Jangan Tunggu Tahun Depan, Resolusi Sehat bisa Diraih Tiap Hari lho!

Biasanya resolusi menjalankan gaya hidup sehat dimulai di awal tahun. Inilah yang kemudian menjadikan Anda harus menunggu hingga pergantian tahun agar Anda benar-benar bisa menjalankan gaya hidup sehat.

Jangan-Tunggu-Tahun-Depan,-Resolusi-Sehat-bisa-Diraih-Tiap-Hari-lho

Padahal resolusi sehat seharusnya bisa dilakukan setiap hari, jadi Anda tidak perlu menunggu tahun depan jika ingin sehat. Nah, resolusi sehat apa saja yang bisa Anda terapkan dari saat Anda bangun tidur hingga Anda beranjak tidur lagi di malam hari, berikut di antaranya:

Lebih Banyak Berolahraga

Tahukah Anda? Olahraga adalah aktivitas yang paling bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan apapun. Bahkan sudah terbukti olahraga mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit kanker, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, menjaga berat badan ideal, dan bahkan mencegah arthritis serta membuat awet muda. Intinya olahraga membuat Anda lebih sehat dan fisik dan mental yang lebih baik pula.

Berhenti Merokok

Resolusi ini paling banyak dipilih dan paling banyak gagal. Begini saja, rasakan manfaat kesehatan seiring waktu berhenti merokok. Setelah 20 menit berhenti merokok maka tekanan darah kembali normal, setelah 8 jam maka level oksigen darah kembali normal, setelah 24 jam maka CO2 dalam tubuh telah dibuang, setelah 48 jam maka nikotin dalam tubuh telah dibuang, setelah 3 hari maka penciuman dan pengecapan bekerja lebih baik serta level energi meningkat drastis, setelah 2 minggu maka sirkulasi nafas meningkat, setelah 3 bulan maka batuk-batuk dan bengek berkurang jauh, setelah 1 tahun maka risiko sakit jantung turun 50%, setelah 5 tahun maka risiko sakit stroke sama rendahnya seperti bukan perokok, setelah 10 tahun maka risiko sakit paru-paru turun 50%, setelah 15 tahun maka risiko sakit jantung sama rendahnya seperti bukan perokok, dan setelah 20 tahun maka risiko kematian terkait merokok sama sekali hilang.

Bebas Stres

Akibat kesibukan kerja dan kemacetan yang luar biasa, banyak orang yang mulai berpikir ulang untuk mengubah aktivitas kehidupan mereka di hari yang baru. Jika setiap hari Anda menggunakan kendaraan pribadi saat berangkat kerja, mungkin hari ini Anda bisa mencoba menggunakan busway agar bebas macet. Anda juga bisa menata ulang meja kerja Anda. Dan sesekali, lakukan gerakan peregangan di sela kesibukan agar aliran darah kembali lancar dan bebas dari stres.

Berhenti Minum Alkohol

Seperti halnya berhenti merokok, keinginan bebas dari konsumsi minuman beralkohol juga paling diinginkan. Sama halnya pula dengan berhenti merokok, rasakan manfaat kesehatan seiring waktu berhenti mengonsumsi alkohol, misalnya tak lagi sakit hangover setelah bangun pagi, bisa tidur lebih baik, nafsu makan membaik, tubuh tak lagi mengalami dehidrasi, angka hidup meningkat (kondisi kesehatan lebih baik), kualitas hidup meningkat (bekerja lebih baik dan karir meningkat), kehidupan sosial meningkat (hubungan dengan keluarga, teman, dan masyarakat yang baik), kehidupan spiritual yang meningkat (lebih menghargai hidup), dan masih banyak lagi.

Belajar Sesuatu yang Baru

Menguasai keterampilan baru juga merupakan salah satu resolusi terpopuler karena sangat membangkitkan motivasi dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup. Beberapa yang paling ingin dikuasai adalah belajar mengendarai mobil, belajar bahasa asing, belajar desain grafis, belajar bermain alat musik, belajar bernyanyi, belajar memasak, dan masih banyak lagi.

Membantu Orang Lain

Jika resolusi di atas terkesan hanya mementingkan diri sendiri, maka membantu orang lain lebih banyak adalah resolusi yang berbeda. Membantu orang lain bisa dalam bentuk apapun, mulai dari edukasi, tenaga, pemikiran, materi, dan masih banyak lagi.

Jika Anda merasa tak punya waktu, coba saja misalnya kumpulkan baju-baju bekas pakai Anda dan sumbangkan ke panti asuhan atau siapa saja yang membutuhkan. Melakukan donor darah juga salah satu pilihan yang bagus.

Tida perlu menunggu hingga tahun depan jika ingin sehat. Lakukan perubahan sehat setiap hari agar Anda bisa mendapatkan kehidupan dan kesehatan yang lebih baik. (aan/dan)

BACA JUGA : 4 Penghalang Gaya Hidup Sehat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes