mencegah penyakit ISPA

Inilah Cara Cerdas Hindari ISPA Saat Mudik

Ketika menjelang Lebaran, mudik merupakan salah satu aktivitas yang kerap dijumpai. Namun tahukah Anda bahwa pemudik rawan terkena penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)? Berikut informasinya dan cara terhindar dari ISPA saat mudik.

mencegah penyakit ISPA

Berkumpul dengan keluarga ketika Lebaran adalah waktu yang sangat berharga. Untuk itu, penting bagi semua orang yang ingin mudik ke kampung halaman harus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat.

Kondisi fisik yang sehat sangat berharga ketika merayakan Lebaran bersama keluarga. Jangan hanya karena perjalanan mudik, Anda mengalami penurunan kondisi tubuh atau bahkan sakit ketika tiba di tempat tujuan. Dan salah satu penyakit yang berpotensi dialami para pemudik adalah ISPA.

Penyebab ISPA

ISPA dapat disebabkan oleh mikroorganisme seperti Adenovirus, Rhinovirus, dan Pneumokokus. Dan yang dapat berpotensi tinggi dialami pemudik adalah yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Karena sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh untuk melawan virus. Selain itu, mereka yang juga berpotensi lebih mudah mengalami ISPA antara lain orang yang menderita penyakit jantung, gangguan pada paru-paru, dan juga perokok.

Waspadai Tanda dan Gejala ISPA

mencegah penyakit ISPA

Penyakit ISPA juga disebut sebagai Upper Respiratory Tract Infection (URI). Penyebab terjadinya penyakit menular ini bisa berasal dari virus, bakteri, atau jamur. ISPA dapat mengganggu fungsi pernapasan karena tubuh tidak bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup akibat adanya infeksi.

Gejala yang timbul:
– Badan lemas
– Batuk-batuk
– Sakit tenggorokan
– Sakit kepala
– Hidung tersumbat dan beringus

>> Ingin Mudik Bersama Keluarga Tetap Sehat? Coba Cara Ini! <<

Apa Yang Terjadi Ketika Pemudik Mengalami ISPA?

Tubuh seorang pemudik yang mengalami ISPA biasanya menjadi lemas. Hal ini sangat berbahaya ketika dalam perjalanan karena dapat membuat konsentrasi menurun. Obat flu yang dikonsumsi juga sangat berbahaya bagi pemudik karena dapat menyebabkan kantuk.

Selain itu, jika salah seorang dalam mobil terkena ISPA dan batuk-batuk selama perjalanan, bukan tidak mungkin penumpang lain dalam mobil tersebut akan tertular dan mengalami ISPA.

5 Langkah Tepat Hindari ISPA

ISPA memang berpotensi dialami para pemudik. Namun, bukan berarti penyakit tersebut tidak dapat dicegah atau dihindari. Nah, berikut ini lima langkah sederhana untuk membantu menghindarkan pemudik dari penyakit ISPA seperti dikutip dari Balitbangkes Kemenkes RI. [Baca Juga: Cara Terbaik Bikin Mudik Lebih Sehat dan Nyaman]

mencegah penyakit ISPA

1. Daya tahan tubuh

Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, perjalanan mudik Anda akan menjadi segar dan sehat. Selain itu, daya tahan tubuh yang baik merupakan modal penting untuk menghindari penyakit ISPA. Menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan olahraga rutin, makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

2. Sebaiknya hindari kontak langsung dengan orang yang sakit

Mudik sangat identik dengan berkumpul bersama banyak orang untuk bersama-sama pulang ke kampung halaman. Namun ketika berada di tempat umum, sebaiknya hindari kontak secara langsung dengan orang yang sedang demam, batuk, atau pilek.

3. Jaga kebersihan

Beragam orang dapat ditemui ketika mudik. Dan pada saat tersebut, potensi beberapa penyakit akan timbul salah satunya ISPA. Nah, untuk mencegahnya, selalu menjaga kebersihan baik ketika akan makan atau setelah dari toliet. Karena menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun terbukti dapat menurunkan kemungkinan infeksi.

4. Jangan menyentuh sembarangan

Ketika berada dalam perjalanan mudik, jangan sembarangan ketika menyentuh sesuatu, misalnya hidung atau mulut. Karena jika saat menyentuh tangan dalam keadaan kotor, bisa saja virus atau kuman penyebab ISPA menempel pada tangan. Virus atau kuman di tangan dapat ditularkan melalui gagang pintu, meja antrian, tempat duduk, dan lain-lain.

5. Asapmu, Harimaumu

Sudah tidak asing lagi bahwa merokok dapat mengancam kesehatan, termasuk para pemudik. Ya, rokok dan asap rokok dapat menularkan penyakit ISPA karena menurunkan daya tahan paru-paru dan saluran pernapasan. So, sebaiknya jangan merokok ketika perjalanan mudik dan lebih baik lagi bagi kesehatan dengan meninggalkan kebiasaan berhenti merokok.

Nah, sebelum berangkat melakukan mudik, sebaiknya untuk memeriksakan kesehatan ke dokter agar selama perjalanan mudik tetap aman dan sehat serta selamat sampai tujuan.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Kenali Tanda-Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes