waktu terbaik berolahraga

Ini Dia Waktu Terbaik Anda untuk Berolahraga

Jika Anda menginginkan tubuh yang sehat dan bugar, olahraga adalah kuncinya. Olahraga juga merupakan obat dari stress dan kebosanan Anda. Jika menyinggung waktu terbaik berolahraga, sebenarnya setiap saat adalah waktu yang baik. Namun, tahukah Anda, di saat-saat tertentu, olahraga justru akan menjadi maksimal dan Anda pun juga lebih akan merasakan dampaknya.

Sipp

Berikut adalah waktu-waktu terbaik berolahraga yang DuniaFitnes.com rekomendasikan untuk Anda.

Pagi Hari

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa waktu terbaik berolahraga adalah di pagi hari. Bahkan, berolahraga di pagi hari sudah mendarah daging bagi masyarakat kita. Bukan hanya tradisi, namun manfaat berolahraga di pagi hari telah dibuktikan melalui beberapa studi.

Penelitian menunjukkan, jika seseorang yang terbiasa setelah bangun pagi menjalankan olahraga, maka Anda memiliki kekuatan pembakaran kalori yang lebih tinggi. Bukan hanya itu, dengan berolahraga di pagi hari, tubuh akan mendapat energi lebih dari metabolisme tubuh yang baik untuk menghasilkan energi yang Anda gunakan seharian. Udara di pagi hari yang segar dan sejuk merupakan faktor pendukung mengapa olahraga di pagi hari menjadi favorit sebagian besar orang.

Sore Hari

Selain pagi hari, waktu lainnya yang baik untuk berolahraga yakni ketika matahari sedikit tergelincir ke barat. Berdasarkan penelitian dari beberapa sumber, sekitar pukul empat satu lima sore, tubuh akan berada di suhu tertinggi. Untuk itulah, tubuh akan mampu merasakan manfaatnya jika Anda melakukan olah raga dengan maksimal. Inilah yang akhirnya menjadikan otot lebih fleksibel dan menjadikan stamina Anda optimal, sehingga latihan terasa mudah.

Saat Anda Merasa Lelah

Waktu terbaik berolahraga selanjutnya adalah ketika Anda lelah. Rutinitas keseharian biasanya menjadikan seseorang malas untuk berolahraga. Dengan alasan lelah, maka mereka sering melupakan olahraga yang padahal justru dapat membuat tubuhnya merasa bugar. Kelelahan setelah menjalankan aktivitas seharian akan hilang dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging atau jenis kardio lainnya. Dengan berolahraga Anda juga dapat memulihkan stamina atau mood di saat kelelahan. Bukan hanya itu, malamnya Anda tentunya akan mempunyai kualitas tidur yang lebih baik.

Ketika Masa Haid

Jelas, ketika massa haid akan membuat wanita malas melakukan aktivitas. Apalagi jika aktivitas tersebut tergolong ke dalam aktivitas dengan intensitas berat. Selain itu, mood Anda juga sedang naik turun, itulah sebabnya banyak wanita yang enggan melakukan olahraga ketika masa haid.

Padahal menurut penelitian, masa haid merupakan waktu yang paling baik untuk rajin berolahraga. Hal ini dikarenakan, tubuh mampu merangsang hormon kebahagiaan lebih banyak. Sehingga, menjadikan wanita merasa lebih kuat dan dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat haid.

Olahraga Ketika Jam Istirahat Kantor

Stress yang saat anda hadapi ketika bekerja akan hilang dengan berolahraga. Bukan hanya itu, berolahraga ketika Anda sedang dalam aktivitas kantor dapat mengembalikan mood Anda ketika bekerja. Ini merupakan cara yang cukup efektif untuk memperoleh badan yang lebih bugar, tanpa mengganggu kinerja Anda di kantor. Tak perlu menggunakan gerakan yang merepotkan, Anda bisa melakukan olahraga dengan simpel.

Misalnya, dengan berjalan cepat atau menuruni tangga 5-10 menit di sekitar kantor. Hal tersebut cukup untuk membantu Anda yang tidak memiliki waktu pergi ke gym. Selain itu menyempatkan berolahraga di kantor juga akan meningkatkan kepekaan mental serta pengaturan waktu dan produktivitas.

Sebenarnya, waktu terbaik berolahraga adalah ketika Anda memutuskan untuk berolahraga. Artinya, dengan Anda mempunyai niat untuk berolahraga, hal tersebut sudah menjadi hal terbaik yang Anda lakukan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.(gie)

BACA JUGA: Olahraga Kurangi Risiko Kematian Pasien Kanker Payudara

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes