YoFast (Yogurt for Breakfast)

YoFast

Yogurt yang telah dikenal dan dikonsumsi manusia sejak 5400 tahun yang lalu adalah produk susu yang diperoleh melalui fermentasi bakteri. Bakteri ini mengubah laktosa menjadi asam laktat yang bersama protein susu membentuk tekstur yang khas. Yogurt adalah makanan sehat yang unik karena kaya akan kandungan protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12, di samping asam laktat dan kandungan bakteri hidupnya yang membantu kesehatan pencernaan.

Sebagian orang Indonesia agak susah mengkonsumsi yogurt karena rasanya yang asam dan menurut mereka agak aneh. Demikian juga dengan Toni. Toni adalah seorang akuntan yang super sibuk yang bekerja pada satu satu perusahaan swasta. Dia tahu kalau yogurt sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dia sangat ingin mengkonsumsi yogurt dengan cara yang praktis dan bisa dijadikan salah satu pilihan sarapan pagi. Toni banyak bertukar pikiran dengan beberapa temannya tentang keinginannya tersebut, and it came out with delicious idea.

Untuk 1 porsi

Bahan

  • 1 cup (125 g) skim yogurt (low fat yogurt)
  • ½ buah jeruk ponkam
  • ½ buah apel
  • 6 sdm orange juice no sugar addition
  • 1 lembar roti gandum kering (potong dadu) (dipersiapkan terlebih dahulu)

Cara membuat

  1. Roti gandum kering: Ambil lembaran roti gandum dan potong dadu. Keringkan dengan oven selama 5-10 menit. Angkat dan dinginkan. Bisa dibuat dalam jumlah banyak dan disimpan jika dibutuhkan lagi. Roti gandum kering bisa tahan lama asalkan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.
  2. Siapkan yogurt dalam mangkuk.
  3. Kupas jeruk ponkam ambil ½ bagiannya. Potong kecil-kecil sambil bijinya dipisahkan. Masukkan potongan jeruk ke dalam mangkuk yogurt.
  4. Apel bisa tidak dikupas tapi dicuci dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan lapisan pestisida di kulitnya. Bagi menjadi dua dan keluarkan bijinya. ½ bagian apel dipotong dadu atau kecil-kecil. Masukkan potongan apel ke dalam mangkuk yogurt.
  5. Masukkan potongan dadu roti gandum kering ke dalam mangkuk yogurt
  6. Tambahkan orange juice, kemudian aduk rata.
  7. YoFast is ready to serve.

Nilai gizi per porsi
Kalori: 226.3 kkal
Protein: 11.5 g
Karbohidrat: 43.3 g
Lemak: 0.8 g

 

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes