Kebiasaan Minum Alkohol dan Pengaruhnya Bagi Otot Anda

Anda mungkin pernah berpikir, “Apakah kebiasaan minum alkohol dapat berpengaruh pada program latihan saya?” Alkohol merupakan godaan yang lebih sulit dikendalikan oleh sebagian orang. Bagi mereka mengurangi minum alkohol akan lebih sulit daripada mengurangi porsi makan.

Kebiasaan Minum Alkohol dan Pengaruhnya Bagi Otot Anda

Jadi, adakah hubungan antara alkohol dan otot? Lalu bagaimana alkohol dapat mempengaruhi proses pembentukan otot? Berikut ini beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang hubungan alkohol dan otot, antara lain:

  • Alkohol dan Hormon Pertumbuhan
    Konsumsi alkohol memiliki efek terhadap pelepasan hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan merupakan substansi dalam tubuh yang berperan penting untuk membangun otot, merangsang pertumbuhan sel, michael kors abbey backpack access review mengembangan dan mempromosikan pertumbuhan tulang yang optimal.
    Hormon pertumbuhan lebih banyak diproduksi pada saat Anda tidur (terutama di jam tidur lebih awal). Konsumsi alkohol akan mengganggu waktu tidur alami Anda yang beresiko menurunkan jumlah hormon pertumbuhan sekitar 70% dari normalnya.
  • Alkohol dan Testosteron
    Testosteron merupakan hormon yang sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan otot. Zat-zat yang terkandung dalam alkohol akan diolah dalam hati dan menjadi racun bagi substansi pelepas testosteron sehingga mengurangi konsentrasi testosteron dalam tubuh yang kemudian menyebabkan massa otot sulit bertumbuh.
  • Alkohol dan Pemulihan
    Alkohol adalah racun bagi tubuh. Tubuh membutuhkan energi untuk menghapusnya dari metabolisme dan mencegah efek negatif yang mungkin terjadi. Tubuh akan mengalihkan energi untuk mendetoksifikasi alkohol sehingga energi untuk pemulihan setelah latihan akan menurun.
  • Alkohol dan Dehidrasi
    Alkohol bertindak sebagai diuretik yang dapat mengganggu keseimbangan cairan alami tubuh Anda. Dehidrasi dapat berdampak buruk pada tubuh Anda, menyebabkan kelelahan, michael kors apple watch band activity tracker produktifitas menurun, dan mengganggu kemampuan sel otot memproduksi energi.
  • Alkohol dan Sintesis Glikogen
    Ketika Anda mengkonsumsi minuman beralkohol, sintesis alkohol akan mengambil alih sintesis glikogen, sehingga menurunkan sintesis glikogen dalam sel otot. Hindari konsumsi alkohol sebelum dan setelah berlatih agar tubuh Anda tidak cepat merasa lelah dan dapat pulih dengan optimal.
  • Alkohol dan Kemampuan Aerobik
    Alkohol dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah ke seluruh tubuh sekaligus meningkatkan denyut jantung. Saat latihan, jantung Anda bekerja dalam konsentrasi tinggi yang terus meningkat. alkohol akan menambah tekanan yang memperkuat denyut jantung dan membuat latihan terasa lebih berat.
  • Alkohol dan Lemak
    Alkohol mengandung kalori, monster beats audio beats adidas yang dapat menambah berat badan secara cepat. Alkohol mengandung 7 tujuh kalori/gram, minum beberapa gelas saja setara dengan makan berat. Tinggal tunggu waktu lemak Anda bertambah.

Kurangi kebiasaan mengonsumsi alkohol berlebihan Anda agar otot Anda dapat berkembang dengan optimal. Sayangi tubuh Anda, dan jadilah pribadi yang lebih sehat.

BACA JUGA : 3 Latihan Singkat di Kursi Kerja Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes