Kebiasaan Salah di Pagi Hari

Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan Ketika Pagi Hari

Bagi sebagian orang, pagi adalah waktu yang tepat untuk menata semangat dan memulai kegiatan dengan tubuh yang segar. Namun, beberapa orang justru banyak melakukan kesalahan-kesalahan di pagi hari, sehingga membuat pagi mereka menjadi semakin tak bersemangat.

Wake Up

Kesalahan-kesalahan tersebut bukan hanya mempengaruhi semangat saja, melainkan juga kesehatan tubuh dan kebugaran. Tanpa basa-basi panjang, berikut ini adalah kesalahan yang banyak dilakukan orang pada pagi hari.

1. Memilih Menghindari Sinar Matahari

Seperti rutinitas biasanya, memulai bangun tidur di pagi hari, lalu mandi, sarapan, dan berangkat kerja. Pulang dari kantor sudah memasuki waktu sore hari. Anda benar-benar terhindar dari sinar matahari. Memang, jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari, itu dapat membuat kulit Anda terbakar. Namun, jika paparan sinar matahari yang menerpa ke kulit Anda hanya sebentar, maka itu justru bermanfaat bai kulit. Terlebih, jika itu adalah sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D.

Sebuah penelitian di Northwestern University’d Feinberg School of Medicine menemukan, orang yang tak terkena sinar matahari pagi memiliki kemungkinan tinggi mengalami obesitas. Memperoleh paparan sinar matahari pagi selama 20-30 menit dapat membantu mengatur jam alami tubuh, dan mengatur tingkat energi, nafsu makan, serta metabolisme dalam tubuh. Itulah sebabnya, Anda harus menyempatkan keluar rumah di pagi hari untuk menghirup udara segar dan biarkan tubuh Anda terkena paparan sinar matahari pagi yang menyehatkan.

2. Tidak Terbiasa Minum Ketika Bangun tidur

Tidak perlu diragukan lagi, minum adalah cara kita untuk tetap menjaga kadar air di dalam tubuh. Terlebih, setelah bangun pagi tubuh Anda akan memicu dehidrasi panjang. Itulah sebabnya, minum satu gelas air putih akan membantu Anda untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama semalam penuh. Tidak hanya itu, kurang minum air putih menyebabkan buruknya mood, tidak fokus, cepat lelah, dan masih banyak lainnya.

Berdasarkan penelitian juga telah dibuktikan, minum lebih banyak air putih setelah bangun tidur dapat membakar lebih banyak kalori di tubuh Anda. Racun-racun yang ada dalam tubuh juga akan dinetralisir dan akan berguna untuk merehidrasi tubuh Anda. Lalu, apakah Anda masih mau melewatkan air putih setelah bangun tidur?

3. Olahraga Saat Perut dalam Keadaan Kosong

Banyak mitos menyebutkan, dengan sarapan maka akan memicu obesitas. Itu salah! Jangan percaya terhadap informasi-informasi yang masih belum tentu kebenarannya. Justru dengan Anda sarapan, akan membuat Anda bertenaga. Apalagi jika Anda melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi seperti olahraga, maka wajib hukumnya untuk sarapan.

Logikanya, jika seseorang berolahraga untuk membentuk massa otot, maka kita perlu memberikan tenaga kepada tubuh agar dapat bekerja membentuk otot seperti yang kita inginkan. Jelas, tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh bersumber dari makanan yang kita makan. Jadi, jangan harap untuk mendapatkan hasil maksimal dari olahraga jika Anda melewatkan sarapan.

4. Kekurangan Protein

Mengonsumsi protein di pagi hari penting untuk membangun otot tubuh. Sayangnya, banyak orang yang kekurangan protein saat sarapan. Penelitian di University of Texas menemukan, mengonsumsi protein di pagi hari lebih baik daripada di malam hari. Karena otot tubuh melakukan sintesis protein lebih baik di pagi hari, dan protein di pagi hari lebih efektif untuk membentuk otot tubuh.

Nah, untuk itu Anda harus memilih menu sarapan yang banyak mengandung protein. Misalnya seperti teur, oatmeal, dan suplemen untuk menambah sumber protein yang ada dalam tubuh.

5. Marah-Marah Tanpa Alasan

Beberapa orang sering kali marah tanpa alasan yang jelas. Hanya karena macet ketika akan berangkat kerja, atau bangun kesiangan, maka kita melampiaskannya kepada orang terdekat. Asalkan Anda tahu, sekali saja Anda marah di pagi hari, maka satu hari penuh Anda akan terus uring-uringan. Mood Anda akan terganggu. Oleh karenanya, tetaplah menjadi pribadi yang sabar dan semangat dalam menjalani rutinitas.

Nah, itulah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan sebagian orang pada pagi hari. Bukan hanya kesalahan tersebut akan menyebabkan mood Anda berantakkan, bahkan kesehatan Anda pun juga akan terganggu. Untuk itu, jalani pagi dengan senyuman dan tetap bersemangat. (gie)

BACA JUGA: ‘Pahlawan’ Binaraga yang Harumkan Indonesia di Mata Dunia

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes