mencegah hipertensi

Inilah Cara Mudah Mencegah Hipertensi

Hipertensi adalah kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler. Karena itu penting untuk mencegah hipertensi. Nah, berikut ini beberapa cara agar seseorang dapat terhindar dari hipertensi.

mencegah hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan banyak masalah kesehatan. Seperti penyakit jantung, stroke, dan ginjal.

Kebiasaan dan gaya hidup memainkan peran penting dalam mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari hipertensi:

Menjaga Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan harus menurunkan berat badan. Pasalnya jika kondisi seseorang mengalami kelebihan berat badan bahkan hingga obesitas, dapat memicu beragam masalah kesehatan. Seperti hipertensi, jantung, diabetes, dan stroke.

Diet Seimbang

Diet Seimbang dan makan makanan yang sehat dapat membantu menjaga tekanan darah di bawah kontrol. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kalium.

Olahraga

Olahraga teratur terbukti dapat mencegah hipertensi. Aktivitas fisik memainkan peran penting dalam mengontrol tekanan darah. Olahraga selama 30 menit tiga kali seminggu cukup baik untuk menghindari hipertensi.
Selain hipertensi, banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan olahraga rutin. Yaitu dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Memonitor Tekanan Darah

Pastikan untuk memeriksa tekanan darah secara teratur. Tekanan darah pada kisaran 120-139 / 80-89 milimeter merkuri (mmHg) akan menempatkan seseorang pada peningkatan risiko hipertensi. Maka, orang harus berhati-hati jika tekanan darah mereka mencapai kisaran tersebut.

Kurangi Garam

Mengurangi konsumsi garam dalam pola makan membantu menjaga tekanan darah normal. Semakin tinggi asupan natrium, semakin tinggi risiko tekanan darah. Mengurangi konsumsi garam dapat dilakukan dengan menghindari makanan kemasan atau makanan cepat saji yang tinggi natrium. Selain itu, dapat dilakukan dengan tidak menambahkan garam ekstra untuk makanan.

Kurangi Alkohol

Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Jadi, salah satu yang harus dilakukan adalah menghindari atau bahkan menghilangkan kebiasaan minum alkohol jika ingin menjaga tekanan darah tetap di bawah kontrol.

Kurangi Stres

Tekanan darah atau hipertensi disebabkan oleh stres. Jika seseorang terlalu sering mengalami stres juga tidak baik untuk kesehatan. Banyak cara untuk mengurangi stres. Seperti yoga, buku panduan, meditasi, teknik relaksasi yang mendalam, atau konseling kesehatan mental.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Jangan Minder, Ini Cara Tinggikan Badan Secara Alami!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes