Studi : Sering Minum Susu Tak Jamin Anda Kebal dari Patah Tulang

Ini Caranya Tetap Sehat dan Bugar Tanpa Perlu Datang ke Gym

Tidak semua orang bisa datang ke gym setiap waktu. Mereka banyak disibukkan dengan rutinitas kantor. Kenyataannya, kebanyakan dari kita menghabiskan jauh terlalu banyak waktu duduk dan menatap layar ketika sedang bekerja.

ngepel jendela

Walaupun sibuk, setidaknya kita harus tetap bisa menjaga agar tubuh agar tetap sehat dan bugar. Berikut adalah ulasan yang harus Anda lakukan agar tubuh sehat dan bugar tanpa harus mengganggu aktivitas Anda yang padat.

Kurang Bergerak, Picu Obesitas

Banyak di antara kita menghindari tangga dan lebih memilih naik lift jika berada di pusat
perbelanjaan atau perkantoran. Banyak pekerjaan rumah tangga juga diambil alih oleh asisten rumah tangga. Alasan yang paling umum diberikan untuk tidak melakukan kebugaran atau olahraga adalah kurangnya waktu untuk melakukan hal tersebut.

Padahal, kebanyakan ahli kesehatan merekomendasikan dalam seminggu setidaknya kita harus melakukan 150 menit aktivitas fisik dengan intensitas-sedang, atau 75 menit aktivitas dengan itensitas kuat dalam seminggu. Aktivitas apapun akan membantu, tetapi jika Anda memilih menghindari aktivitas-aktivitas tersebut maka risiko Anda terkena penyakit jantung, kanker, dan obesitas juga cukup tinggi.

Aktivitas Keseharian Juga Mampu Bakar Kalori

Jika Anda tidak tertarik untuk pergi ke gym atau berolahraga (survei menunjukkan kurang dari 20% dari kita melakukan hal tersebut), Anda dapat melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit dengan melakukan tugas-tugas rutin mingguan. Aktivitas tersebut bisa dilakukan ketika indoor ataupun outdoor. Anda dapat memulai aktivitas rumah tangga seperti yang biasanya dilakukan. Yakni dengan menyetrika, membersihkan debu, menyapu, dan mengepel.

Sedangkan menyapu dan mengepel merupakan aktivitas fisik dengan intensitas yang cukup kuat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr Andy Blannin, meskipun menyapu dan mengepel tidak termasuk ke dalam aktivitas berat, namun saat melakukan aktivitas tersebut, tubuh akan membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada ketika mereka hanya duduk.

Lakukan Aktivitas Outdoor Agar Tak Bosan

Kebanyakan, beberapa orang menghabiskan rata-rata 37 menit per minggu dengan melakukan aktivitas rumah tangga pada umumnya. Artinya, mereka baru menempuh seperempat dari target yang ditentukan, yaitu 150 menit.Itu sebabnya, aktivitas fisik dapat dilakukan juga ketika outdoor, seperti mencuci mobil, membersihkan jendela, memotong rumput, ataupun berkebun dengan menanam bunga di taman. Aktivitas outdoor juga dapat membuat pikiran Anda juga lebih segar. Hasilnya mengejutkan, aktivitas tersebut dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan menyapu dan mengepel.

Meskipun menanam bunga tidak memerlukan banyak bergerak, namun aktivitas tersebut melibatkan kekuatan tubuh bagian atas. Sehingga, dapat membakar energi lebih banyak lagi. Bedasarkan rata-rata dari beberapa orang, aktivitas fisik di luar ruangan menghabiskan rata-rata 72 menit dalam seminggu. Jadi, ketika digabungkan hasil aktivitas fisik ketika indoor dan outdoor total mereka menghabiskan waktu mencapai 109 menit.

Jika Anda Anda memilih kegiatan yang lebih intens, ada berbagai hal yang menurut ringkasan kegiatan fisik dapat Anda lakukan di sekitar taman. Misalnya seperti memotong kayu dan membelahnya, menggali lahan taman baru, dan masih banyak lainnya. Hal tersebut termasuk aktivitas fisik dengan intensitas kuat.

Aktivitas fisik dengan intensitas kuat juga dapat dilakukan dengan menggosok lantai kamar mandi. Gerakan tersebut membutuhkan tenaga yang kuat pada bagian tangan, sehingga dapat membakar energi lebih cepat dan membuat Anda berkeringat.

Salurkan Hobi Sembari Berolahraga

Jika Anda lebih memilih aktivitas fisik yang menyehatkan, maka Anda dapat melakukan sesuatu yang lebih menyenangkan sambil menyalurkan hobi Anda. Misalnya, seperti menari atau senam. Hal itu akan membuat semua bagian tubuh Anda bergerak, dan tentunya membuat Anda lebih banyak menghabiskan energi.

Semuanya terserah kepada Anda untuk memutuskan aktivitas apa yang cocok untuk Anda. Yang jelas, dengan hanya duduk dan bersantai tanpa melakukan aktivitas apapun, maka itu dapat merugikan tubuh Anda sendiri.

Cobalah untuk melakukan aktivitas-aktivitas sederhana tersebut dalam setiap minggu. Lebih baik lagi, jika Anda melakukannya setiap hari dengan berolahraga kecil. Hal itu berguna untuk menjaga kesehatan fisik Anda. Manfaatnya, Anda dapat memeroleh tubuh yang sehat dan bugar. (gie)

BACA JUGA: Hanya Dengan Berjalan, Akan Hindarkan Anda Dari Stres Berat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes