Jangan Tertipu dengan Label Makanan!

Apakah Anda termasuk orang yang lebih percaya label makanan? Sebaiknya sekarang Anda mulai berhati-hati, karena label makanan terkadang tidak sepenuhnya jujur pada Anda.

Saat ini banyak sekali label makanan yang diberi label “kecil” untuk menunjukkan ukuran kemasan pada Anda. Secara umum, orang yang sedang berdiet akan tertarik dan mengonsumsi makanan berlabel ‘kecil’ dan tanpa sadar mereka akan mengonsumsinya lebih banyak. Padahal sebenarnya isi dari produk tersebut ‘besar’.

Untuk memastikan hal tersebut, tim peneliti dari University of Michigan memberi label pada beberapa biskuit berukuran sama dengan label ‘medium’ dan ‘besar’ lalu meminta sejumlah partisipan untuk memakan biskuit-biskuit tersebut sesuka mereka.

Hasilnya, partisipan melahap lebih banyak biskuit yang diberi label ‘medium’ dalam kondisi tanpa sadar. Dari hasil ini ditarik kesimpulan bahwa orang-orang mudah tertipu saat makan sesuatu kerena mereka lebih percaya pada label makanan ketimbang apa yang mereka makan.

Aradhna Khrishna salah satu peneliti dari University of Michigan menyatakan bahwa temuan ini memberikan implikasi yang luar biasa sehingga dapat diterjemahkan pada cara berpakaian dan cara minum seseorang.

Misalnya saat seseorang membeli minuman bersoda dengan label ‘medium’ maka orang tersebut akan meminum minuman ini dalam jumlah yang lebih besar tanpa memperdulikan efek sampingnya.

“Hanya karena berbagai label ukuran yang berbeda-beda pada satu ukuran makanan, orang-orang akan cenderung makan lebih banyak. Di saat yang bersamaan, mereka berpikir tak makan sebanyak ukuran yang sebenarnya,” lanjut Khrishna seperti dilansir dailymail.

Namun, memanipulasi ukuran sesuatu juga dapat digunakan untuk kepentingan yang bersifat positif. Para ahli diet telah membuktikan bahwa makan dengan piring berukuran kecil dapat membuat seseorang membatasi porsi makannya, karena mereka mengira telah makan dalam porsi yang besar. (dan)

Well, Size does matter!

BACA JUGA : 5 Bahaya Diet tak Sehat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes