pengobatan herbal untuk jerawat

Jerawat Membandel? Atasi dengan Tanaman Herbal Ini

Jerawat sering dianggap sepele, namun kehadirannya bisa merusak penampilan dan mengurangi rasa percaya diri, terutama jika para wanita yang mengalaminya.

pengobatan herbal untuk jerawat

Berbagai cara ditempuh untuk mengatasi gangguan jerawat ini, mulai dari penggunaan obat-obatan hingga cara lain yang justru membahayakan kesehatan kulit.

Banyak tanaman di sekitar kita yang mempunyai khasiat mengobati berbagai gangguan kesehatan. Beberapa di antaranya berkhasiat mengatasi gangguan jerawat.

Nah, daripada kulit wajah Anda terpapar bahan-bahan kimia dari obat jerawat yang Anda pakai, sebaiknya gunakan bahan herbal ini untuk mengatasi jerawat membandel di wajah Anda.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung sifat anti-virus dan anti bakteri yang efektif mengurangi peradangan dan melawan infeksi yang berhubungan dengan kondisi seperti jerawat. Tumbuk satu siung bawang putih kemudian campur dengan sedikit air dan oleskan pada daerah yang terkena jerawat. Anda juga bisa mencampur bawang putih dengan madu murni dan menggunakannya sebagai masker wajah.

Lidah Buaya

Lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari sengatan matahari hingga gangguan pencernaan. Lidah buaya biasanya digunakan untuk pengobatan ringan hingga sedang, seperti jerawat. Lidah buaya bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan mengurangi munculnya jerawat. Lidah buaya bisa diolah menjadi minuman atau langsung dioleskan ke bagian wajah yang terkena jerawat.

Daun Neem

Mungkin nama tanaman ini masih asing bagi Anda. Nama Indonesia dari neem adalah daun intaran atau biasa disebut dengan daun mimba. Daun ini berbentuk gerigi dan merupakan pohon berkayu. Nah, khasiat dari daun neem sangat banyak, sehingga dijuluki “Panacea” alias penyembuh segala penyakit. Neem berasal dari pohon neem yang tumbuh di India, Asia dan Afrika. Neem mengandung anti-inflamasi, antibakteri dan sifat analgesik. Ketika digunakan untuk pengobatan jerawat, tanaman ini membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan meringankan rasa sakit dan pembengkakan. Untuk pengobatan jerAwat, tumbuk daun neem hingga halus, campur dengan sedikit air dan oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Bisa juga dikenakan sebagai masker wajah.

Lemon

Lemon bersifat asam dan mengandung vitamin C yang tinggi untuk mengangkat sel kulit mati, menyingkirkan minyak dan kotoran yang terperangkap dalam pori-pori. Lemon juga mengurangi kemerahan dan secara bertahap memudarkan bekas jerawat. Jus lemon dapat diencerkan dengan air dan diaplikasikan langsung ke jerawat atau dicampur dengan bahan lain seperti madu dan digunakan sebagai masker.

Ekstrak Biji Buah Anggur

Ekstrak biji buah anggur kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi antibakteri, antivirus, dan antijamur. Ekstrak biji buah anggur berfungsi membersihkan kotoran dan minyak dari pori-pori, mengurangi kelebihan minyak, mengurangi kemerahan, pembengkakan serta membersihkan jerawat. Anda dapat menambahkan beberapa tetes ekstrak biji buah anggur ke pelembab yang biasa Anda gunakan. Atau tambahkan beberapa tetes pada air yang akan Anda gunakan untuk mencuci muka. Ini adalah cara yang murah dan efektif untuk mengobati dan membersihkan jerawat.

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang bekerja untuk mengurangi produksi sebum, pertumbuhan bakteri dan peradangan. Untuk mengatasi jerawat, seduh teh hijau dengan air panas. Setelah dingin, oleskan sari teh hijau menggunakan kapas ke bagian wajah yang terkena jerawat. Kandungan EGCG akan hilang dalam 6-7 jam setelah teh hijau diseduh. Jadi jangan mendiamkan ramuan teh hijau terlalu lama.

Kini, kulit Anda pun bebas jerawat tanpa menggunakan obat-obatan. Selamat mencoba. (dan)

BACA JUGA : GAMPANG ALERGI, CEGAH DENGAN 10 TIPS INI

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes