Oyster Mushroom Curry

Bikin kari yuk kali ini. Kari atau bahasa Inggrisnya “curry” adalah sajian khas dan populer berasal dari kawasan Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, dan Srilangka). Kari sebenarnya adalah masakan yang diolah dengan berbagai campuran rempah-rempah sehingga memberikan citarasa yang khas dan tajam.


Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan sangat beragam jenisnya, dan tidak hanya dalam bentuk segar tetapi juga dalam bentuk kering/bubuk. Jenis bumbu dan rempah yang digunakan antara lain bawang putih, bawang merah, kayu manis, sereh, ketumbar, kunyit, merica, cabai, jinten, kayu manis, kapulaga, jahe, lengkuas, adas, bunga lawang, asam jawa, daun salam, pala, cengkeh, dan masih banyak lagi. Jenis bumbu dan rempah yang digunakan tergantung dari jenis kari, daerah asal, kebudayaan, agama, dan selera.

Selain di kawasan Asia Selatan, kari juga banyak berkembang di daerah Asia yang lain seperti Thailand, Indonesia, China, Jepang, Myanmar, Vietnam, dan Malaysia. Jenis dan citarasanya pun bervariasi tergantung daerah dimana masakan kari tersebut berkembang. Kata “kari” menurut kebanyakan ahli bahasa, berasal dari bahasa Tamil (India). Kari dalam bahasa Tamil berarti “saus”, yang dimaksudkan sebagai sayuran dan/atau daging yang dimasak bersama bumbu dan rempah dengan atau tanpa saus/kuah (gravy). Gravy yaitu saus yang dibuat cairan yang keluar secara alami dari daging atau sayuran selama pemasakan.

Secara umum kari terdiri dari 2 jenis yaitu kari basah dan kari kering. Kari basah memiliki kuah/saus lebih banyak, sedangkan kari kering biasanya diolah dengan kuah yang lebih sedikit sehingga ketika masakannya matang hanya tersisa bahan utama yang diselimuti bumbu kari. Bubuk kari atau “curry powder” adalah sebutan untuk campuran beberapa jenis rempah yang digunakan untuk membuat kari. Curry powder pertama kali diperdagangkan pada abad ke-18 oleh pedagang-pedagang India untuk pemerintah kolonial Inggris. Sekarang bumbu kari tidak hanya terdapat dalam bentuk bubuk, melainkan dapat juga diperoleh dalam bentuk segar.

Bahas sedikit yuk tentang bumbu dan rempah-rempah. Bumbu dan rempah-rempah dapat meningkatkan citarasa berbagai masakan. Dari segi nutrisi, jenis bahan makanan ini tidak memiliki gizi meskipun beberapa jenis juga menyumbangkan sejumlah serat pangan. Bumbu dan rempah juga tidak meningkatkan kalori. Kandungan senyawa-senyawa fitokimia dalam bumbu dan rempah selain berperan dalam memberikan citarasa dan aroma pada masakan, juga menyumbang berbagai manfaat kesehatan seperti antioksidan, antimikroba, anti inflamasi, anti mutasi, bahkan anti kanker. Berbagai penelitian pun memberikan hasil-hasil yang memuaskan terhadap manfaat-manfaat beberapa jenis rempah dan bumbu tersebut terhadap kesehatan.

Penggunaan bumbu dan rempah pada masakan juga mengurangi penggunaan garam dan MSG dalam masakan, sehingga membantu kita dalam pembuatan hidangan yang rendah sodium dan MSG. Hal ini disebabkan karena kandungan berbagai senyawa fitokimia seperti dari golongan minyak esensial, alkaloid, dan senyawa fenol yang memberikan citarasa dan aroma yang khas dalam masakan yang kita olah. Jadi untuk mendapatkan makanan yang bercitarasa, gunakanlah kombinasi berbagai bumbu dan rempah.

Untuk 4 porsi
Bahan:
500 g jamur tiram segar
150 g kentang (potong memanjang)
3 buah cabe merah (potong-potong sekitar 2 cm)
400 ml susu rendah lemak
2 sdm minyak canola
½ sdt penyedap rasa ayam
1 bks bumbu kari siap pakai

Cara membuat

  1. Panaskan minyak sawit. Tumis bumbu kari. Masukkan kentang dan tumis sebentar.
  2. Masukkan jamur tiram dan cabe merah. Tumis sampai agak layu.
  3. Masukkan susu rendah lemak dan penyedap rasa ayam. Masak sebentar sampai agak kental.
  4. Angkat dan sajikan.

Nilai nutrisi per porsi
Energi: 193 kkal
Lemak: 7.5 g
Karbohidrat: 22.2 g
Serat: 3.6 g
Protein: 9.2 g

Tips dan saran

  1. Pilih bumbu kari yang tidak menggunakan campuran santan.
  2. Bahan jamur bisa digantikan dengan bahan lain misalnya tahu, tempe, telur rebus, daging ayam, atau daging sapi.
  3. Penggunaan penyedap rasa dapat ditiadakan atau sesuai selera.
  4. Gunakan kentang bersama kulitnya. Kentang dapat juga diganti dengan jenis sayuran yang lain seperti wortel atau buncis.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes