penyebab sensitivitas pada gigi

Ini yang Memicu Rasa Ngilu Pada Gigi Anda!

Anda pernah merasakan rasa ngilu yang luar biasa saat menyantap makanan panas atau meminum minuman dingin? Jika ya, maka gigi Anda telah mengalami sensitivitas. Banyak penyebabnya. Misalnya, gigi berlubang, terdapat plak pada gigi, atau komplikasi lain terkait dengan kesehatan gigi Anda. Jika sudah begini, maka Anda tak akan bisa dengan bebas menyantap makanan dan minuman yang menjadi favorit Anda. Untuk mengatasi masalah sensitivitas tersebut, tentu Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Berikut adalah informasi yang menyebabkan gigi Anda sangat rentan terhadap sensitivitas.

Headlinee Gigik

Apa yang Membuat Gigi Sensitif?

Sensitivitas pada gigi biasanya disebabkan karena terkena dentin. Dentin sendiri adalah substansi penting pada gigi yang biasanya ditutupi dan dilindungi oleh enamel. Sensitivitas ini dapat terjadi karena terdapat kontak dengan makanan atau minuman secara langsung. Sehingga, menyebabkan rasa sakit dan sensasi ngilu hingga mencapai akar gigi. Hal ini terjadi karena penipisan dan keausan pada enamel gigi, terutama pada akar, yang menempel pada gusi. Setelah enamel ini habis, maka dentin yang berisi tubulus atau saraf di bagian dalam gigi akan sedikit rentan dengan pemicu terjadinya sensitivitas. Selama ini, yang Anda tahu adalah, sensitivitas gigi hanya terjadi jika Anda mencicipi makanan dengan suhu ekstrem, seperti makanan atau minuman panas dan dingin, ugg outlet bicester brunswick padahal bukan hanya itu. Bisa saja, keadaan gusi Anda lah yang bermasalah akibat menggosok gigi yang terlalu kuat.

Apa yang Membuat Enamel Gigi Semakin Tipis dan Sensitif?

Terdapat beberapa faktor yang dapat mengakibatkan enamel pada gigi mengalami keausan, sehingga menyebabkan sensitivitas. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kebersihan mulut, kebiasaan makan, dan masalah kesehatan lainnya. Semuanya itu dapat mempengaruhi enamel pada gigi Anda.

Beberapa hal ini adalah beberapa penyebab paling umum yang mempengaruhi sensitivitas pada gigi Anda:

Gigi Rusak dan Berongga
Ini adalah salah satu faktor utama atau kondisi yang mengarah pada pengembangan berbagai masalah gigi beserta dengan banyak komplikasinya. Rongga atau pembusukan pada gigi dapat mempengaruhi saraf Anda. Lebih lanjut, hal tersebut dapat menyebabkan garis gusi menjadi rusak dan bermasalah. Retak atau gigi yang lepas juga dapat berakhir dengan situasi yang sama.

Mengunyah Permen Karet
Memang, permen karet yang mempunyai rasa manis dan disukai oleh anak-anak dapat menjadi penyebab rusak pada gigi. Namun, bagaimana dengan permen karet tanpa gula dan hanya mempunyai rasa mint? Ya, hal tersebut juga sama saja. Mungkin Anda tak pernah berpikiran tentang hal tersebut. Ketika Anda mengunyah permen karet, maka garis atau sudut-sudut gusi Anda akan mengalami penyurutan atau pengeringan ludah. Bukan hanya itu, mengunyah permen karet juga dapat menyebabkan timbulnya rongga pada gigi, dan dentin akan semakin tipis, sehingga memicu terjadinya sensitivitas pada gigi. nfl jerseys all teams alibaba

Kebiasaan Salah Menyikat Gigi
Kebiasaan salah dalam menyikat gigi juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Dengan menggosok gigi dengan tenaga yang kuat dapat menyebabkan gusi menjadi lemah dan mengakibatkan sensitivitas pada gigi. Hal ini disebut juga dengan kondisi periodontal, terjadi akibat perlakuan yang salah, sehingga menyebabkan resesi pada gusi, dan akhirnya membuat dentin terbuka. Plak pada gigi juga dapat menyebabkan rongga pada gigi dan akhirnya membuat gigi muda merasakan sensitivitas.

Menderita Bruxism
Burixsm adalah tindakan menggerus gigi saat tidur. Ketika terlelap tidur, Anda mungkin tak menyadari bahwa Anda menggerus gigi Anda dengan kuat. Sudah jelas, bahwa dengan menggerus gigi, maka lapisan pada akan semakin tipis. Sehingga, gigi Anda mengalami sensitivitas ketika terjadi kontak dengan makanan yang mempunyai suhu ekstrem.

Ubah Kebiasaan Makan Anda
Ada baiknya Anda menjauhi minuman tinggi asam sitrat, misalnya seperti jus tomat, jeruk, lemon, dan soda. Jika gigi Anda peka terhadap makanan dengan suhu dingin atau panas, maka hindari juga hal tersebut. Tidak berhenti sampai di situ, makanan manis juga akan memperburuk kesehatan gigi Anda, terutama jika enamel gigi Anda sedang tidak beres. Maka, hal tersebut mencapai akar dan menyebabkan rasa nyeri pada gigi Anda.

Perbanyak Asupi Kalsium
Kalsium merupakan unsur penting dalam pencegahan masalah gigi. monster beats apple accessories 2 Sumber makanan yang mengandung tinggi kalsium misalnya seperti susu, yoghurt, dan keju. Jika Anda khawatir dengan kolesterol Anda, maka bisa Anda ganti dengan susu skim dan yoghurt rendah lemak. Pilihan lainnya, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau, salah satunya seperti brokoli. Kalsium juga banyak terkandung pada almond, kacang kering, dan juga kacang Brazil.

Kesehatan gigi begitu penting untuk Anda perhatikan. Itu dikarenakan, gigi telah bekerja setiap hari untuk mengunyah makanan yang Anda makan. Layaknya mesin, gigi juga perlu perawatan, yakni dengan melakukan dan memperhatikan kebersihannya. Untuk itu, selalu rawat gigi Anda, agar masalah sensitivitas gigi Anda tak mengganggu. (gie)

BACA JUGA: Waspada, Penyakit Ini Bisa Ganggu Bulan Madu Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes