stres menurunkan berat badan

Hubungan Stres Dengan Berat Badan

Bertambah atau berkurangnya berat badan seseorang banyak ditentukan olahraga atau asupan makanan. Tak hanya itu saja, stres juga dapat disebut sebagai penentu naik atau turunnya berat badan. Mengapa demikian?

stres menurunkan berat badan

Banyak yang masih beranggapan jika yang berhubungan dengan stres adalah yang memicu penurunan berat badan. Namun berdasarkan penelitian dan fakta, banyak juga orang yang mengalami stres justru meningkatkan berat badan mereka.

Para ahli bedah mengatakan bahwa stres memang bisa berdampak pada menurunkan atau meningkatkan berat badan. Hormon stres atau yang disebut kortisol, merupakan hormon yang menentukan apakah stres dapat berakibat penurunan berat badan atau justru meningkatkan.

Stres = Tingkatkan Berat Badan

Terlalu banyak hormon stres atau kortisol dapat memperlambat proses metabolisme. Tentu, hal inilah yang dapat meningkatkan berat badan.

Yang perlu diwaspadai adalah:

– Dapat memunculkan emotional eating atau makan secara berlebihan karena emosi atau trauma. Jika tidak mendapat perawatan atau pendampingan khusus, bisa berujung pada obesitas.
– Stres yang terlalu lama dapat mempengaruhi kadar gula darah. Dan hal ini rentan dengan penyakit jantung dan juga obesitas.
– Tingkat stres yang tinggi sering dikaitkan dengan penumpukan lemak di perut, terutama bagi mereka yang memiliki kecenderungan untuk menambah berat badan.
– Ketika sedang stres, beberapa orang cenderung untuk tidak melakukan latihan atau olahraga. Padahal, berkurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Stres = Turunkan Berat Badan

Banyak orang yang mengalami stres sering berdampak pada penurunan berat badan. Namun, hal ini juga tidak baik karena penurunan berat badan bukan dari keinginan sendiri.

Yang perlu diwaspadai:

– Ketika mendapat tekanan, banyak orang tidak merasa lapar sehingga makan lebih sedikit daripada biasanya atau kehilangan nafsu makan. Jika hal ini terus berlanjut, tentu juga bisa berdampak tidak sehat pada tubuh.
– Banyak orang yang berhenti makan atau bersosialisasi ketika berada dalam tekanan atau stres. Hal ini dapat berakibat pada hilangnya massa otot yang menjadi penyebab penurunan badan secara drastis.
– Depresi ataupun stres dapat membuat orang kehilangan atau kekurangan minat pada apapun. Efeknya tentu saja cenderung dapat menurunkan berat badan secara drastis.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Cara Ampuh Untuk Mengatasi Stres

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes