larangan setelah makan

Ini yang Tak Boleh Anda Lakukan Seusai Makan

Hallo fitnes mania, apakah Anda adalah seseorang yang hobi makan? Memang, makan adalah cara kita untuk mengatasi rasa lapar. Bukan hanya mengatasi rasa lapar saja, melainkan lapar adalah pertanda tubuh Anda yang telah kekurangan bahan bakar untuk melakukan proses metabolisme tubuh.

Jendela Makan besar

Makanan yang masuk ke perut kita akan dicerna dan diproses hingga menjadi sebuah energi. Terlebih jika makanan yang sebelumnya Anda makan sangat banyak mengandung nutrisi, hal itu justru sangat baik untuk tubuh Anda demi memaksimalkan kinerja dalam organ-organ tubuh Anda.

Sebelumnya, DuniaFitnes.com juga pernah membuat artikel terkait tentang banyaknya jenis motif lapar. Masih dengan pembahasan yang sama, namun kali ini akan membahas hal yang tidak boleh Anda lakukan setelah makan. Apa saja itu? Berikut adalah informasinya untuk Anda.

1. Hindari Minum Teh

Banyak orang setelah makan didampingi dengan air teh sebagai pilihan untuk air minumnya. Apakah Anda tahu, bahwa minum air teh seusai makan dapat merugikan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan, teh mengandung asam yang tinggi. Sehingga, kandungan asam tersebut dapat menyebabkan kandungan protein pada makanan yang telah Anda konsumsi sulit untuk dicerna.

2. Hindari Makan Buah-Buahan

Stereotype yang berkembang sering kali mengatakan bahwa baik untuk menjadikan buah sebagai pencuci mulut seusai makan. Padahal, hal itu adalah informasi yang salah. Memang benar jika buah merupakan pelengkap nutrisi setelah Anda makan, namun jangan langsung disantap segera setelah Anda makan. Berikan jarak satu atau dua jam terlebih dahulu. Jika Anda memaksakan makan buah setelah makan, maka perut Anda dipenuhi udara. Sehingga, membuat perut Anda serasa penuh.

3. Jangan Merokok

Streotype ini juga mendukung kesalahan yang banyak dilakukan kebanyakan orang. Jika Anda perokok, maka hindari merokok setelah makan. Risiko terkena penyakit kanker lebih besar dibandingkan dengan merokok di waktu lainnya. Hal ini dikarenakan, merokok seusai makan setara dengan Anda menghisap 10 batang rokok. Jadi, tahu sendiri ‘kan apa akibatnya?

4. Tidur Setelah makan

Jika Anda kekenyangan setelah makan, maka biasanya Anda akan mengantuk. Oleh sebab itulah, untuk mengatasinya Anda akan merebahkan tubuh dan siap dengan posisi tidur. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang harus Anda hindari. Makanan yang kita makan tidak akan dapat dicerna secara baik jika Anda tidur setelah makan. Dikarenakan, usus akan mengalami kembung dan peradangan.

5. Kemudikan Kendaraan Setelah Makan

Jika Anda sedang bepergian dengan membawa kendaraan pribadi, lalu di tengah perjalanan Anda merasa lapar. Tentunya, Anda akan berhenti di sebuah rumah makan untuk mengatasi rasa lapar Anda. Namun setelah Anda makan, jangan sampai Anda langsung kembali melanjutkan perjalanan Anda. Berikan jeda waktu beberapa jam. Ini dikarenakan, sehabis makan lambung dan usus Anda akan membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan. Hal itu mengakibatkan otak besar Anda kekurangan darah untuk sementara waktu. Dengan demikian, hal tersebut akan menyebabkan kesalahan operasional ketika Anda berkendara.

6. Mengendurkan Ikat Pinggang

Seperti biasanya, jika Anda merasa kekenyangan setelah makan, maka Anda sering kali mengendurkan ikat pinggang agar Anda bisa mengambil nafas lebih panjang. Namun, tahukah Anda bahwa dengan mengendurkan ikat pinggang akan mengakibatkan turunnya tekanan dalam rongga perut. Sehingga akan memungkinkan lambung Anda turun. Jika kebiasaan tersebut secara terus menerus dilakukan, bukan tak mungkin Anda akan benar-benar mengidap penyakit lambung turun dan usus dapat terbelit. Solusinya sebelum Anda makan, maka kendurkan ikat pinggangg terlebih dahulu. Hal itu akan membuat Anda makan serasa lebih tenang.

7. Mandi Seusai Makan

Jika Anda melakukan mandi setelah makan, maka hal itu perlu Anda hindari. Hal ini dikarenakan, ketika mandi maka volume aliran darah pada permukaan tubuh Anda akan meningkat. Bukan hanya itu, volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang. Sehingga, membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, dan membuat pencernaan Anda menjadi lebih buruk.

Itulah yang perlu Anda perhatikan seusai Anda makan. Jangan sampai, Anda melakukan poin-poin di atas sehingga dapat mempengaruhi kesehatan Anda. (gie)

BACA JUGA: Ayah Diet, Anak Berisiko Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes