Kebiasaan Sehari-hari yang Picu Nyeri Punggung

Nyeri punggung adalah keluhan yang hampir dialami oleh sebagian besar penduduk dunia saat ini. Sadar atau tidak, ada beberapa aktivitas harian yang ternyata dapat memicu nyeri punggung.

Kebiasaan-Sehari-hari-yang-Picu-Nyeri-Punggung

Meski tidak berbahaya, bukan berarti nyeri punggung bisa dianggap remeh karena bisa jadi ini merupakan gejala-gejala awal tubuh mulai terserang penyakit.

Pepatah lama mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Inilah sebabnya Anda perlu mencegah nyeri punggung dengan mengetahui aktivitas apa saja yang dapat memicu nyeri punggung.

Berikut 8 aktivitas sehari-hari yang menjadi penyebab umum nyeri punggung:

Jarang Berolahraga

Apapun alasannnya aktivitas yang satu ini memang tidak sepatutnya ditinggalkan. Ada begitu banyak manfaat kesehatan berolahraga mulai dari menyehatkan jantung, mencegah kanker, hingga mencegah Anda dari nyeri punggung.

Raj Rao, MD seorang ahli bedah tulang belakang menyebutkan, olahraga ringan seperti jalan kaki setiap hari dapat mencegah nyeri punggung hingga 40 persen. “Olahraga ini bukanlah olahraga berat, tapi kebanyakan orang lebih memilih bermalas-malasan di sofa dan menunggu penyakit datang,” tambahnya.

Merokok

American Journal of Medicine menuturkan, sekitar 31 persen perokok khususnya yang berusia muda lebih mungkin menderita sakit punggung. Ini Merokok bisa merusak sirkulasi darah sehingga asupan ke tulang belakang yang berfungsi memelihara cakram dan sendi berkurang.

Menggunakan Laptop tanpa Mouse

Menggunakan touchpad laptop tanpa mouse bisa membuat bahu dan leher menjadi lebih ketat, tapi jika pakai mouse maka lengan berada dalam posisi benar. Selain itu menggunakan laptop di sofa bisa memberikan tekanan pada punggung dan juga tulang belakang.

Mengangkat Barang

Kesalahan paling umum yang dilakukan orang terhadap punggung adalah ketika mengangkat sesuatu yang berat. Agar terhindar dari risiko cedera punggung sebaiknya selalu menekuk lutut saat mengambil sesuatu dalam posisi membungkuk.

Tim Allardyce dari British Osteopathic Association menuturkan mengangkat beban sambil memutar bisa meningkatkan tekanan pada cakram tulang belakang. Untuk itu jika angkat sesuatu, sebaiknya menjaga beban dekat dengan tubuh untuk mengurangi tekanan.

Duduk di Sofa yang Rendah

Sofa yang terlalu rendah dan empuk sehingga membuat orang seperti tenggelam saat duduk bisa membuat tulang belakang bungkuk atau berbentuk huruf C karena cakram, otot dan ligamen punggung bawah melar.

Untuk itu salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan bantal tambahan sehingga tidak duduk terlalu jauh ke belakang.

Mengemudi Jarak Jauh

Perjalanan jauh dengan mobil dapat mempengaruhi postur punggung dan mengakibatkan nyeri. Untuk menghindari nyeri punggung sebaiknya gunakan sandaran kepala saat menyetir untuk memastikan postur tubuh yang baik. Serta berhentilah sejenak untuk meregangkan kaki dan tubuh agar tekanan berkurang.

Memakai High Heels

Mengenakan high heels dalam waktu yang cukup lama tak hanya membuat pergelangan kaki terasa nyeri, tapi punggung Anda akan merasakan hal yang sama. Otot di kaki berhubungan langsung dengan punggung sehingga tak heran apabila punggung Anda ikut pegal ketika terlalu lama mengenakan high heels. Untuk saat-saat tertentu sebaiknya Anda mengenakan flat shoes atau sandal jepit sehingga kaki bisa lebih rileks.

Bra yang Terlalu Ketat

Mengenakan bra yang terlalu ketat juga dapat mengakibatkan nyeri punggung dan payudara. Terkadang nyeri punggung akibat mengenakan bra yang terlalu ketat bisa tembus hingga ke dada. Oleh karena itu, pilihlah bra dengan ukuran pas dan tidak terlalu ketat. Saat tidur, sebaiknya Anda tidak perlu mengenakan bra, agar otot punggung dan payudara Anda lebih rileks.

BACA JUGA : Terlalu Banyak Gula Tingkatkan Risiko Sakit Jantung & Stroke

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes