Ingin Memulai Yoga? Simak Tipnya!

Banyak orang bilang, yoga bukan hanya sebuah aktifitas kebugaran, tetapi juga sebuah perjalanan hidup. Untuk para pemula, Anda sebaiknya jangan bertujuan hanya ingin menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh fisik yang indah, jika ingin memulai yoga.

Setiap masalah medis tertentu harus didiskusikan terlebih dahulu dengan guru yoga sebelum memulainya. Ini akan membantu guru yoga dalam menyesuaikan jenis gerakan yang sesuai dengan kondisi medis dan spesifikasi Anda. Berikut adalah beberapa tip yang harus diingat, seperti dikutip Health.India.com:

  1. Jagalah konsistensi
    Seperti kata pepatah terkenal, dokter pertama memberikan resep, dokter kedua memberikan opini dan dokter ketiga membawa Anda ke kematian. Jadi, Anda sebaiknya jangan berpindah-pindah sekolah dan mengganti-ganti gaya yoga atau guru, karena hal ini akan menciptakan ketidakstabilan dalam diri dan justru menggagalkan manfaat dari yoga.
  2. Bersabar
    Kemajuan tidak akan langsung terjadi, tetapi secara bertahap. Pemula sebaiknya jangan mengharapkan hasil terlalu dini dan terus dilanjutkan meski kemajuan yang terjadi lambat.
  3. Cari guru yoga yang tepat
    Pilihlah guru yoga yang tepat dan memiliki pengetahuan tentang yoga demi mendapatkan manfaat maksimal dari latihan ini.
  4. Kenakan pakaian longgar dan menjaga kebersihan yang benar
    Pemula sebaiknya mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan katun, karena akan membantu sirkulasi energi prana dalam diri. Bahan lycra, pakaian yang ketat dan warna gelap justru akan menyempitkan aliran energi dan tidak memungkinkan seseorang untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari yoga. Dianjurkan juga untuk mandi sebelum beryoga, seperti membersihkan tubuh agar lebih mudah menerima energi positif. Jika tidak ada waktu untuk mandi sebelum beryoga, Anda harus menyelipkan waktu 30 menit antara akhir kelas dan ke kamar mandi.
  5. Beberapa hal penting lainnya untuk beryoga:
    • Buah hanya dikonsumsi saat 30 menit sebelum beryoga atau 15 menit setelahnya.
    • Hindari memakai parfum, karena akan mengganggu latihan pernapasan dan juga tidak dianjurkan.
    • Ponsel dan perangkat elektronik lainnya harus dimatikan atau dalam mode “silent” dan disimpan pada jarak yang cukup jauh demi menghindari gangguan.
    • Sebaiknya, beryoga jangan dilakukan di bawah kipas angin listrik.
    • Setiap orang harus membawa matras sendiri. Ini bukan hanya untuk tujuan higienis tetapi juga untuk menghindari kontak pribadi dengan murid lainnya.
    • Murid harus tiba di kelas yoga tepat waktu untuk menghindari mengganggu guru dan murid lainnya. Murid juga harus selalu berterima kasih kepada guru di awal dan akhir kelas.

Cobalah untuk menyadari dan tidak menganggap yoga itu sebagai alternatif dari nge-gym. Ketika seseorang melakukan yoga, ia memulai perjalanan penemuan jati diri dan pertumbuhan spiritual, serta mengalami perubahan baik dari fisik dan mental dari waktu ke waktu. Selamat mencoba! (jay)

BACA JUGA : 5 Latihan Praktis di mana Saja

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes