Ingin Mudik Bersama Keluarga Tetap Sehat? Coba Cara Ini

Libur mudik tahun ini mungkin akan segera tiba mulai pekan depan dan bagaimana dengan persiapan mudik Anda ? pasti Anda ingin mudik tahun ini nyaman, aman dan sehat bukan?

Ingin Mudik Bersama Keluarga Tetap Sehat Coba cara ini

Atmosfer mudik tahun ini sepertinya sudah mulai terasa sejak H-10 ini, dengan ditandai jalan-jalan utama yang sudah mulai lenggang dan antrian kendaraan umum yang mulai mereda.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mulai mempersiapkan segalanya, mulai dari kendaraan, tiket transportasi umum dan keuangan Anda tentunya, tetapi sudahkan Anda mempersiapkan kesehatan Anda?

Nah, berikut 5 tip agar mudik Anda tetap nyaman dan sehat bersama keluarga :

Cukup tidur

Usahakan tidur minimal 6 – 8 jam sebelum melakukan perjalanan, kerana dengan cukup tidur tenaga akan terkumpul dan tubuh Anda tidak lemas serta cepat merasa lelah ketika sedang dalam perjalanan khususnya bagi Anda yang mengemudi. Bagi yang menggunakan kendaraan umum manfaatkanlah waktu perjalanan untuk tidur , namun perlu juga diperhatikan posisi tidur agat tak terhindar dari kesemutan atau kram.

Jangan melewatkan waktu sahur

Mudik pasti dilakukan pada saat berpuasa, maka dari itu manfaatkan waktu sahur sebaik mungkin dengan mengisi perut Anda dengan makanan. Bukan alasan ketika mudik tidak berpuasa, walaupun memang ada kompensasi agama untuk tidak berpuasa pada saat melakukan perjalanan, namun apabila Anda mempersiapkan diri dengan baik, pasti mudik Anda tidak akan mengganggu ibadah puasa Anda.

Konsumsi makanan bergizi

Pilihlah makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber tenaga ketika sahur. Konsumsi juga serat yang cukup seperti misalnya sayur dan buah untuk menjaga pencernaan Anda selama perjalanan. Namun hindari juga beberapa makanan yang mengakibatkan perut kembung seperti misalnya buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, dan telur.

Konsumsi kadar air yang cukup

Macet dan panas pasti akan menemani perjalanan mudik Anda dan rasa haus pun tak terelakan, agar terhindar dari haus dan dehidrasi pada saat mudik, disarankan agar mengonsumsi kadar air yang cukup pada saat sahur. Air bisa didapatkan bukan hanya dari air putih mineral saja, namun juga bisa Anda peroleh dari buah-buahan yang mengandung banyak air.

Berolahraga

Ada baiknya Anda untuk berolahraga minimal 3 hari sebelum melakukan perjalanan seperti misalnya jogging kecil setelah sahur selama 30 menit, hal ini untuk merenggangkan otot-otot Anda dan membuat tubuh Anda tetap bugar ketika mudik nanti. Karena pada saat mudik Anda cenderung akan lebih banyak duduk, dan sedikit bergerak yang mengakibatkan kaku pada otot serta akan menimbulkan rasa nyeri pada sendi dan bengkak pada bagian tubuh tertentu, terutama kaki Anda.

Well fitness mania, sudah siap untuk mudik ? (boy)

BACA JUGA : Blewah, Segar dan Banyak Manfaat Sehatnya lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes