mata

Kebiasaan Ini Bisa Merusak Mata Anda Lho!

Kesehatan organ mata merupakan hal yang sangat penting untuk kita jaga. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak cara untuk menjaga mata kita agar tetap sehat.

Eyes

Kebanyakan orang juga sudah terbiasa mengikuti cara-cara modern untuk menjaga matanya. Namun, di sisi lain ada banyak hal yang kita tidak ketahui tentang semua gaya modern tersebut. Ada beberapa hal yang biasa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata justru bisa mempercepat kerusakan pada mata kita.

Menurut juru bicara klinis dari American Academy of Opthalmology, Thomas Steinemann, MD mengatakan bahwa banyak tindakan yang tidak berbahaya bagi mata justru bisa menyebabkan kerusakan. Hal terpenting untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah cara pencegahannya. Pencegahan adalah kunci untuk menangkal kerusakan mata serius seperti kebutaan. Berikut ini beberapa kebiasaan yang salah tapi masih sering kita lakukan:

1. Malas Menggunakan Kacamata Hitam

Kebanyakan orang cenderung akan lebih malas menggunakan kacamata hitam di musim hujan daripada di musim kemarau atau panas. Pada kenyataannya, sinar UV matahari juga dapat menyentuh kulit kita apapun musimnya. Christopher Rapuano, MD, kepala layanan kornea di Rumah Sakit Mata Wills, Philadelphia mengatakan bahwa sinar UV matahari dapat menyebabkan melanoma (kanker kulit) dan karsinoma (kanker atau tumor yang berasal dari sel) pada kelopak mata, dan paparan sinar UV juga bisa meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Carilah dan gunakan kacamata hitam yang bisa menangkal 99% sinar UVA dan UVB sepanjang hari.

2. Menggosok-gosok Mata

Menyeka atau menggosok mata Anda terlalu sering bisa meningkatkan timbulnya keratoconus, saat di mana kornea menjadi tipis dan runcing, dan mengganggu penglihatan Anda. Maka dari itu jauhkan tangan Anda dari wajah, dan Anda bisa menggunakan air bersih untuk menghilangkan debu dan agar mata Anda terhindar dari iritasi.

3. Menggunakan Obat Tetes Mata Untuk Mata Kemerahan

Obat tetes mata yang bekerja pada pembuluh darah di mata untuk mengurangi kemerahan memang tidak akan menimbulkan rasa sakit sedikit pun. Akan tetapi jika Anda menggunakannya setiap hari, maka Anda akan mengalami kecanduan terhadap obat tetes ini. Rapuano, MD juga mengatakan bahwa hal tersebut akan membuat si pengguna membutuhkan lebih banyak obat tetes dan efeknya akan berlangsung lebih lama. Tidak semua kemerahan mata berbahaya. Ada beberapa di antaranya disebabkan oleh infeksi atau iritasi. Jika kemerahan pada mata Anda disebabkan oleh infeksi, maka segera gunakan obat tetes. Jika kemerahan di mata Anda tidak kunjung hilang setelah 2-3 hari pemakaian obat tetes, maka segera konsultasikan ke dokter terdekat.

4. Menggunakan Lensa Kontak Saat Mandi

Thomas Steinemann mengatakan bahwa semua air entah air dari keran, kolam renang, atau hujan berpotensi mengandung acanthamoeba, salah satu jenis genus protozoa yang bbisa menginfeksi kornea mata. Jika amuba ini menempel pada kontak Anda, maka amuba tersebut bisa menggerogoti kornea Anda, dan parahnya bisa menyebabkan kebutaan. Jadi jika Anda menggunakan lensa mata saat mandi atau berenang, maka sebaiknya ganti lensa kontak Anda atau ganti dengan yang baru. Dan jangan pernah mencuci atau membilas lensa kontak Anda dengan air keran.

5. Menggunakan Lensa Kontak Saat Tidur

Steinemann mengatakan bahwa menggunakan lensa kontak saat tidur akan meningkatkan risiko infeksi 5 sampai 10 kali lebih besar daripada tidak menggunakannya saat tidur. Pada saat Anda tidur dengan menggunakan lensa kontak, maka kuman akan menemukan jalan ke lensa kontak dan bisa menyebabkan masalah. Aliran udara yang menurun saat Anda tertidur karena mata terpejam akan mengurangi kemampuan mata untuk melawan infeksi dari kuman tersebut. Maka dari itu sebaiknya lepaskan lensa kontak Anda sebelum tidur.

Mata merupakan salah satu indra yang wajib kita jaga. Selain menghindari kebiasaan buruk di atas, sebaiknya diiringi juga dengan pola hidup yang sehat dan selalu makan makanan yang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Hindari Insomnia dengan Perhatikan Kualitas Tidur Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes