Ini Dia Tips Singkirkan Hama Rumah dengan Cara Alami!

Cuaca yang berubah-ubah dan naiknya suhu membawa berbagai perubahan dalam pola pembiakan hama dan serangga. Kemudian, Anda mulai melihat kecoa yang berjalan dalam dan keluar dari dapur meningkatnya populasi nyamuk.

Headline Ampuh

Memang, mengatasinya dengan cara kimiawi akan terbukti ampuh. Namun, tidak dengan kesehatan Anda. Saat menghirup obat kimia untuk hama, maka banyak efek samping yang sangat beracun, hingga dapat menyebabkan kematian. Lalu, Bagaimana Menyingkirkan Hama-hama Tersebut?

Kecoa

Mereka diketahui menyebabkan penyakit seperti infeksi saluran rinary, masalah pencernaan, dan sepsis. Kecoa juga termasuk salah satu jenis serangga yang sangat tangguh dan kebal terhadap langkah-langkah pengendalian hama tertentu. Menggunakan borax adalah cara yang paling efektif untuk menyingkirkannya. Hanya mencampurkan tepung terigu, borax, dan menambahkan air sedikit makan akan mirip seperti adonan roti. Taruh sedikit adonan di lantai-lantai dengan rongga-rongga kecil yang biasa digunakan kecoak untuk sarang.
Peringatan bagi Anda, bahwa borax jangan sampai tertelan. Hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatan dan harus di jauhkan dari jangkauan bayi dan anak-anak.

Nyamuk

Hewan ini sering kali sebagai pemicu penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah, cikungunya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan memakai bahan insektisida secara cepat akan cepat memberantas koloninya. Namun, insektisida juga mempengaruhi kesehatan Anda. Itulah sebabnya Anda harus memilih cara alami lainnya. Misalnya, dengan menggunakan minyak neem. Di Indonesia, neem disebut juga dengan intaran. Yakni daun yang memiliki bentuk gerigi dan merupakan pohon kayu. Pohon neem atau intaran ini biasanya tumbuh di liat atau sering pula digunakan sebagai pohon perindang di pinggir-pinggir jalan.

Studi menunjukkan bahwa hanya dengan mencampurkan minyak neem dengan minyak kelapa dalam rasio 1:1 adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan nyamuk. Ini juga bermanfaat sebagai anti-jamur, anti-virus dan anti-protozoa. Bau yang ditimbulkan dari neem, nyamuk tidak menyukainya. Hanya dengan mengoleskannya pada kulit Anda, maka akan menghindarkan Anda dari gigitan nyamuk.

Lalat

Apakah Anda tahu bahwa lalat mampu mentransmisikan lebih dari 60 penyakit seperti diare, tipus, kolera, dan gastroenteritis? Kaki lalat yang biasa hidup di kotoran dapat berbahaya ketika menyentuh makanan. Ini juga yang dijadikan perantara oleh lalat untuk menanamkan penyakit pada benda-benda yang disentuhnya.

Terdapat Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk Mengusir Hama-hama mengganggu tersebut. Berikut adalah informasinya:

1.) Membersihkan Setiap Permukaan dengan Desinfektan
Mmbersihkan rumah dan tempat kerja (terutama tempat di mana atau makan atau memasak) secara tearatur dengan larutan desinfektan yang baik. Pembersih atau klorin yang berbasis pembersih adalah pilihan terbaik untuk Anda.

2.) Buang Sampah dengan Benar
Jangan membuang sampah secara sembarangan. Pilihlah tempat untuk menimbun sampah jauh dari jangkauan tempat berkumpulnya keluarga Anda. hal ini dikarenakan, sampah adalah tempat favorit untuk kembang biak lalat. Untuk itu, Anda perlu membuang sampah ke TPA untuk memutus sumber kembang biaknya.

3.) Selalu Simpan Makanan di tempat yang ‘Aman’
Simpanlah semua bahan makanan pada tempat yang tertutup. Ini juga berlaku untuk buah-buahan, dan makanan-makanan lainnya. Hal ini juga akan membantu menghilangkan lalat buah dari lingkungan rumah Anda.

Selamat mencoba semoga berhasil. (gie)

BACA JUGA: Latihan untuk Usir Cedera Pada Pergelangan Tangan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes