Kebiasaan Baru agar Anda Berhenti Merokok

Salah satu alasan utama bagi seseorang untuk berhenti merokok adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan secara keseluruhan serta menghindarkan diri dari berbagai risiko penyakit kronis.

Kebiasaan-Baru-agar-Anda-Berhenti-Merokok

Dan ketika merokok sudah menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari, maka upaya untuk berhenti merokok harus dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup Anda menjadi lebih baik, mulai dari menerapkan pola makan yang lebih sehat, meningkatkan aktivitas fisik hingga mencari kebiasaan baru untuk membantu Anda menggantikan kebiasaan merokok.

Merokok adalah kebiasaan

Para ahli menyatakan bahwa sekitar 90% dari perilaku manusia adalah kebiasaan. Kita memiliki kebiasaan mulai dari bangun tidur, bersiap-siap untuk menjalani hari, bekerja, bermain, makan dan tidur. Jika Anda adalah seorang perokok, rutinitas harian Anda bisa jadi termasuk merokok.

Bila Anda serius untuk berhenti dari kebiasaan merokok, penting untuk menemukan kebiasaan dan rutinitas baru. Anda tidak akan berhasil membuang suatu kebiasaan tanpa menggantinya dengan kebiasaan baru, karena kekosongan yang terjadi sangat rentan terhadap kekambuhan merokok.

Anda dapat memulai dengan menentukan kebiasaan baru yang bisa Anda jadikan sebagai pengganti kebiasaan merokok. Kemudian terapkan kebiasaan baru ini sedikit demi sedikit hingga menjadi rutinitas Anda dan akhirnya Anda pun dapat berhenti merokok sama sekali. Berikut ini beberapa kebiasaan baru yang bisa menjadi alternatif pengganti kebiasaan merokok.

  • Temukan Kebiasaan Baru

    Cari kebiasaan baru yang membuat merokok menjadi sulit, tidak mungkin atau tidak perlu dilakukan. Sebagai contoh, sulit untuk merokok saat Anda sedang berenang, jogging, atau bermain tenis. Ketika keinginan Anda untuk merokok sangat kuat, mencuci piring atau mencoba resep baru juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari merokok.

  • Gunakan Tangan Anda lebih Sering

    Lakukan hal-hal yang mengharuskan Anda untuk menggunakan tangan Anda. Coba teka-teki silang, menyapu dan mengepel rumah, atau pekerjaan rumah tangga lainnya. Pergi naik sepeda, membawa anjing untuk berjalan-jalan atau berkebun di rumah.

  • Rajin Menyikat Gigi

    Nikmati sensasi rasa bersih pada mulut dan memeliharanya dengan cara menyikat gigi Anda dengan rutin dan menggunakan obat kumur.

  • Datang ke Rumah Pacar

    Alih-alih menyalakan sebatang rokok saat sedang santai, Anda juga bisa datang ke rumah kekasih Anda untuk sekedar bersantai dan ngobrol bersama. Otomatis Anda akan terlena dengan suasana nyaman yang membuat Anda tidak memikirkan rokok.

Kuncinya adalah lakukan hal-hal yang Anda sukai sehingga Anda akan merasa senang dan puas saat melakukannya.

Diet, Olahraga dan Istirahat

Pola diet, olahraga dan istirahat yang cukup juga memiliki peran penting dalam usaha Anda untuk berhenti merokok. Bagian dari keinginan untuk merokok berasal dari kebiasaan memasukkan sesuatu ke dalam mulut Anda. Jika Anda mengambil permen yang manis atau keripik dan snack lainnya untuk menggantikan rokok, kalori yang masuk ke dalam tubuh akan bertambah dengan cepat.

Pastikan Anda konsumsi makanan dengan kalori rendah atau nol kalori, seperti permen bebas gula, buah dan sayuran segar. Pastikan juga Anda minum air yang cukup. Kemudian seperti yang telah disarankan di atas, lakukan olahraga dan jadikan kebiasaan baru untuk menggantikan kebiasaan merokok sekaligus membuat tubuh jauh lebih sehat dan bugar. Dan terakhir yang paling penting, beristirahatlah yang cukup.

Nah, ternyata banyak kebiasaan sehat yang dapat Anda lakukan untuk menggantikan kebiasaan merokok. Tak hanya untuk membantu Anda berhenti dari kebiasaan tersebut, namun juga membantu Anda menjaga berat badan, membuat tubuh lebih fit serta bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kebiasaan baru yang sehat ini juga akan mengoptimalkan hasil diet Anda. Semoga berhasil!

BACA JUGA : Berpikir Lebih Cepat dengan Meditasi 10 Menit

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes