mudik tetap sehat

Hindari 4 Hal Ini Agar Mudik Tetap Sehat

Mudik adalah tradisi yang dilakukan banyak masyarakat Indonesia menjelang Lebaran. Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari agar mudik tetap sehat untuk Anda.

Salah satu tradisi Lebaran yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia adalah kegiatan mudik dan balik. Ini adalah tradisi kembali ke kampung halaman untuk ikut merayakan Lebaran dan bersilaturahmi bersama keluarga serta sahabat.

Meski demikian, fitnes mania yang hendak pergi mudik diwajibkan untuk tetap menjaga kesehatan Anda. Baik pada saat akan mudik maupun ketika arus balik. Kedua aktivitas tersebut membutuhkan kondisi tubuh yang prima, terlebih apabila Anda mengemudi kendaraan sendiri.

Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengajak para pemudik untuk tetap sehat melalui gerakan GEMES, Gerakan Mengemudi Sehat. Gemes adalah suatu gerakan yang mengajak para pengemudi untuk tetap sehat selama di jalan dan selamat sampai tujuan.

Mudik Tetap Sehat dengan Menghindari 4 Hal Ini

mudik tetap sehat

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda hindari agar acara mudik tetap sehat dan selamat sampai tujuan.

1. Jangan Berkendara Saat Kondisi Tubuh Menurun

Artinya, ketika kondisi tubuh Anda menurun, sebaiknya hentikan sebentar mobil Anda. Karena berkendara dalam kondisi tubuh tersebut, ada banyak hal yang mengancam kesehatan dan juga nyawa Anda dan keluarga.

Kondisi tubuh yang menurun ada banyak sebab. Seperti terserang penyakit, mengantuk, dan juga kelelahan akibat terlalu lama mengemudi.

2. Hindari Asap Rokok

Secara umum, rokok dan asap rokok tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Dan hal ini juga berlaku ketika Anda berkendara.

Ketika Anda mudik dan berkendara, sebaiknya hindari asap rokok karena dapat mengganggu perjalanan Anda. Serta Anda juga wajib untuk menghindari minuman yang beralkohol pada saat bekendara karena dapat menurunkan tingkat konsenstrasi Anda.

3. Istirahat Setiap 4 Jam

mudik tetap sehat

Ingat, kunci utama dalam bekendara saat arus mudik adalah kesehatan dan keselamatan bersama. Jadi sebaiknya jangan terlalu lama untuk berkendara karena tubuh juga perlu istirahat. Waktu yang disarankan untuk berkendara maksimal adalah istirahat setiap 4 jam berkendara.

Dengan istirahat yang cukup, akan menghindarkan Anda dari kelelahan dan juga rasa ngantuk.

Tidak sedikit dari pengemudi yang merasa nyeri pada leher karena terlalu lama mengemudi. Keluhan seperti ini biasanya diakibatkan karena ada peradangan pada sendi tulang belakang.

4. Jangan Menahan Kencing Terlalu Lama

Menahan kencing yang terlalu lama juga kurang baik bagi kesehatan Anda. Terutama apabila Anda perempuan karena lebih berisiko mengalami radang kantung kencing. Hal ini dikarenakan perempuan memiliki uretra yang lebih pendek daripada pria. Pada kondisi ini lebih mudah bagi kuman untuk menginfeksi.

Jadi sebaiknya setiap bertemu dengan rest area, manfaatkanlah tempat tersebut untuk beristirahat dan ke kamar kecil.

Mudik Tetap Sehat dan Segar dengan Kafein

mudik tetap sehat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kafein adalah salah satu stimulan paling populer di dunia. Dalam dunia fitnes, kafein terkenal akan manfaatnya sebagai pendongkrak energi selama berlatih.

Kafein secara alami bisa Anda temukan seperti pada kopi, the, cokelat, yerba mate, atau cokelat.

Kafein telah terbukti dapat merangsang kerja sistem saraf pusat yang meliputi sumsum tulang belakang, otak, dan saraf. Efek ini akan membantu Anda melawan kelelahan dan rasa kantuk serta dapat meningkatkan konsentrasi.

Pastinya manfaat tersebut sangat mendukung aktivitas mudik maupun balik Anda nanti. Karena mudik membutuhkan waktu yang berjam-jam, maka faktor kelelahan hampir pasti akan Anda alami.

Apabila perjalanan Anda jauh, maka direkomendasikan bagi Anda untuk mengonsumsi kafein karena dapat membuat Anda merasa lebih segar dan berenergi. Selain itu, kafein juga memiliki manfaat sebagai antioksidan sehingga membantu melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.

Namun perlu diingat, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang cukup. Yang direkomendasikan adalah 300 mg per hari atau setara dengan sekitar empat cangkir kopi.

Segenap redaksi www.DuniaFitnes.com mengucapkan,
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir & Batin

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes