Ingin Tambah Berat Badan? Wujudkan dengan 10 Cara Ini!

Semua orang membicarakan bagaimana caranya menurunkan berat badan, sedangkan di sisi lain banyak pula yang bertanya “bagaimana caranya menambah berat badan?”

tambah-berat-badan

Seseorang dianggap memiliki berat badan kurang jika BMI (Body Mass Index) nya kurang dari 18.5. Rumus atau cara menghitung BMI sangat mudah, yaitu dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan kuadrat dari tinggi badan dalam meter (kg/m²).

Jika hasil BMI Anda kurang dari 18.5, ini berarti berat badan yang Anda miliki masih kurang. Nah, agar berat badan Anda bertambah, berikut 10 cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan berat badan ideal impian Anda.

Perbanyak Asupan Kalori

Massa otot dan tambahan berat badan dapat diperoleh dengan mengasup lebih banyak kalori. Untuk pria dengan aktivitas ringan kurang lebih membutuhkan 2.200 kalori per hari. Sedangkan wanita membutuhkan 1.900 kalori perhari. Jika ingin berat badan Anda bertambah, Anda harus mengasup kalori tambahan sebesar 1000 kalori. Jumlah ini berbeda pada setiap orang karena kebutuhan kalori tiap orang berbeda tergantung dari beberapa faktor seperti tingkat aktivitas, tinggi badan, usia, gender dan sebagainya.

Makan 5-6 kali Sehari

Orang tua jaman dulu sering menasihati kita, kalau ingin cepat besar harus lebih sering makan. Sepertinya nasihat tersebut ada benarnya, terutama bagi Anda yang ingin menambah berat badan. Makan 5-6 kali atau makan setiap 2-3 jam dapat membuat metabolisme tubuh terjaga. Dan yang terpenting jangan melewatkan waktu makan Anda!

Tingkatkan Asupan Protein

Untuk membangun otot dan menambah berat badan, Anda harus fokus pada konsumsi protein tinggi, yaitu setidaknya sebanyak 1,5 hingga 2 gram protein per kilogram berat badan. Cara terbaik untuk mendapatkan protein adalah dengan mengkonsumsi makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, telur dan susu.

Variasi Nutrisi

Jangan terpaku pada satu nutrisi yang menurut Anda bisa membantu menambah berat badan. Tapi asuplah nutrisi yang bervariasi dari makanan yang Anda konsumsi. Karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral semua nutrisi ini memainkan peran penting dalam usaha menambah berat badan.

Say No To Bad Fat

Stigma negatif akan lemak seringkali membuat kita menghindarinya. Padahal kenyataannya tidak harus selalu demikian. Lemak merupakan makro-nutrien yang tetap dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak baik, seperti omega-3 dan omega-6. Hindarilah makanan yang mengandung lemak jahat. Lemak jahat terdapat dalam makanan yang mengandung asam lemak jenuh yang tinggi, lemak trans (trans fat), dan kolesterol.

Ngemil Lebih Sering

Jika Anda hobi ngemil sebaiknya Anda tetap pertahankan kebiasaan Anda ini. Dengan syarat camilan yang Anda konsumsi adalah camilan sehat. Contohnya, kacang-kacangan, protein bar, buah segar, biskuit gandum, yogurt dan masih banyak lagi.

Minum Banyak Air

Cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum 8-10 gelas air setiap hari. Agar berat badan Anda cepat bertambah, konsumsilah minuman berkalori seperti susu, jus buah, dan minuman isotonik yang sehat.

Latihan Beban

Anda mungkin sudah melakukan latihan beban untuk menambah berat badan. Namun latihan Anda tidak juga membuahkan hasil. Bisa saja latihan yang Anda lakukan kurang tepat. Latihan compound seperti squat adalah latihan yang baik dilakukan untuk emnambah berat badan. Latihan compound memungkinkan persendian dan otot Anda terlatih secara bersamaan. Saat berlatih squat misalnya, Anda bisa melatih otot pinggul, lutut, dan engkel secara bersamaan. Push up dan bench press juga bisa menjadi cara yang tepat untuk menambah berat badan. Latihan ini berguna untuk menambah massa otot di bagian dada dan lengan Anda.

Latihan Lebih intens dan lebih Pendek

JikaAndamemiliki tingkatmetabolisme tinggiyang berarti Anda mengeluarkan banyak energi bahkan pada saat istirahat, yang Anda perlukan adalah latihan intensif dalam jangka pendek. Bukan latihan jangka panjang yang memiliki intensitas rendah.

Sabar dan Konsisten

Menambah berat badan bukanlah proses instan yang bisa diraih hanya dalam hitungan hari. Usaha ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan dari Anda. Ingatlah bahwa tubuh Anda hanya akan bereaksi terhadap sesuatu yang bersifat konsisten. So, tetaplah konsisten dan bersabar demi keberhasilan Anda.

BACA JUGA : PANDUAN LATIHAN & DIET BAGI PENDERITA OBESITAS

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes