merusak ginjal

Kebiasaan Inilah Yang Dapat Merusak Ginjal

Ginjal sangat penting bagi tubuh dan Anda harus menjaganya agar tetap sehat. Nah, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal dan kesehatan tubuh Anda.

merusak ginjal

Apakah Anda tahu fakta bahwa ada kebiasaan tertentu yang merusak ginjal? Ginjal sangat penting dan Anda harus menjaganya dengan cara yang sehat. Kerusakan ginjal mungkin baru akan diketahui jika telah sampai pada tahap yang lebih berbahaya. Itulah alasan mengapa Anda harus menyadari kebiasaan tertentu dapat memperburuk kondisi ginjal.

Ginjal melakukan banyak aktivitas setiap hari untuk menjaga kesehatan Anda. Seperti membantu buang air kecil, menyaring darah, memproduksi beberapa jenis hormon, dan membantu menyerap beberapa jenis mineral.

Jika ginjal bermasalah maka hidup menjadi lebih sulit. Selain dari apa yang Anda makan dan apa yang Anda minum, Anda juga harus melihat beberapa kebiasaan lain jika ingin ginjal tetap sehat dan efektif dalam jangka panjang.

1. Alkohol

Apakah Anda tahu fakta bahwa minum alkohol juga merusak ginjal? Ini adalah salah satu kebiasaan yang paling umum yang merusak ginjal. Anda harus berpikir bahwa hati bukan satu-satunya organ yang dipertaruhkan, tapi pada kenyataannya ginjal juga dapat rusak karena alkohol.

2. Rokok

Salah satu kebiasaan yang merusak ginjal adalah merokok. Bagaimana merokok mempengaruhi ginjal Anda? Rokok mempengaruhi pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi darah ke berbagai organ. Ketika sirkulasi darah ke ginjal terganggu, fungsi ginjal cenderung mengalami masalah.

3. Soda

Jika Anda memiliki kebiasaan minum soda lebih dari 2 botol sehari, maka cepat atau lambat akan berdampak pada ginjal. Ini adalah kebiasaan yang tidak sehat.

Sebuah studi terbaru menyimpulkan bahwa mereka yang mengkonsumsi soda dalam jumlah besar yang akhirnya kencing dengan jumlah protein tinggi. Kandungan protein dalam urin merupakan gejala dari masalah ginjal.

4. Menahan Kencing

Kebiasaan kencing Anda juga mempengaruhi ginjal. Apakah Anda memiliki kebiasaan menunda ‘panggilan alam’ tersebut? Itu berbahaya.

Bahkan jika Anda sibuk di kantor saat panggilan alam, Anda harus masuk ke toilet tanpa menunggu apa-apa lagi. Jika menunggu lebih lama, kandung kemih bisa tertekan dan tidak sehat untuk ginjal.

5. Asupan Air

Kebiasaan minum juga penting. Apakah Anda minum cukup air untuk memungkinkan tubuh melepas racun? Ketika racun menumpuk dalam darah mungkin dapat menyakiti ginjal. Jika urin menunjukkan warna yang tidak sehat, Anda harus segera pergi ke dokter. Warna urin menunjukkan seberapa sehat ginjal Anda.

6. Kurang Gerak

Kurang aktivitas fisik juga dapat mempengaruhi ginjal. Olahraga dapat mencegah masalah ginjal dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kurang olahraga dapat menyebabkan masalah dan berbagai penyakit tertentu. Aktivitas fisik dan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko masalah ginjal hingga 30 persen.

7. Kurang Tidur

Sering tidak mendapatkan tidur yang berkualitas juga dapat merusak ginjal. Ini adalah salah satu kebiasaan yang merusak ginjal. Tengok kembali kebiasaan tidur Anda apakah sudah cukup . Anda hanya perlu memastikan bahwa tidur setidaknya selama 8 jam tanpa gangguan apapun. Ginjal Anda akan sembuh dalam tidur.

8. Kekurangan Vitamin

Kekurangan Vitamin tertentu juga bisa berbahaya bagi ginjal. Jika tubuh kekurangan vitamin B6, kemungkinan batu ginjal akan meningkat. Untuk mengatasi masalah ini, diet seimbang sangatlah penting. Beberapa makanan untuk mengontrol masalah ini seperti kentang, ikan, hati sapi, dan kacang polong.

9. Mineral

Kekurangan mineral tertentu juga dapat memainkan peran penting dalam mempengaruhi ginjal. Sebagai contoh, jika tubuh kekurangan Magnesium, maka tubuh tidak dapat menyerap kalsium. Bila kalsium tidak dapat diserap dengan baik, mungkin batu ginjal akan berkembang. Hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk makan sayuran berdaun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buncis.

10. Garam

Sekarang, mari kita lihat kebiasaan makan Anda. Apakah Anda makan terlalu banyak garam? Jumlah tinggi natrium mempengaruhi tekanan darah Anda. Karena itu, kurangi makanan yang mengandung garam tinggi.

11. Kafein

Kafein juga berperan dalam mengganggu ginjal. Ini adalah salah satu kebiasaan yang paling umum yang merusak ginjal. Kafein dalam bentuk apapun harus dikonsumsi hanya dalam jumlah kecil.

Kafein secara langsung mempengaruhi tekanan darah. Setiap perubahan dalam tekanan darah yang tidak dapat ditoleransi oleh ginjal bisa berbahaya dalam jangka panjang.

12. Protein Berlebih

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa mengkonsumsi diet protein dalam jumlah besar juga dapat menimbulkan bahaya bagi ginjal, tergantung pada beberapa faktor lainnya. Ginjal harus bekerja sangat keras ketika Anda mengkonsumsi sejumlah besar makanan yang kaya akan protein.

13. Obat Penghilang Rasa Sakit

Penghilang rasa sakit dalam pil (analgesik) cukup banyak menentukan kesehatan ginjal Anda. Apakah Anda memiliki kebiasaan menelan pil penghilang rasa sakit? Anda harus menyadari efek samping dari obat-obatan tertentu. Jika obat yang Anda gunakan tidak begitu baik untuk ginjal Anda, lebih baik untuk menemukan alternatif lain.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Panggil Dokter Jika Air Kencing Anda Seperti Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes