Fakta Virus Ebola,

Ini Dia Fakta Seputar Ebola yang Wajib Anda Ketahui

Virus Ebola pertama kali dilaporkan terjadi di Sudan, Afrika. Infeksi virus ini menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti saat ini. Hampir 80% infeksi virus ini mengakibatkan penderitanya meninggal. Virus ini juga berpotensi untuk terus menyebar ke seluruh dunia.

EBOLA
Penyakit yang disebabkan Virus Ebola yang sebelumnya dikenal sebagai demam Ebola termasuk ke dalam virus filoviridae. Virus ini dikenal menyebar dari hewan ke manusia. Virus ini juga biasanya menginfeksi beberapa hewan liar seperti gorila, kera, simpanse, dan kelelawar. Menurut WHO penyakit ini ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh seperti darah, sekresi keringat, ataupun organ-organ hewan dan orang yang terinfeksi.

Gejala Awal

Gejala awal dapat dirasakan setelah satu minggu virus ini menginfeksi tubuh penderita. Gejala yang paling umum dirasakan antara lain sakit kepala, demam, munculnya ruam, sakit perut, muntah-muntah, batuk, dan lain-lainnya. Sangatlah sulit untuk mengidentifikasi penyakit ini pada tahap awal karena gejalanya mirip dengan gejala penyakit lainnya. Diagnosis biasanya dibuat berdasarkan hasil tes DNA dan Virus Ebola.

Gejala yang bisa dirasakan selanjutnya adalah gangguan hati, gangguan fungsi ginjal, muntah berdarah, diare. Penderita virus ini biasanya akan mengalami kerusakan kardiovaskular dan kemudian bisa meninggal.

Siapa Saja Yang Berisiko Terinfeksi Virus Ini?

Orang-orang yang berisiko tinggi terinfeksi Virus Ebola adalah keluarga dari orang yang terinfeksi dan pekerja kesehatan yang berada dalam kontak langsung dengan orang-orang yang terinfeksi. Orang yang berkontak langsung dengan daging hewan yang terinfeksi Virus Ebola juga sangat rentan terhadap risiko penyakit ini.

Fakta Penting Tentang Virus Ebola

Berikut adalah fakta-fakta penting tentang Virus Ebola yang banyak menjadi perbincangan dunia saat ini :

1. Ebola Memiliki Risiko Kematian yang Tinggi
Menurut WHO, manusia yang terserang virus ini kebanyakan berakhir dengan kematian. Ada 1.711 kasus Virus Ebola yang telah dilaporkan, sebanyak 932 orang telah meninggal karenanya. Ada kemungkinan bahwa warga negara asing yang telah berkunjung ke daerah terinfeksi ini juga bisa pembawa virus mematikan ini.

Ada laporan bahwa bahkan petugas kesehatan yang merawat pasien penderita Ebola juga terinfeksi oleh virus karena kontak kulit. Dr Sheik Umar Khan kepala perawatan Virus Ebola di Sierra Leone dan Dr. Samuel Brisbane, kepala pengobatan Ebola di Liberia baru-baru ini telah meninggal setelah mengobati pasien yang menderita penyakit Ebola. Jadi, Virus Ebola adalah virus yang sangat berbahaya dan mematikan.

2. Tidak Ada Vaksin yang Bisa Mencegah Virus Ebola Ini
Vaksin untuk mencegah infeksi Ebola ini belum diuji pada manusia. Alasan utama di balik ini semua adalah tidak ada orang yang bersedia untuk disuntik dengan vaksin Ebola ini. Vaksin yang telah dikembangkan sejauh ini telah sangat efektif dalam mencegah Ebola pada hewan.

3. Belum Ada Obat yang Bisa Mengobati Ebola
Saat ini belum ada obat yang bisa mengobati virus ini. Pengobatan terbaik yang dapat diberikan sejauh ini adalah perawatan intensif didukung oleh petugas kesehatan yang selalu siaga. Hal ini dapat dilakukan di rumah sakit di bawah prosedur pengendalian yang ketat.

4. Ebola Menyerang Seluruh Bagian Tubuh
Serangan Virus Ebola membutuhkan sel inang untuk menyebar. Virus ini menginfeksi hampir semua bagian tubuh kecuali tulang dan otot rangka.

Cara Menghindari Infeksi Virus Ebola

Berikut ini adalah cara yang Anda dan orang-orang yang berhubungan dengan pengobatan pasien Ebola ini agar tidak terinfeksi Virus Ebola:

• Petugas kesehatan harus mengikuti bimbingan dan aturan pengendalian infeksi yang direkomendasikan oleh WHO ketika mereka melakukan perjalanan ke daerah-daerah Ebola terpengaruh serta mengobati pasien Ebola.
•Bagi para wisatawan harus berhati-hati dan ekstra hati-hati ketika mengunjungi negara-negara yang telah terinfeksi oleh Virus Ebola.
•Jika Anda telah tinggal di daerah terinfeksi Virus Ebola, maka Anda harus waspada dengan gejala yang berhubungan dengan penyakit ini.

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, maka Anda tidak perlu ragu untuk mencari perhatian medis segera. Kita harus selalu waspada terhadap semua gejala penyakit virus ini. Periksakan diri Anda apabila merasakan gejala-gejala yang telah disebutkan tadi. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Faktor Penyebab Migrain Yang Wajib Anda Ketahui

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes