Jangan Biarkan Tubuh Terkena Dehidrasi Saat Berlatih Yoga

Yoga telah menjadi gaya hidup sehat yang mendunia. Latihan yang berasal dari India ini semakin digemari sebagai salah satu pilihan olahraga sekaligus meditasi untuk kesehatan fisik maupun jiwa. Yoga merupakan latihan yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Namun, perlu Anda pahami bahwa saat berlatih yoga Anda wajib menjaga tubuh tetap terhidrasi agar Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari latihan yoga.


Berikut ini tips untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berlatih yoga

  • Salah satu cara untuk tetap terhidrasi selama yoga adalah minum air yang cukup sebelum melakukan yoga. Tubuh membutuhkan air yang cukup untuk tetap energik dan waspada sepanjang latihan. 2-3 gelas air minum sebelum latihan akan membantu Anda tetap terhidrasi dan berenergi selama latihan.
  • Jika Anda ingin minum beberapa teguk air di sela-sela latihan, siapkan air di dekat Anda. Tempatkan air minum Anda dalam wadah yang mudah digunakan. Jangan gunakan tempat air minum yang dapat menimbulkan suara berisik dan mengganggu ketenangan kelas yoga Anda.
  • Teh hijau adalah contoh minuman yang dapat membuat tubuh Anda tetap terhidrasi selama berlatih yoga. Ikuti dua langkah di atas jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau saat latihan. Selain membantu tubuh tetap terhidrasi, green tea juga diperkaya antioksidan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Untuk mendapatkan sensasi segar saat mencukupi kebutuhan air tubuh, Anda bisa mendapatkannya dari sari buah anggur. Sari buah anggur kaya akan vitamin C yang dilengkapi dengan bioflavanoid untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sensasi segar sari anggur juga berguna untuk meningkatkan energi Anda.
  • Perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa gejala yang mungkin terjadi saat tubuh mengalami dehidrasi, seperti pusing, mulut kering, dan kram otot. Saat dehidrasi kelembaban tubuh akan berkurang sebanyak 2%, ini berarti Anda harus segera mengganti cairan tubuh yang hilang dengan minum air yang cukup.

Dehidrasi merupakan kondisi umum yang dapat berdampak besar terhadap kesehatan dan performa Anda saat berlatih yoga, apalagi jika latihan yang Anda lakukan memiliki durasi yang cukup lama. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan air tubuh Anda sebelum, saat, dan sesudah latihan agar latihan yoga yang Anda lakukan bermanfaat maksimal bagi kesehatan Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes