Jangan Merasa Bebas Diabetes Sebelum Tahu Gejalanya

Bagaimana Insulin Bekerja?

Pada orang yang sehat, insulin membantu mengubah makanan menjadi energi. Sistem pencernaan mencerna karbohidrat dari makanan menjadi gula, termasuk glukosa. Glukosa kemudian memasuki aliran darah, yang merangsang pankreas untuk melepaskan insulin dalam jumlah yang tepat. Insulin memungkinkan glukosa untuk memasuki sel-sel di seluruh tubuh, dan digunakan sebagai bahan bakar saat beraktivitas. Kelebihan glukosa akan disimpan dalam hati.

Gangguan Metabolisme pada Penderita Diabetes

Pada penderita diabates, sel-sel tidak bisa menyerap glukosa dengan baik. Ini berarti kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi. Jika penderita tersebut telah mengalami kondisi yang disebut resistensi insulin, maka tubuh penderita akan memproduksi insulin secara berlebihan, tetapi otot, hati, dan sel-sel lemak tidak menggunakan dan merespon baik terhadap insulin tersebut. Jika hal ini berlangsung lama dan tidak terkontrol, pankreas akan mengurangi jumlah insulin dalam tubuh.

Mendiagnosa Diabetes Tipe 2

Tes A1C adalah sebuah tes darah sederhana yang dapat mendiagnosa diabetes. Tes A1C memberikan gambaran kadar glukosa darah rata-rata selama 2-3 bulan terakhir. Tingkat A1C sebesar 6,5% atau lebih tinggi dapat mengindikasikan diabetes. Sedangkan tes glukosa plasma puasa, hasil di atas 126 sudah dianggap sebagai diabetes. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan tes yang akurat untuk mengetahui potensi diabetes.

Mengendalikan Diabetes

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengendalikan diabetes, di antaranya:

Atur Pola Makan
Untungnya, dengan mengendalikan pola makan risiko diabetes dapat dikurangi. Orang yang menderita diabetes tipe 2 sebaiknya perlu memperhatikan asupan karbohidratnya. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui bagaimana cara mengendalikan gula darah dari makanan yang Anda konsumsi.

Olahraga Teratur
Olahraga teratur, baik latihan beban atau kardio dapat meningkatkan penggunaan insulin tubuh dan dapat menurunkan kadar gula darah pada penderit diabetes tipe 2. Penderita diabetes disarankan untuk berlatih setidaknya 30 menit latihan dengan intensitas sedang 3-4 kali seminggu.

Kurangi Stres
Stres bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini juga dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah Anda sebagai bagian dari respon tubuh Anda. Daripada stres cobalah untuk berlatih teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan lainnya.

Konsumsi Obat Rekomendasi Dokter
Jika mengatur pola makan dan olahraga teratur tidak daapt menurunkan kadar gula darah, maka penggunaan obat-obatan dengan rekomendasi dokter bisa dijalankan.

Jika Anda merasa pernah mengalami gejala-gejala yang berhubungan dengan diabetes, segera hubungi dokter Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut. (dan)

BACA JUGA : Daging Olahan Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung hingga 72 Persen

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes