akibat pakai sepatu high heels

Ini Lho Akibat Jika Sering Pakai Sepatu High Heels

Setelah artikel sebelumnya Duniafitnes.com membahas tentang bahaya pakaian ketat, kali ini bahasan masih sama, yakni seputar fashion wanita. Entah mengapa, fashion wanita selalu menjadi bahasan yang menarik untuk diulas. Ketika membicarakan fashion wanita, maka hal tersebut tidak akan ada habisnya. Bagi wanita, pakaian tak sekedar kain yang menutupi tubuh.Melainkan, mempunyai simbol-simbol yang mencerminkan pemakainya, bahkan hingga menggambarkan status sosialnya.

Jendela sepatu jinjit

Bukan hanya pakaian, sepatu pun juga menjadi hal yang sama pentingnya, Model sepatu wanita juga bisa menggambarkan pemakainya. Seperti halnya dengan model sepatu high heels, banyak orang berpikiran bahwa semakin tinggi high heels, maka semakin anggun pemakainya. Itulah sebabnya banyak wanita rela menahan sakit di kakinya untuk memakai high heels.

Jika sudah begini, maka bukan hanya untuk kebutuhan fashion, sepatu high heels juga dapat membahayakan kesehatan kaki Anda. Seperti apa bahayanya? Berikut informasinya untuk Anda.

1.) Postur Tubuh Melengkung

Memang, high heels tidak akan menjadi masalah selama dipakai tidak terlalu sering. Namun, jika Anda menggunakannya terlalu sering hal tersebut perlahan akan mengubah postur tubuh Anda. Sehingga, perubahan pada pinggul dan tulang belakang menjadi tak sejajar. Hal inilah yang membuat tubuh Anda terkesan melengkung. Cara jalan Anda pun akan berubah setelah Anda melepas high heels dan berjalan sehari-hari.

2.) Otot Mengecil

Jika Anda mengabaikan rasa sakit, dan tetap menggunakan sepatu high heels, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan memicu masalah pada otot-otot tubuh Anda. Akibatnya, otot-otot tubuh akan mengecil. Bahkan, menurut beberapa sumber penggunaan sepatu high heels terlalu sering dapat memperpendek otot kaki Anda. Penyebab hal ini adalah, karena dengan memakai sepatu high heels, maka Anda akan dipaksa untuk berjalan jinjit.

3.) Gangguan pada Ibu Hamil

Bahkan pada beberapa kasus, terdapat wanita yang memaksakan untuk memakai high heels meskipun dirinya sedang hamil. Hal ini dikarenakan, ketika menghadiri acara-acara formal kita akan dituntut untuk memakai sepatu tersebut. Jika terpaksa, usahakan tinggi sepatu high heels tidak lebih dari 5 cm, sehingga kaki Anda yang saat itu dalam keadaan jinjit tidak menopang begitu berat beban tubuh Anda.

Ketika hamil dan memakai sepatu high heels, maka Anda akan lebih rentan terserang sakit punggung. Hal ini dikarenakan, ketika hamil wanita akan meningkatkan produksi hormon relaxin yang dihasilkan dari indung telur. Kondisi ini semakin parah jika Anda menggunakan high heels. Akibatnya, akan memberikan ketegangan pada punggung Anda. Keseimbangan karena peningkatan berat badan anda ketika hamil ditakutkan akan mempengaruhi cara jalan anda sehingga mengakibatkan anda keseleo.

4.) Berisiko Terkena Tumor Jinak

Sepatu yang nyaman adalah sepatu yang mempunyai ukuran pas dengan bentuk kaki Anda. Itulah sebabnya, akan lebih baik jika Anda membeli sepatu dengan kualifikasi tersebut. Selain demi kenyamanan Anda, hal tersebut juga untuk kesehatan Anda. Jika bentuk sepatu Anda terlalu sempit di bagian jarinya, maka bisa dipastikan hal itu akan menimbulkan penyempitan. Apalagi jika Anda memperparahnya dengan hak sepatu yang tinggi, hal tersebut akan mengakibatkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki ke tiga dan keempat. Sehingga, menimbulkan rasa nyeri pada jari sehingga memicu tumor jinak.

5.) Rentan Keseleo

Sudah jelas, jika Anda sering menggunakan sepatu high heels maka Anda pun juga akan lebih berisiko mengalami keseleo pada bagian kaki Anda. Untuk itu, agar Anda tak mengalaminya, pilihlah sepatu high heels yang mempunyai hak lebih pendek.

6.) Iritasi dan Penebalan Kaki

Jika Anda tak ingin mengalami iritasi dan penebalan kulit pada bagian kaki Anda, maka hindari menggunakan high heels lebih dari dua jam. Iritasi dan penebalan pada bagian kaki disebabkan karena telapak kaki terus bersinggungan dengan sepatu.

7.) Berisiko Terkena Neuroma

Neuroma sendiri adalah pertumbuhan jaringan di bawah jari kaki yang mengakibatkan rasa sakit yang hebat.

Memang dengan menggunakan high heels, wanita selalu ingin menunjukan feminimnya. Namun dengan adanya informasi ini, apakah Anda lebih tetap mengedepankan style fashion daripada kesehatan Anda? (gie)

BACA JUGA: 5 Petunjuk untuk Bangkitkan Hipertrofi Otot Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes