sakit perut

Identifikasi Sakit Pada Perut Anda Melalui Gejalanya

Rasa nyeri, perih, mules, dan lain sebagainya mungkin pernah Anda rasakan ketika Anda mengalami gangguan pencernaan pada perut Anda. Ya, masalah pencernaan mungkin sangatlah mengganggu. Banyak hal pemicu yang menyebabkan gejala-gejala ini muncul. Setiap titik di mana perut itu merasakan nyeri, maka akan menandakan penyebab yang berbeda pula.

Abdominal Pain

Untuk itu, sangat perlu sekali untuk mengenali gejala sakit perut yang Anda alami. Hal ini tentunya juga terkait dengan langkah atau tindakan pengobatan yang akan Anda ambil nantinya. Untuk itu, berikut adalah informasi untuk mengenali gejala sakit pada perut Anda.

Sakit Karena Gas Perut

Anda mengalami sakit yang begitu tajam, dan mengalami nyeri menikam yang terjadi di beberapa titik bagian perut Anda. Kembung dan bersendawa juga akan datang menghampiri Anda. Hal itu adalah sakit perut yang disebabkan karena pembuangan gas yang dihasilkan dari proses pencernaan di dalam perut Anda. Secepat sakit itu datang, secepat itu pula rasa sakit itu tiba-tiba akan pergi.

Sembelit

Kram, nyeri perut bagian bawah, tidak lancar ketika buang feses, kembung adalah tanda-tanda dari sembelit.

Alergi Makanan

Sakit perut berulang atau kram ketika Anda mengonsumsi makanan tertentu adalah gejala utama dari alergi makanan. Gejala lainnya misalnya seperti muntah, diare, dan mulas. Kadang-kadang tidak hanya perut, melainkan juga akan mempengaruhi bagian tertentu tubuh Anda. Bukan hanya itu, Anda mungkin juga akan mengalami gatal, atau memiliki kesulitan bernapas, dan dada akan terasa sakit. Pada beberapa orang, tekanan darah akan menurun secara tiba-tiba. Itulah sebabnya, Anda perlu mengidentifikasi penyebabnya dengan langsung mengonsultasikannya pada dokter kepercayaan Anda.

Virus

Jika Anda mengalami rasa sakit akibat virus, maka Anda akan mengalami rasa sakit di lebih dari setengah perut Anda. Perut Anda akan merasakan mual, muntah dan diare. Beberapa kasus juga akan mengalami bengkak pada kelenjar getah bening dan demam.

Periode Menstruasi

Beberapa wanita memiliki rutinitas menyakitkan terkait dengan periode menstruasi. Anda yang mengalami gejala ini akan merasakan kram pada perut bagian bawah dan sakit perut yang datang dan pergi. Rasa sakit kadang-kadang meluas ke bagian belakang tubuh Anda.

Infeksi Saluran Kemih

Rasa sakit ini biasanya dalam bentuk tekanan atau kram di perut bagian bawah, dan kadang-kadang di bagian belakang tubuh. Tanda-tanda lain penyakit ini adalah urin berdarah dan berbau busuk, dorongan untuk buang air kecil sering, demam, menggigil, dan merasa kelelahan. Produktivitas ginjal pun juga akan terpengaruh.

Hernia

Penyakit hernia merupakan salah satu penyakit yang ditunjukkan dengan tonjolan yang terjadi pada viskus melalui satu lubang yang ada di dalam kavitas letak di mana visera berada. Gejala dari penyakit ini, Anda akan merasakan mual dan nyeri yang sangat menyiksa pada letak di mana terjadinya hernia. Memang, ketika otot Anda sedang tegang maka benjolan ini akan menampakkan diri. Sebaliknya, jika otot Anda mengendur, maka benjolan ini akan hilang. Kadang rasa nyeri yang disebabkan karena hernia juga bisa merambah ke bagian perut disertai dengan kembung.

Batu Empedu

Batu empedu adalah kolesterol padat atau pigmen partikel yang terbentuk di kandung empedu. Apa yang menyebabkan batu empedu? Beberapa faktor penyebabnya adalah obesitas, lebih tinggi tingkat estrogen, obat-obatan kolesterol, diabetes, atau bahkan jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan dengan cepat namun dengan cara yang salah, maka penyakit ini juga mungkin terjadi pada Anda. Gejala utama penyakit ini seperti halnya, sakit perut, mual dan muntah. Rasa sakit dimulai di perut bagian atas dan kemudian menyebar ke atas punggung yang berlangsung selama beberapa jam. Solusinya adalah melakukan bedah medis untuk mengambil kandung empedu.

Batu Ginjal

Anda mulai mengalami gejala hanya ketika batu bergerak dalam ginjal atau melewati ke ureter. Rasa sakit parah di sisi di bawah tulang rusuk akan menyebar ke perut bagian bawah dan selangkangan. Rasa sakit biasanya terjadi di dalam perut bagian bawah. Bersama dengan rasa sakit ini, Anda mungkin juga akan mengalami rasa sakit saat buang air kecil. Urin berbau busuk dan bisa merah atau berwarna cokelat. Mual dan muntah adalah gejala khas dari batu ginjal.

Usus Buntu

Meskipun tampaknya tidak memiliki tujuan yang sangat vital bagi tubuh manusia, namun ketika meradang akan menyebabkan hal yang sangat tidak menguntungkan bagi Anda. Radang usus buntu akan menyebabkan rasa sakit di sisi kanan dan bawah perut Anda. Karena di sisi itulah, bagian usus buntu berada. Rasa sakit dimulai di sekitar pusar dan kemudian bergerak ke sisi kanan perut. Mual, muntah, sembelit atau diare, kehilangan nafsu makan, dan demam kelas rendah adalah gejala dari usus buntu.

Kanker Pankreas

Sering sakit di sekitar perut bagian tengah adalah salah satu gejala pertama kanker pankreas. Dari waktu ke waktu, sakit akan merambah melalui perut bagian belakang. Rasa sakit dapat datang dan pergi dengan sangat cepat. Gejala lainnya dalam penyakit ini seperti halnya kembung, mual, muntah, gatal, dan pembesaran kelenjar getah bening di leher. Gejala ini akan berkembang mengikuti perkembangan dan penyebaran kanker yang keadaannya semakin buruk. Hal ini membuat Anda sulit untuk mengobatinya.

Informasi-informasi sangat penting untuk Anda ketahui. Untu itulah, mulai sekarang jangan sepelekan nyeri ataupun gejala-gejala yang muncul pada perut Anda. Sekali Anda mengabaikannya, maka hal tersebut bukan hanya akan mengancam kesehatan Anda, melainkan juga nyawa menjadi taruhannya. (gie)

BACA JUGA: Percepat Metabolisme untuk Anda Yang Bertubuh Tambun

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes