bentuk minuman dan buat sebagian orang sepertinya agak kurang praktis karena harus selalu memerlukan gelas, botol minuman, atau shaker bila ingin dikonsumsi setelah melakukan aktifitas olahraga. Akan tetapi mencampurkan whey dengan beberapa bahan, kita bisa membuat makanan berbentuk batangan sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana.

Sebelum melanjutkan ke resepnya, kita lihat terlebih dahulu beberapa manfaat whey bagi kesehatan, sebagai berikut:

  • Whey dapat menekan nafsu makan. Whey mengandung GMP (glycomacropeptide) yang ternyata mempunyai kemampuan menstimulasi hormon dalam pencernaan yang mengirimkan pesan ke otak kalau kita sudah kenyang, sehingga nafsu makan kita berkurang.
  • Mendorong metabolism dan pembentukan otot (lean muscle). Dalam pembentukan otot, lemak akan digunakan sebagai bahan bakar. Peningkatan massa otot akan meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak.
  • Menjaga massa otot. Whey mempunyai kualitas asam amino yang tinggi dengan susunan yang hampir mendekati susunan asam amino otot manusia. Asam amino sistein dan glutamine yang yang terkandung dalam whey sangat berperan menjaga massa otot, terutama selama latihan dan dalam program weight loss. Dengan menjaga massa otot akan membantu mempertahankan metabolism dan mempunyai manfaat terhadap kesehatan secara keseluruhan.
  • Mempunyai indeks glikemik rendah. Whey mempunyai nilai IG yang rendah sehingga cocok digunakan dalam program weight control. Makanan dengan Indeks glikemik rendah akan memberikan rasa kenyang lebih lama, meminimalkan produksi insulin dan menjaga sensitivitas insulin. Hasil penelitian menyebutkan dengan konsumsi makanan ber-IG rendah pada waktu makan pertama akan mengurangi jumlah makanan pada waktu makan kedua.
  • Diet kalsium. Whey mengandung kalsium dimana kalsium memegang peranan penting dalam pengaturan metabolisme energi dan secara konsekuen menurunkan berat dan lemak tubuh.
  • Sebagai pembentuk senyawa antioksidan. Kandungan sistein dan metionin dalam whey yang berfungsi dalam pembentukan glutathione dalam tubuh. Glutathione disebut juga sebagai “The Master Antioxidant “ yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.
  • Sebagai makanan sumber protein yang baik untuk berbagai usia. Whey protein cocok untuk berbagai usia yang berperan dalam diet yang sehat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Whey juga bisa dikonsumsi oleh bayi (infant) karena mengandung komponen-komponen yang hampir sama dengan komponen-komponen yang ditemukan di ASI. Susu formula bayi pun banyak menggunakan whey protein sebagai salah satu bahan formulanya. Susu formula yang dibuat berbahan baku whey protein ternyata dapat mengurangi tangisan bayi akibat sakit perut. Untuk ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui memerlukan sejumlah protein yang bisa diperoleh dari whey protein yang terlebih dahulu harus dikonsultasikan dengan dokter. Kehamilan dapat meningkatkan kebutuhan protein tubuh sampai 33%.

Demikianlah manfaat whey protein yang bisa kita peroleh jika kita mengkonsumsinya secara teratur. Selanjutnya mari kita ikuti resep berikut.

Untuk 6 batangan
Bahan:

Cara membuat:

  1. Campur rata whey dan oatmeal.
  2. Tambahkan sirup vanilla, minyak canola, dan air sambil terus diaduk sampai rata.
  3. Timbang sebanyak 50 g dan cetak menggunakan aluminium foil sesuai bentuk yang diinginkan.
  4. Panggang dalam oven pada suhu 160°C selama sekitar 30 menit.
  5. Angkat. Dinginkan. Kemas atau simpan dalam toples kedap udara.

Nilai gizi per batangan

  • Energi: 144 kkal
  • Lemak: 3.8 g
  • Karbohidrat: 21.2 g
  • Serat: 1.6 g
  • Protein: 6.3 g

Tips dan Saran

  1. Tambahkan campuran buah kering untuk meningkatkan citarasanya.
  2. Ganti jenis sirup dengan rasa yang lain untuk mendapatkan citarasa yang berbeda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes