Soothing Ginger Protein Shake

Musim hujan telah tiba. Tapi olahraga harus tetap jalan. Demi menjaga stamina dan kebutuhan nutrisi terutama dalam berolahraga, protein shake merupakan pilihan yang pas. Selain membantu menjaga stamina dan massa otot, protein shake dapat juga untuk menambah massa otot. Nah, untuk menemani berolahraga di musim hujan, resep sehat kali ini saya kreasikan berupa protein shake dengan tambahan jahe di dalamnya. Pada kondisi musim hujan, biasanya kita mencari minuman yang menghangatkan. Jahe dikenal dapat menghangatkan dan juga menyegarkan badan. Ini disebabkan karena kandungan zat-zat fitokimia yang terkandung di dalamnya. Kita tinjau sedikit tentang jahe.


Ginger atau jahe adalah rhizoma atau rimpang yang diperoleh dari tanaman jahe (Zingiber officinale). Rimpang atau rhizoma adalah modifikasi batang tanaman yang menjalar di dalam tanah dan dapat menghasilkan tanaman baru dari ruasnya. Selain itu rimpang juga menjadi tempat penyimpanan produk metabolisme tertentu dari tanaman. Rimpang yang membesar dan menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan (biasanya dalam bentuk pati atau starch) dinamakan tuber, contohnya kentang. Kembali ke jahe, asal tanaman jahe tidak jelas karena jahe tidak ditemukan di alam liar.

Budidaya jahe berawal dari Asia Selatan (India) dan kemudian menyebar ke Afrika Timur dan Karibia. Sumber lain menyebutkan jahe berasal dari China bagian selatan. Jahe liar (wild ginger) adalah tanaman yang berbeda dengan jahe yang dibudidayakan. Jahe liar (Asarum canadense) memiliki bentuk, rasa dan aroma yang hampir sama dengan jahe yang dibudidayakan.

Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu pada berbagai masakan termasuk masakan India, China, Jepang, dan masakan-masakan dari kawasan Asia Selatan. Jahe sering juga diolah menjadi berbagai produk seperti pikel, manisan, bubuk jahe, sirup dan jahe kering, atau digunakan sebagai tambahan dalam teh, roti (gingerbread), kukis, cracker, cake, atau minuman jahe (misalnya, ginger ale dan ginger beer).

Rasa pedas dan aroma khas jahe ditimbulkan dari campuran 3 jenis non-volatil resin yaitu zingerone, shogaol, dan gingerol. Campuran zat-zat ini membentuk sepertiga dari berat jahe segar. Jahe juga mengandung 3% minyak esensial dari golongan sesquiterpenoid dengan zingiberen sebagai komponen utama. Pada hewan percobaan, gingerol dapat meningkatkan kerja pencernaan, memiliki sifat analgesik, menenangkan (sedative), penurun demam (antipyretic), dan sebagai antimikroba. Gingerol juga telah diteliti mempunyai hasil positif terhadap kanker usus, jaringan payudara, ovarium, dan pankreas.

Jahe dikenal sebagai karminatif yang baik yaitu bahan yang dapat mengeluarkan gas dari usus dan mencegah pembentukan gas berlebih dalam saluran pencernaan sehingga mencegah perut kembung. Selain itu jahe dikenal sebagai spasmolitik usus yaitu bahan yang digunakan untuk relaksasi dan menenangkan pencernaan/usus. Manfaat lain jahe yang telah diteliti dan mempunyai hasil positif yaitu untuk pertolongan mual dan muntah selama kehamilan, sebagai anti-inflamasi, perlindungan dari kanker usus, mematikan sel kanker ovarium, dan peningkatan daya tahan tubuh. Dari segi nutrisi, jahe memiliki kandungan yang baik untuk beberapa zat nutrisi seperti kalium, magnesium, tembaga, mangan, dan vitamin B6.

Untuk 1 Porsi
Bahan
2 sdm Ultimate Nutrition Prostar 100% Whey Protein Vanilla
1 sdm oatmeal instan
6 buah kurma kecil (dikeluarkan bijinya)
1 cm jahe (kupas dan haluskan)
4 sdt jahe instan
100 ml susu rendah lemak
100 ml air matang/panas

Cara Membuat

  1. Masukkan semua bahan ke dalan food processor atau blender.
  2. Proses sampai halus. Sajikan.

Nilai Gizi Per Porsi
Energi: 314 kkal
Lemak: 3 g
Karbohidrat: 43 g
Serat: 2.5 g
Protein: 29 g

Tips Dan Saran

  1. Porsi di atas dapat dibagi menjadi 2 porsi dan dinikmati sebagai minuman penghangat dan dinikmati bersama snack sehat.
  2. Kurma bisa tidak digunakan kalau tidak tersedia.
  3. Pilihlah jahe instan yang mempunyai kualitas baik. Jumlah jahe instan dapat dikurangi dan diganti jahe segar dan madu sesuai selera.
  4. Dapat disajikan dingin. Masukkan es batu sesuai selera untuk menggantikan sebagian air.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes