Jangan Biarkan Kulit Anda Rusak Akibat Terbakar Matahari

Anda mungkin sering mendengar istilah SPF, terutama pada produk kosmetik yang berguna untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Ada yang disebut dengan SPF 15, SPF 30, dan sebagainya. Apa sih sebenarnya SPF itu?

Sun Protection Factor (SPF) adalah hasil penilaian di laboratorium yang menilai efektifitas dari sunscreen atau sunblock. Penggunaan sunscreen atau sunblock diperlukan untuk mencegah kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari terus menerus akan mengakibatkan kulit cepat menua dan dapat menimbulkan kanker kulit.

Makin tinggi angka SPF maka kemampuan untuk melindungi kulit dari terbakar sinar matahari makin baik. Jadi makin tinggi angka SPF-nya, maka makin lama kita dapat berjemur di matahari tanpa terbakar matahari.

Bila kita menggunakan sunscreen atau sunblock dengan SPF 15 itu berarti kita dapat terpapar 15 kali lebih lama dibandingkan tanpa sunscreen atau sunblock tanpa mengakibatkan kulit kita terbakar.

Dipastikan setelah terpapar matahari selama 8 menit tanpa sunscreen, maka kulit akan menjadi merah dan itu sebagai tanda kulit mulai terbakar. Makin lama kita terpapar maka kerusakan yang dialami akan lebih dalam. Sunscreen dengan SPF 15 berarti dapat digunakan untuk melindungi kulit dari paparan matahari tanpa terbakar selama 120 menit (15 x 8 menit). Setelah 2 jam, sunscreen harus dioles kembali.

Ada sedikit perbedaan dalam istilah sunscreen dan sunblock. Sunscreen adalah tabir surya kimia sedangkan sunblock tabir surya fisik. Tabir surya kimia bekerja dengan cara membiaskan sinar matahari dari kulit sedangkan tabir surya fisik memantulkan sinar matahari dari kulit.

Sunscreen pada umumnya mengandung bahan kimia seperti Avobenzone, Cynamat, PABA, Parsol 1789, sedangkan sunblock mengandung selain bahan kimia yang tadi disebutkan juga mengandung Titanium dioksid dan Zinc oksid. Efektifitas sunblock lebih baik dari sunscreen akan tetapi tidak nyaman saat dipakai karena terlalu menutupi jadi wajah mudah berkeringat. Saat ini sudah tersedia di pasaran SPF sampai 100.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu SPF dan apa yang dilakukannya untuk melindungi kulit Anda, ‘kan?

BACA JUGA : Nyeri Berkurang Berkat Omega-3

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes