Whey Protein Ice Cream

whey-ice-cream

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah berbagi resep membuat es krim dengan menggunakan soy protein. Nah, kali ini saya akan membagi resep es krim yang tak kalah enaknya dan membuatnya pun tidak begitu sulit. Sebelum kita memulainya, saya akan berbagi sedikit ilmu tentang sejarah es krim.

Sejarah Es Krim
Sejarah es krim dimulai pada tahun 400 SM, penduduk di kekaisaran Persia tercatat mulai mengkonsumsi salju yang disajikan dalam mangkuk yang diberi konsentrat jus anggur. Makanan ini biasanya dikonsumsi ketika cuaca sedang panas. Salju ini biasanya disimpan dalam ruang bawah tanah agar tetap berbentuk salju yang disebut “yakhcal”. Yakhcal diambil dari salju segar yang berada di puncak gunung yang masih bersalju meskipun pada musim panas. Orang Persia lebih lanjut menemukan teknik pengolahan makanan dingin (chilled food) ini yang terbuat dari air mawar dan vermicelli (sejenis pasta yang berukuran lebih kecil dari spaghetti) yang disajikan juga pada musim panas. Es yang digunakan dicampur dengan saffron (sejenis rempah), buah-buahan, dan berbagai jenis perasa lainnya.

Orang Arab yang pertama kali menggunakan susu sebagai bahan baku pembuatan es krim. Es krim menjadi lebih manis dengan menggunakan gula dibandingkan dengan jus buah. Awal abad ke-10 konsumsi es krim telah beredar di jazirah Arab, seperti Baghdad, Damascus, dan Cairo. Es krim versi orang Arab ini menggunakan susu atau krim dan sering juga menggunakan yogurt, diberi perasa dengan air mawar, buah-buah kering, dan kacang-kacangan.

Menurut Maguelonne Toussaint-Samat dalam bukunya History of Food, menyebutkan bahwa Bangsa China mungkin yang mendapat penghargaan karena menemukan peralatan untuk membuat sorbet dan es krim. Kontainer bagian luar alat tersebut diisi campuran salju dan garam yang mengelilingi kontainer bagian dalam yang berisi sirup. Dikatakan lagi dalam buku tersebut bahwa pada zaman Dinasti Yuan, Kubhlai Khan menikmati kelezatan es krim dan menjadikannya sebagai rahasia kerajaan sampai Marco Polo mengunjungi China dan membawa teknik membuat es krim ke Italia. Pendapat lain menyebutkan bahwa bangsa China pada zaman tersebut bukan peminum susu, dan bangsa Italia telah membuat sesuatu serupa es krim sebelum Marco Polo kembali ke Italia. Selain itu menurut mereka, tidak ada resep es krim yang berasal dari Bangsa China.

Resep es berperisa (flavored ice) pertama muncul di Prancis pada tahun 1674, sedangkan resep es krim pertama muncul di abad ke-18 di Inggris dan Amerika, yang diterbitkan dalam buku berjudul Mrs. Mary Eales’s Recipe di London pada tahun 1718. Setelah itu banyak sekali penemuan dan kreasi-kreasi es krim yang diciptakan, salah satunya resep yang akan kita buat berikut.

Untuk 10 porsi
Bahan:


Cara Membuat:

  1. Campur dan aduk rata susu, gula palem dan maizena. Masak sambil diaduk di api sedang sampai mendidih. Angkat. Pindahkan dalam baskom.
  2. Tunggu agak hangat. Masukkan bubur pisang dan aduk rata.
  3. Tunggu sampai suhu kamar, masukkan whey protein. Aduk rata.
  4. Masukkan dalam freezer sampai beku (sekitar 1 malam).
  5. Keluarkan, dan langsung mixer dengan kecepatan tinggi sampai bercampur rata. Masukkan lagi ke dalam freezer selama 1 jam.
  6. Keluarkan sekali lagi dari freezer dan mixer dengan kecepatan tinggi sampai tercampur rata. Es krim siap dihidangkan. Masukkan sisa es krim ke dalam pendingin agar tidak meleleh.

Nilai gizi per porsi

  • Energi: 52 kkal
  • Lemak: 0.5 g
  • Karbohidrat: 7.3 g
  • Serat: 0.5 g
  • Protein: 4.4 g

Tips dan saran:

  1. Hindari memasukkan whey protein pada suhu panas karena akan bergumpal dan mempengaruhi tekstur es krimnya.
  2. Tambahkan perisa rum untuk menambah citarasa.
  3. Tambahkan buah segar, buah kering (misalnya kismis) atau kacang-kacangan untuk menambah nilai gizi.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes