sistem imun tubuh

Ini Dia Cara untuk Perbaiki Sistem Imun Anda

Jika Anda tak berolahraga, maka tubuh Anda pun akan lemah secara fisik. Bukan hanya itu, kesehatan Anda pun juga sering mengalami gangguan. Hal ini dikarenakan performa tubuh Anda yang menurun. Akibatnya, sistem imun Anda juga melemah.

Jendela Sistem imun

Lalu, bagaimana cara untuk memperbaiki sistem imun Anda selain dengan olahraga? Berikut adalah tips untuk menguatkan sistem imun sehingga kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit juga semakin baik.

Kurangi Stres

Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa stres dapat membuat Anda merasa tak bergairah dalam menjalani hidup. Bahkan, stres yang menumpuk bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Beberapa studi menunjukkan, stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dalam memerangi penyakit. Untuk itu, bagi Anda yang ingin agar kekebalan tubuh Anda menjadi kuat, hindari sesuatu hal yang membuat Anda stres. Lakukan lah hobi Anda untuk mengisi waktu untuk menghindarinya.

Perkuat Rasa Persaudaraan

Jangan salah, ikatan sosial yang kuat ternyata juga dapat memiliki efek besar bagi kesehatan Anda. Sebuah penelitian mengatakan, orang dengan hubungan sosial yang kuat memiliki peluang 50 persen lebih untuk bertahan hidup dibandingkan dengan mereka yang menghindari lingkungan sosialnya. Hal ini juga menjadi kesempatan Anda untuk memperluas jaringan Anda dalam hal kemasyarakatan.

Biasakan Berpikir Positif

Jika Anda berpikir yang tidak-tidak dan memikirkan hal yang buruk, maka Anda justru akan memperburuk kesehatan Anda sendiri. Sebaliknya, jika pikiran Anda selalu positif, maka Anda dapat memberikan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Salah satu studi mengatakan, ketika Anda merasa optimis, maka sistem kekebalan tubuh Anda dua kali lipat akan lebih kuat. Untuk itu, luangkan waktu Anda untuk meningkatkan optimisme hidup dengan menikmati hal yang Anda suka.

Selalu Tersenyum dan Tertawa

Memang, jika Anda tertawa tanpa sebab yang jelas, maka hal itu menjadi masalah besar bagi kesehatan mental Anda. Namun, jika terdapat sebab sehingga dapat membuat Anda tertawa, hal itu justru baik. Terlebih, jika Anda dapat tertawa lepas. Sekelompok peneliti mengatakan, tertawa dapat mempunyai fungsi yang kuat untuk menguatkan tingkat kekebalan tubuh Anda. Namun, hal ini asih memerlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya. Walaupun simpang siur, tidak ada salahnya untuk Anda tertawa. Karena, selain tertawa berpengaruh pada mood Anda, ternyata tertawa juga dapat memperbaiki hubungan Anda dengan kerabat Anda.

Konsumsi Makanan dengan Atioksidian Tinggi

Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan antioksidian. Antioksidian yang ada dalam makanan berfungsi untuk untuk melindungi sel-sel Andi dari radikal bebas yang dapat merusak sel. Oleh sebab itu, konsumsi lah buah dan sayuran dengan warna-warna menyala. Seperti halnya jeruk, paprika hijau, brokoli, kiwi dan masih banyak lainnya.

Hindari Junk Food dan Makanan Siap Saji

Sudah banyak disinggung dalam artikel-artikel sebelumnya, bahwa junk food maupun makanan siap saji memiliki dampak buruk bagi kesehatan Anda. Dalam kaitannya dengan sistem imun, makanan ini menyumbang berbagai kandungan lemak yang berlebih bagi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan, junk food dan makanan siap saji tidak banyak menyediakan kandungan vitamin, serat, atau nutrisi lainnya. Bahkan jenis makanan tersebut juga mengandung bahan tambahan dan bahan kimia lainnya yang sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa Anda harus menjauhi jenis makanan ini. Perbaiki menu makanan Anda dengan makanan yang mempunyai sumber nutrisi tinggi.

Miliki Kualitas Tidur yang Baik

Tidur adalah salah satu cara agar Anda memiliki performa tubuh yang baik. Bahkan, ketika tidur, sebagian hormon yang dibutuhkan oleh tubuh akan diproduksi ketika Anda tidur. Ya, salah satunya adalah hormon pertumbuhan. Buka hanya itu, tidur juga memberikan kesempatan untuk organ-organ tubuh Anda agar beristirahat sejenak, sehingga mempengaruhi pula sistem imun Anda. Itulah sebabnya Anda wajib untuk memiliki kualitas tidur yang baik dalam setiap malamnya.

Seperti yang kita tahu bahwa sistem imun ibarat kata adalah benteng yang menghalangi penyakit untuk masuk. Untuk itu, tetap jaga sistem imun Anda agar kekebalan tubuh Anda semakin kuat. (gie)

BACA JUGA: Rekomendasi untuk Anda yang Mudah Terserang Flu

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes