3 Latihan Utama Yoga dan Manfaatnya Bagi Tubuh Anda

Yoga meliputi berbagai aspek aktivitas fisik dan mental sebagai media utama dalam meningkatkan kesehatan dan fungsi tubuh.

3-Latihan-Utama-Yoga-dan-Manfaatnya-Bagi-Tubuh-Anda

Yoga merupakan seni relaksasi tradisional yang diwariskan secara turun-temurun hingga menjadi trend di kalangan masyarakat modern yang mendambakan kebugaran jiwa dan raga.

Berikut 3 latihan utama beserta manfaat yang terkandung dalam latihan yoga :

  1. Asana
    Asana adalah gerakan yoga yang berhubungan dengan posisi tubuh. Gabungan antara gerakan kelenturan, gerakan memutar dan keseimbangan ini membantu Anda untuk membedakannya dengan jenis yoga lainnya. Yoga asana mengutamakan postur tubuh, fokus pada pernapasan (breathing) dan konsentrasi pada jalannya pikiran (mind).
  2. Pranayama
    Pranayama adalah jenis latihan yoga yang berkaitan dengan fungsi pernafasan. Kata “prana” berarti nafas dan “ayama” yang artinya pengaturan. Jadi, apabila digabungkan pranayama berarti pengaturan nafas. Bernafas merupakan kebutuhan yang penting bagi tubuh. Apabila Anda mampu mengatur irama pernafasan, hal ini tentu dapat membantu Anda memperoleh tubuh dan pikiran yang lebih sehat.
  3. Meditasi
    Tujuan utama dari yoga adalah menenangkan proyeksi pikiran kita seperti khayalan dan pemikiran kita. Pada dasarnya, jenis yoga asana dan pranayama diciptakan untuk membantu mempersiapkan tubuh dan pikiran kita masuk dalam sebuah keheningan dan meditasi. Inilah alasan mengapa banyak kelas yoga yang mengajarkan beberapa cara meditasi.

Secara keseluruhan, yoga dapat membantu merelaksasi dan menguatkan tubuh serta pikiran. Yoga bukanlah sebuah kepercayaan atau ajaran agama, tetapi lebih kepada cara untuk menjalani kehidupan dengan tenang dan kuat jiwa dan raga. (dan)

BACA JUGA : Tubuh Anda Adalah Gym Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes