Paprika-Chicken Baked With Balinese Spice

Bosan dengan menu olahan ayam yang itu-itu saja? Nah, menu yang satu ini mungkin bisa jadi pilihan untuk menikmati daging ayam dengan cara yang tentu saja masih lebih sehat. Kali ini saya membuat modifikasi ayam panggang menggunakan bumbu Bali dan paprika. Sebelum kita mencoba resep ini, kita tinjau sedikit mengenai salah satu bahan yang akan digunakan yaitu paprika (bell pepper).


Paprika sebenarnya adalah sebutan yang digunakan untuk bumbu kering berwarna merah yang dibuat dari cabe kering (Capsicum annuum) yang digiling halus. Cabe kering ini bisa berasal dari cabe merah (chile pepper) dan paprika (bell pepper). Bumbu ini biasanya digunakan untuk memberikan warna dan citarasa pada masakan. Rasa paprika bisa bervariasi dari yang ringan sampai yang pedas. Namun di sebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia menggunakan istilah paprika untuk menyebut cabe yang berukuran besar (bell pepper) dan memiliki rasa yang tidak pedas dan manis sehingga sering disebut juga sweet pepper.

Cabe paprika berasal dari Amerika Tengah. Cabe paprika memiliki warna yang beraneka macam seperti merah, orange, kuning, hijau bahkan ada juga yang berwarna ungu, coklat sampai hitam. Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan kultivar. Kultivar adalah varietas khusus yang ditanam untuk dipanen sesuai bentuk yang diinginkan, tetapi sebenarnya masih berasal dari satu jenis tanaman. Cabe paprika merah mengandung lebih banyak vitamin dan mineral serta antioksidan likopen dibandingkan cabe paprika hijau. Kandungan karoten (seperti likopen) pada paprika merah sembilan kali lebih banyak dibandingkan pada paprika hijau, dan juga mengandung vitamin C dua kali lebih banyak. Satu buah paprika merah besar mengandung sekitar 209 mg vitamin C, hampir 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang terkandung pada rata-rata buah jeruk (70 mg).

Suatu studi di Spanyol yang meneliti tentang kandungan vitamin C, vitamin E, dan 7 jenis karoten (alfa-karoten, beta-karoten, likopen, lutein, kriptoxantin dan zeaxanthin) yang terdapat pada bahan-bahan makanan yang biasa dikonsumsi, dan menemukan hanya 2 jenis sayuran yang mengandung dua pertiga zat-zat gizi tersebut. Sayuran tersebut adalah tomat dan salah satunya adalah paprika. Hasil penelitian ini dipublikasi di The British Journal of Nutrition Jun 2004 Vol. 91.

Untuk 1 porsi
Bahan
250 g (1 potong) dada ayam tanpa kulit
25 g bumbu Bali siap pakai
¼ cup susu low fat
50 g paprika merah

Cara membuat

  • Cuci bersih dada ayam. Tiriskan.
  • Lumuri dada ayam dengan bumbu bali siap pakai. Tambahkan susu rendah lemak. Campur rata. Biarkan selama 20-30 menit.
  • Potong-potong paprika bentuk kotak. Sisihkan.
  • Siapkan baki aluminium yang dialas dengan aluminium foil.
  • Masukkan potongan paprika ke campuran ayam tadi. Pindahkan dada ayam dan isinya ke atas aluminium foil. Bungkus rapi dengan aluminium foil.
  • Panggang dalam oven pada suhu + 180oC sekitar 20-30 menit.
  • Angkat dan sajikan.

Nilai nutrisi per porsi
Energi: 364 kkal
Lemak: 6.7 g
Karbohidrat: 14 g
Serat: 0.85 g
Protein: 62 g

Tips dan saran

  • Dapat disajikan bersama nasi merah untuk hidangan keluarga.
  • Bila ingin agak pedas, bumbu balinya dapat dicampur dengan ulekan cabe rawit sebelum digunakan untuk lumuran. Atau dapat juga ditambahkan taburan lada bubuk.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes