kesehatan mata

Kembalikan Kesehatan Mata Pasca Bekerja

Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting bagi manusia. Tapi banyak orang yang tidak begitu peduli dengan kesehatan mata. Terkadang mata dipaksa untuk menatap layar monitor selama bekerja, tanpa ada istirahat sama sekali.

Terlalu lama menatap layar komputer atau bekerja di depan komputer bisa membuat mata lelah. Menghabiskan waktu dua jam di depan komputer sudah membuat mata ini lelah. Bahkan kalau berlebihan, kita bisa terkena computer vision syndrome (CVS).

Computer vision syndrome (CVS) merupakan kondisi di mata kita merasa lelah setelah seharian bekerja di depan komputer. CVS ini bisa dialami 64 persen dan 90 persen pekerja kantoran. Meskipun kondisi ini memiliki kemungkinan kecil menyebabkan kerusakan mata permanen, tapi tetap saja membuat para pengguna komputer merasa kurang nyaman.

Gejala paling umum seseorang mengalami CVS, antara lain mata lelah, kemerahan, iritasi, mata kering, dan sensasi terbakar pada mata. Selain itu, gejalanya bisa meliputi pandangan mata yang buram, sakit kepala, dan sakit leher serta bahu.
>>Cegah Mata Lelah akibat Bekerja dengan Komputer<<

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata?

kesehatan mata

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata agar tetap sehat, meskipun sering menatap layar komputer di kantor. Mulai menjaga jarak pandang, olahraga mata, sampai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.
Berikut cara menjaga kesehatan mata Anda agar tetap jernih:

• Perhatikan Posisi Layar Komputer

Posisi layar dari mata minimal sepanjang satu lengan. Posisi tepian atas layar sebaiknya 4-8 inci di bawah mata sehingga leher bisa lebih rileks saat Anda bekerja di depan layar.

• Atur Pencahayaan Ruangan

Saat bekerja dengan komputer, perhatikan juga pencahayaan di dalam ruangan Anda. Coba uji apakah selama dua jam pertama Anda bekerja dengan komputer, mata Anda sudah terasa lelah. Jika iya, segera atur kembali pencahayaan ruangan Anda.

• Berkedip

Berkedip adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat mata anda kembali segar. Saat anda merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Meski sederhana cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

• Istirahatkan Mata Setiap 15 Menit Sekali

Cobalah untuk jalan-jalan sebentar setiap 15 menit sekali. Atau menjauhlah dari komputer setiap beberapa menit sekali. Tujuannya untuk mengistirahatkan mata Anda supaya tidak mudah lelah nantinya.

• Kalau Perlu Gunakan Kacamata Khusus
Saat ini ada kacamata yang didesain khusus untuk para pekerja yang sering menggunakan komputer. Dengan kacamata itu, cahaya yang masuk ke dalam mata bisa diatur sedemikian rupa sehingga tak mudah bikin mata lelah.

• Pijat Mata
Cara lain yang lebih nyaman adalah dengan rutin memijat bagian mata saat menjelang tidur. Cobalah gerakan memijat bagian kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih dua menit. Memijat adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata yang tegang.
BACA JUGA: Langkah Mudah dan Sederhana Untuk Atasi Mata Lelah

Menjaga Kesehatan Mata Melalui Makanan

kesehatan mata

Selain menjaga kesehatan mata dari luar, Anda perlu juga menjaga mata dari asupan-asupan makanan. Wortel merupakan makanan paling populer yang baik untuk kesehatan mata. Namun kita sering lupa di luar sana masih banyak makanan yang bisa membuat mata kita sehat.
Di bawah ini adalah enam makanan yang baik untuk kesehatan mata:

• Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau adalah sayuran yang kaya akan lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan zat antioksidan yang bisa membantu mencegah katarak. Sayuran jenis ini sangat baik untuk kesehatan mata.

• Telur
Seperti sayuran berdaun hijau, telur juga kaya akan lutein dan zeaxanthin. Tak hanya itu, telur memiliki kandungan zinc. Zat-zat ini bisa mencegah penyakit katarak serta degenerasi makular, yaitu penyakit serius pada retina mata.

• Jagung
Jagung adalah salah satu makanan tepat untuk kesehatan mata. Sama seperti sayuran berdaun hijau, makanan ini memiliki zat lutein. Agar zat ini terproduksi dengan maksimal, masak jagung lebih lama.

• Almond
Selain baik untuk kulit, vitamin E dalam almond sangat baik untuk mata. Vitamin E yang terkandung di dalamnya bisa mencegah penyakit serius pada retina mata. Selain itu, almond disebut-sebut sebagai makanan terbaik untuk mata.

Bagi Anda yang bekerja selalu menggunakan komputer, pastikan Anda tetap menjaga kesehatan mata Anda. Selamat mencoba! (zee)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes